Salah satu permasalahan yang dihadapi UMKM adalah sulitnya memperkenalkan produk kepada pelanggan. Para pelaku UMKM beranggapan bahwa pembuatan konten kreatif berupa gambar baik itu logo ataupun konten pemasaran merupakan kunci branding produk. Akan tetapi, mereka tidak bisa menggunakan teknologi untuk meningkatkan branding tersebut karena minimnya pengetahuan akan aplikasi canva.
Dari permasalahan tersebut, timbul rasa kepedulian untuk memberikan sosialisasi pentingnya penggunaan canva untuk meningkatkan branding produk. Ini sebagai bentuk wadah pengetahuan bagi UMKM agar menciptakan perubahan yang lebih baik bagi produk mereka kedepannya. tujuan sosialisasi untuk memberi edukasi akan pentingnya branding produk dan memperkenalkan aplikasi canva kepada para pelaku UMKM agar mereka dapat membuat logo atau konten publikasi yang menarik sehingga produk mereka dapat dikenal luas.
Baca juga : https://mediabangsa.co.id/inovasi-baru-magang-bersertifikat-di-pt-disty-teknologi-indonesia/
Dikatakan, aplikasi ini mempunyai beberapa kelebihan. Pertama, tersedia banyak template sehingga memudahkan pengguna untuk mengedit gambar. Aplikasi Canva menyediakan ribuan template sehingga penggunaan hanya perlu menggunakan sistem drag and drop sesuai selera.
Kedua, aplikasi ini bisa diunduh dan dibagikan dengan beragam format seperti PNG, PDF, JPG, SVG, GIF, MP4 dan PPT. Ketiga aplikasikan ini, memiliki fitur berbayar dan tidak berbayar sehingga pelaku UMKM dapat memilih fitur tidak berbayar agar tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan.
Dasar pemanfaatkan fitur canva
- Mendikte Ukuran dan Penempatan Logo
- Memilih palet warna yang kontras dan senada
- Menentukan font yang sesuai dengan identitas
- Memilih ikonografi yang membuat berbeda dari yang lain
- Menentukan gaya untuk fotografi
- Menggunakan element dasar
Setelah memahami konsep dasar dalam pemanfaatan media canva, dengan mudah akan dapat menerapkan dalam meningkatkan branding produk. Selain tutorial pelatihan canva dalam sosialisasi ini, akan disampaikan pengetahuan dasar mengenai strategi branding produk dan tips dan triknya. Hal ini pertujuan agar terjadi keselasaran pemahaman sehingga dapat menentukan strategi yang tepat untuk meningkatkan Enggagement konsumen.
Baca juga : https://idcloudhost.com/mengenal-apa-itu-figma-fitur-fungsi-cara-kerja-menggunakannya/