Sidoarjo, Jawa Timur – Dalam rangka meningkatkan kesadaran dan kemampuan UMKM muda di Desa Candi, Kecamatan Candi, Sidoarjo, mahasiswa Magang-MBKM di PT Agritama Sinergi Inovasi (Perusahaan yang bergerak di bidang jasa konsultasi pangan) menggelar kegiatan sosialisasi yang membahas pentingnya sertifikasi halal. Acara ini berlangsung dengan penuh antusiasme dan dihadiri oleh enam UMKM muda yang bergerak di bidang kue, makanan ringan, dan frozen food.

Kegiatan sosialisasi yang berlangsung di salah satu warung bakmie terkenal di Kota Sidoarjo ini menyajikan sejumlah topik penting. Mulai dari pengertian sertifikasi halal, manfaat yang diperoleh dari sertifikasi tersebut, berbagai jenis sertifikasi halal yang tersedia, hingga dokumen dan persyaratan yang diperlukan untuk memperoleh sertifikasi halal.

Pada sesi penjelasan, para peserta diberi pemahaman mendalam tentang apa itu sertifikasi halal. Sertifikasi halal merupakan proses verifikasi yang dilakukan oleh badan independen untuk memastikan bahwa produk yang dihasilkan oleh UMKM memenuhi standar kehalalan yang diakui secara luas oleh masyarakat. Penjelasan ini sangat penting mengingat sertifikasi halal tidak hanya sebatas label, tetapi juga menjamin bahwa produk tersebut telah melalui proses yang sesuai dengan prinsip-prinsip syariah Islam.

Manfaat dari sertifikasi halal yang dipaparkan dalam sosialisasi ini mencakup beberapa aspek penting. Pertama, meningkatkan kepercayaan konsumen. Konsumen Muslim, khususnya, akan merasa lebih aman dan percaya dalam mengonsumsi produk yang sudah bersertifikasi halal. Kedua, meningkatkan kualitas produk. Dengan mengikuti standar yang ketat, produk UMKM diharapkan memiliki kualitas yang lebih baik dan terjamin. Ketiga, sertifikasi halal membuka peluang bagi UMKM untuk mengakses pasar domestik dan internasional yang lebih luas. Produk bersertifikasi halal memiliki daya tarik yang lebih besar, tidak hanya di pasar lokal tetapi juga di pasar global yang semakin memperhatikan aspek kehalalan produk.

Setelah sesi penjelasan, kegiatan berlanjut dengan sesi diskusi yang interaktif. Para peserta diberi kesempatan untuk bertanya langsung kepada narasumber mengenai berbagai hal yang belum mereka pahami. Mereka juga berbagi pengalaman dan tantangan yang dihadapi dalam proses mendapatkan sertifikasi halal. Diskusi ini berlangsung dengan penuh keakraban dan saling mendukung, menciptakan suasana yang kondusif untuk belajar dan berbagi.

Acara ini diakhiri dengan sesi buka bersama, menambah suasana keakraban dan kebersamaan di antara para peserta dan panitia. Momen ini tidak hanya dimanfaatkan untuk menikmati hidangan bersama, tetapi juga sebagai kesempatan untuk mempererat jaringan antar UMKM muda di Desa Candi.

Dengan adanya kegiatan sosialisasi ini, Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur berharap dapat meningkatkan kesadaran dan kemampuan UMKM muda di Desa Candi dalam mengurus sertifikasi halal. Tujuan akhir dari kegiatan ini adalah agar UMKM muda lebih berdaya saing dan mampu meningkatkan kualitas produk yang mereka hasilkan. Dengan produk yang telah bersertifikasi halal, UMKM muda diharapkan dapat lebih mudah memasuki pasar yang lebih luas dan beragam, baik di tingkat nasional maupun internasional.

Keseluruhan acara ini menegaskan komitmen pemerintah dalam mendukung perkembangan UMKM muda, khususnya dalam hal pemenuhan standar kehalalan produk. Langkah ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian lokal dan kesejahteraan masyarakat di Desa Candi, Sidoarjo.

Thiang Makrifat | Agribisnis | Universitas Pembangunan “Nasional” Veteran Jawa Timur