Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Bisnis · 4 Oct 2022 08:27 WIB ·

Digital Marketing Dalam Bisnis Pada Industri 4.0


 Digital Marketing Dalam Bisnis Pada Industri 4.0 Perbesar

Digital marketing atau pemasaran digital adalah pemasaran  yang dilakukan dalam media elektronik dengan bantuan teknologi. Dalam industri 4.0, banyak perubahan yang sudah terjadi di dunia ini. Contohnya saja saat ini sudah ada AI atau Artificial Intelligence, Internet of Things (IoT), 3d printing, dan macam lainnya.

Begitu juga yang terjadi dalam dunia bisnis, yang menggunakan teknologi tidak hanya proses produksi saja, tapi juga pemasaran. Pemasaran dengan bantuan teknologi pada perusahaan produksi atau jasa dikenal dengan digital marketing. 

Jadi, sebagai seorang digital marketer, kita memiliki tanggung jawab untuk membuat konten yang menarik agar di lihat oleh audiens. Berfokus pada memaksimalkan cara berinteraksi dengan pelanggan melalui kanal digital  untuk tujuan tertentu.

Dalam praktiknya ada dua klasifikasi dasar dari channel digital marketing, yaitu:

  1. Acquisition dan Retention Channels
  2. Organic dan Paid Channels

Acquisition dan Retention Channels

  • Acquisition channel  digunakan untuk mendapatkan audiens pertama kalinya. Contohnya saja saat kita sedang bermain game, akan ada iklan yang tiba-tiba muncul dan meminta kita mendownload sebuah aplikasi. Saat audiens itu mendownload aplikasi tersebut untuk pertama kalinya, maka itu dinamakan ccquisition channel 
  • Retention channel digunakan untuk mendorong audiens agar melakukan transaksi lagi. Contohnya saja broadcast whatsapp ataupun email marketing dari akun perusahaan yang pernah kita beli produknya

Organic dan Paid Channels

  • Organic channel digunakan untuk tujuan jangka panjang karena membutuhkan investasi dalam jumlah besar di awal
  • Paid channel digunakan untuk pay per click dari iklan yang dibuat

Jika kalian ingin belajar bagiamana melakukan pemasaran secara digital, kalian bisa belajar sambil merasakan pengalaman kerja di PT Disty Teknologi Indonesia dengan mengikuti magang merdeka batch berikutnya. Nantikan info lebih lanjut di website kampus merdeka.

Artikel ini telah dibaca 38 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Tim PKM RSH UMS, Lakukan Penelitian Tentang Taktik Bahasa dalam Kejahatan Siber

24 June 2024 - 12:01 WIB

Pemanfaatan Sampah Dapur Menjadi Cairan Serbaguna bersama Mahasiswa Pengabdian Masyarakat UPN “Veteran” Jawa Timur

22 June 2024 - 18:26 WIB

Sosialisasi “Pentingnya Sertifikasi Halal bagi UMKM Muda di Desa Candi, Kab. Sidoarjo”

20 June 2024 - 11:06 WIB

Kerja Bakti “Pembersihan Sampah Sekitar Sungai di Desa Ciburial RW 7

15 June 2024 - 21:50 WIB

Kegiatan Pengolahan Sampah Terpadu di Desa Ciburial “Mengubah Sampah Organik Menjadi Pupuk Kompos”

15 June 2024 - 21:43 WIB

Profil Desa Ciburial: Keindahan Alam yang Membutuhkan Pengelolaan Sampah Terpadu

15 June 2024 - 21:33 WIB

Trending di Pendidikan