Digital marketing atau pemasaran digital adalah pemasaran  yang dilakukan dalam media elektronik dengan bantuan teknologi. Dalam industri 4.0, banyak perubahan yang sudah terjadi di dunia ini. Contohnya saja saat ini sudah ada AI atau Artificial Intelligence, Internet of Things (IoT), 3d printing, dan macam lainnya.

Begitu juga yang terjadi dalam dunia bisnis, yang menggunakan teknologi tidak hanya proses produksi saja, tapi juga pemasaran. Pemasaran dengan bantuan teknologi pada perusahaan produksi atau jasa dikenal dengan digital marketing. 

Jadi, sebagai seorang digital marketer, kita memiliki tanggung jawab untuk membuat konten yang menarik agar di lihat oleh audiens. Berfokus pada memaksimalkan cara berinteraksi dengan pelanggan melalui kanal digital  untuk tujuan tertentu.

Dalam praktiknya ada dua klasifikasi dasar dari channel digital marketing, yaitu:

  1. Acquisition dan Retention Channels
  2. Organic dan Paid Channels

Acquisition dan Retention Channels

  • Acquisition channel  digunakan untuk mendapatkan audiens pertama kalinya. Contohnya saja saat kita sedang bermain game, akan ada iklan yang tiba-tiba muncul dan meminta kita mendownload sebuah aplikasi. Saat audiens itu mendownload aplikasi tersebut untuk pertama kalinya, maka itu dinamakan ccquisition channel 
  • Retention channel digunakan untuk mendorong audiens agar melakukan transaksi lagi. Contohnya saja broadcast whatsapp ataupun email marketing dari akun perusahaan yang pernah kita beli produknya

Organic dan Paid Channels

  • Organic channel digunakan untuk tujuan jangka panjang karena membutuhkan investasi dalam jumlah besar di awal
  • Paid channel digunakan untuk pay per click dari iklan yang dibuat

Jika kalian ingin belajar bagiamana melakukan pemasaran secara digital, kalian bisa belajar sambil merasakan pengalaman kerja di PT Disty Teknologi Indonesia dengan mengikuti magang merdeka batch berikutnya. Nantikan info lebih lanjut di website kampus merdeka.