Di era digital, berbisnis sudah bisa dibilang tidak sesederhana yang kita kira. Kesannya tinggal klik, pesanan datang. Namun, keberhasilan berbisnis online tidak semudah memindahkan toko offline ke toko dunia maya. Perusahaan-perusahaan digital yang sukses datang dengan membawa konsep dan strategi baru salah satunya dengan memotong peran perantara dengan menggunakan internet. Selain itu, teknologi baru seperti Artificial Inteligence, Big Data, dan Internet of Things juga diterapkan.

Digital marketing
source international design school

Jadi, kunci pertama kesuksesan bisnis di era digital yaitu gagasan baru yang dapat menjawab kebutuhan dengan cara lebih baik dan belum disadari oleh masyarakat. Kreativitas yang tinggi tentu diperlukan dalam kunci pertama ini

Kemampuan merealisasikan gagasan merupakan kunci kedua. Diperlukan kemampuan pengembangan sistem baik yang melibatkan teknologi informasi maupun strategi organisasi dan sistem bisnis.

Kunci ketiga yaitu kemampuan untuk menciptakan value yang maksimal. Di era digital value dapat diperoleh dari potensi revenue di masa depan. Investasi value dapat dilakukan dengan memanfaatkan kekuatan dari sosial media

Kunci keempat yaitu dengan menanggapi peluang dan ancaman di era digital. Model bisnis di era digital memungkinkan sumber pendapatan baru, tetapi juga menghadirkan kompetitif baru. Pebisnis harus dapat menganalisa dan menciptakan strategi untuk bertahan di persaingan.