Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Bisnis · 13 Oct 2022 16:56 WIB ·

Digital Marketing di Era Cyber Physical System


 Digital Marketing di Era Cyber Physical System Perbesar

digital marketing

Di era cyber physical system atau revolusi industri 4.0 ini, penggunaan media sosial sudah sangat common di masyarakat Indonesia. Era ini ditandai dengan adanya integrasi antara mesin, komputerisasi, dan internet. Regardless of their age, mulai dari anak-anak, remaja, orang tua, sampai kakek nenek pun sudah banyak yang memakai smartphone. Mereka yang memiliki smartphone punya kecenderungan besar untuk meggunakan media sosial pula. Moreover, berdasarkan survei We Are Social bahwa pengguna aktif media sosial di Indonesia mencapai 191 juta orang pada Januari 2022. Jumlah pengguna ini terus meningkat setiap tahun jika dilihat dari trennya. Hence, fakta tersebut lah yang kemudian menjadi salah satu alasan kuat munculnya digital marketing.

Kenapa digital marketing itu penting?

Tanpa adanya digital marketing di suatu perusahaan, ada kemungkinan besar mereka akan tertinggal dari yang lain. Sebab, mereka tidak memanfaatkan dunia digital untuk merangkul publik, padahal kita sudah sama-sama tahu bahwa publik menghabiskan banyak waktu mereka dalam dunia digital. Urgensi suatu bisnis untuk meningkatkan jumlah sales mendorong para pelaku usaha untuk menjadi open-minded dan fleksibel dengan perkembangan zaman yang ada. Kemudian, digital marketing muncul sebagai peluang bagi banyak orang dan memberikan kesempatan baru bagi mereka yang ingin belajar lebih mengenai bidang ini. Di samping itu, perkembangan teknologi telah sangat mendukung orang-orang yang ingin mengembangkan kemampuan di bidang tersebut.

Baca juga: Sukses Menjadikan Bisnis Menjadi Lebih Digital di Era Teknologi

Skill yang dibutuhkan seorang digital marketer apa aja sih?

Beberapa skill yang penting dimiliki seorang digital marketer untuk mendukung kinerja mereka yakni: analisis data, strategi konten, promosi dan pemasaran melalui iklan, graphic design, search engine optimization (SEO), public relations, dan kemampuan terkait lainnya. In addition, jika kita melihat kebutuhan pasar terhadap digital marketing, saat ini ada sangat banyak perusahaan yang mencari seorang digital marketer. Sementara itu, untuk gaji rata-rata digital marketer di Indonesia termasuk kompetitif jika disandingkan dengan posisi lain. No need to doubt, angka ini bisa saja akan terus bertambah seiring dengan meningkatnya kualitas perekonomian dan teknologi Indonesia.

Equally important to talk about, perlu adanya penelitian terkait online customer experience untuk mendukung upaya marketing ini. Mengapa demikian? Hal tersebut dapat memberi gambaran tentang apa sih yang dirasakan customers terkait apa yang kita berikan kepada mereka.  Dengan mengetahui hal tersebut, kita sebagai penyedia produk serta jasa dapat melakukan introspeksi dan improvement untuk bisnis kita. Of course, hal tersebut sangat membantu untuk meningkatkan performa perusahaan termasuk melalui digital marketing mengingat hal ini memiliki urgensi yang besar bagi perusahaan. Finally, berdasarkan apa yang telah dijelaskan maka dapat disimpulkan bahwa pengoptimalisasian digital marketing sangat penting di era 4.0 Indonesia.

Baca juga: Bisnis tanpa Digital Marketing, Bertahankah?

Artikel ini telah dibaca 45 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

AP II Bersama InJourney Group Kembangkan Pariwisata Banyuwangi

3 March 2024 - 19:17 WIB

Pemerintah Optimistis Ekonomi Indonesia Tumbuh Solid di 2024

1 March 2024 - 17:01 WIB

Kain Ulos Asal Tarutung Diminati Pengunjung F1 Powerboat Danau Toba 2024

1 March 2024 - 16:45 WIB

Lewat Beti Dewi, 10 Desa Wisata di Gorontalo Diberi Pelatihan Pemasaran Digital

29 February 2024 - 10:51 WIB

Otorita IKN Gelar FGD Nusantara Expo 2024

28 February 2024 - 10:22 WIB

Bulog Pastikan Sok Beras Cukup Hadapi Puasa dan Lebaran

27 February 2024 - 09:08 WIB

Trending di Bisnis