Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Pendidikan · 10 Jul 2023 02:41 WIB ·

Pengalaman Mahasiswa UPN Jatim Bersama Program Bangkit Academy 2023


 Pengalaman Mahasiswa UPN Jatim Bersama Program Bangkit Academy 2023 Perbesar

Sebagai peserta program studi independen Bangkit Academy 2023 Mobile Development, saya dengan antusias ingin berbagi pengalaman luar biasa ini. Program ini telah memberikan saya peluang tak ternilai untuk memperluas pengetahuan dan mengembangkan keterampilan dalam pengembangan aplikasi mobile menggunakan Android Studio dan bahasa Kotlin.

Dalam periode intensif selama 5 bulan, dari 16 Februari hingga 31 Juli, saya menjalani serangkaian kegiatan yang membantu saya memperoleh pemahaman mendalam dan keterampilan yang diperlukan dalam mengembangkan aplikasi mobile yang inovatif dan relevan. Fase awal program ini adalah Self Learning, yang memberi saya kesempatan untuk mendalami materi secara mandiri. Saya diperkenalkan dengan konsep logika pemrograman dan mempelajari dasar-dasar pemrograman yang meliputi struktur kontrol, variabel, tipe data, dan fungsi. Kemudian, saya belajar tentang penggunaan Git dengan GitHub untuk mengelola versi kode sumber, dan memperoleh pemahaman dasar tentang bahasa pemrograman Kotlin, yang merupakan bahasa modern yang digunakan secara luas dalam pengembangan aplikasi Android. Saya juga mengembangkan keterampilan dalam pembuatan aplikasi Android untuk pemula, mempelajari cara membuat tata letak, menangani interaksi pengguna, dan mengintegrasikan komponen dasar seperti tombol dan tampilan daftar. Selanjutnya, saya diperkenalkan kepada prinsip-prinsip desain UX yang penting untuk menciptakan pengalaman pengguna yang baik. Semua materi ini membantu saya membangun dasar yang penting dalam menjadi pemrogramer aplikasi Android.

Setelah fase Self Learning, program Bangkit Academy 2023 Mobile Development berlanjut dengan serangkaian Instructor-Led Training (ILT) dalam Mobile Development dan Soft Skills. ILT-MD adalah bagian yang sangat berharga dari program ini. Di bawah bimbingan instruktur yang berpengalaman dan berpengetahuan luas, saya memiliki kesempatan untuk mendalami konsep-konsep tingkat lanjut dan teknik pengembangan aplikasi mobile yang lebih canggih. ILT-MD dimulai dengan Kotlin Fundamental, di mana saya memperdalam pemahaman tentang bahasa Kotlin dan bagaimana menggunakannya secara efektif dalam pengembangan aplikasi Android. Sesi Android Fundamental melibatkan penjelasan rinci tentang layout, daftar, dan navigasi, yang merupakan bagian integral dalam pembuatan antarmuka pengguna yang menarik dan intuitif. Saya juga mempelajari komponen arsitektur Android seperti ViewModel, LiveData, dan Room untuk mengelola data aplikasi dengan efisien dan mengimplementasikan fitur-fitur seperti penyimpanan lokal dan pemrosesan data. ILT-MD juga mencakup topik yang lebih lanjut dalam pengembangan aplikasi Android, seperti penggunaan UI canggih, animasi, lokalisasi, pengujian canggih, dan basis data yang lebih kompleks. Sesi tentang penggunaan Jetpack Compose for Android Developer memperkenalkan saya pada teknologi terbaru dalam pengembangan antarmuka pengguna yang memungkinkan saya membuat tata letak UI dengan kode yang lebih singkat, lebih mudah dibaca, dan lebih mudah diubah. Terakhir, ILT-MD menyediakan persiapan yang komprehensif untuk sertifikasi Android yang sangat dihargai di industri.

Selain ILT-MD, program ini juga mencakup ILT dalam Soft Skills, yang merupakan komponen penting dalam kesuksesan profesional. ILT-SS melibatkan serangkaian sesi yang dirancang untuk mengembangkan keterampilan non-teknis yang dibutuhkan dalam dunia kerja. Sesi pertama, Growth Mindset and The Power of Feedback, mengajarkan saya tentang pentingnya memiliki pola pikir pertumbuhan yang positif dan menghargai umpan balik sebagai alat pembelajaran yang berharga. Sesi Time Management membantu saya mengelola waktu dengan lebih efektif dan mengoptimalkan produktivitas. Sesi Critical Thinking and Problem Solving melatih kemampuan saya dalam berpikir analitis dan mencari solusi yang efektif untuk masalah yang kompleks. Sesi Adaptability and Resilience membantu saya untuk menjadi lebih fleksibel dalam menghadapi perubahan dan tetap tangguh di tengah tantangan. Sesi Project Management memberikan pengetahuan tentang bagaimana mengelola proyek dengan efisien, termasuk perencanaan, pengorganisasian, dan pengendalian. Sesi Professional Communications and Networking membantu saya mengasah keterampilan komunikasi dan membangun jaringan profesional yang kuat. Sesi terakhir, Personal Branding and Interview Communication, memberikan wawasan tentang pentingnya membangun merek pribadi yang kuat dan bagaimana berkomunikasi secara efektif dalam wawancara kerja.

Selama program ini, saya juga terlibat dalam proyek Capstone Product-Based, yang merupakan salah satu puncak pengalaman belajar saya. Dalam proyek ini, saya bekerja sama dengan rekan sejawat untuk merancang, mengembangkan, dan meluncurkan aplikasi mobile nyata. Saya mengaplikasikan semua pengetahuan dan keterampilan yang saya peroleh dari program ini dalam menciptakan solusi yang inovatif dan bermanfaat. Kolaborasi dengan tim proyek yang beragam dan memecahkan tantangan nyata memperkuat keterampilan kerja tim saya, pemecahan masalah, dan komunikasi.

Secara keseluruhan, program studi independen Bangkit Academy 2023 Mobile Development memberikan pengalaman belajar yang sangat berharga bagi saya. Dalam kurun waktu 5 bulan yang intensif, saya telah memperoleh pemahaman mendalam tentang pengembangan aplikasi mobile dengan menggunakan Android Studio dan bahasa Kotlin. Program ini tidak hanya memberikan pengetahuan teknis yang luas dalam pengembangan aplikasi, tetapi juga meningkatkan keterampilan soft skills saya, seperti pola pikir pertumbuhan, manajemen waktu, berpikir kritis, adaptabilitas, manajemen proyek, komunikasi profesional, dan personal branding.

Melalui kombinasi self learning, ILT-MD, ILT-SS, dan proyek Capstone, saya merasa lebih siap untuk memasuki dunia kerja dalam bidang pengembangan aplikasi mobile. Saya berterima kasih kepada Bangkit Academy dan semua instruktur yang berdedikasi atas pengalaman berharga ini. Saya yakin bahwa pengetahuan dan keterampilan yang saya peroleh dari program ini akan membantu saya meraih kesuksesan dalam karier saya di bidang IT, ditambah dengan perkembangan teknologi yang berkembang dengan pesat serta kebutuhan akan personil yang kompeten di bidang ini, saya yakin dapat bersaing bahkan di kancah internasional sekalipun.

Artikel ini telah dibaca 37 kali

Baca Lainnya

Semangat Kebangkitan Nasional Untuk Energi Menuju Indonesia Emas

20 May 2024 - 15:42 WIB

Naik Bus, Ganjar-Mahfud Hadiri Sidang Perdana Sengketa Pilpres di MK

9 May 2024 - 10:39 WIB

Antisipasi sesar lembang.brin dorong bangunan di bandung gunakan anti gempa

8 May 2024 - 20:13 WIB

Tak Lagi Nyaleg DPR RI, Ono Surono: Saya Diperintah Nyalon DPRD Jabar

8 May 2024 - 19:02 WIB

Ganjar-Mahfud Resmi Deklarasi Oposisi!

8 May 2024 - 17:55 WIB

Jokowi Rajin Bagi-bagi Bansos, Uang Dari Mana? Ini Kata Sri Mulyani

6 April 2024 - 10:59 WIB

Trending di Bisnis