Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Teknologi · 19 May 2022 11:38 WIB ·

Manfaatkan Artifical Intelligance Pada Era Revolusi Industri 4.0


 Manfaatkan Artifical Intelligance Pada Era Revolusi Industri 4.0 Perbesar

Manfaatkan Artifical Intelligance Pada Era Revolusi Industri 4.0

Kecerdasan buatan atau Artificial Intelligance salah satu istilah yang semua orang dengar di era revolusi industri 4.0, dari negara maju maupun berkembang. Adanya Teknologi AI ini, berbagai negara bersaing untuk mengembangkan berbagai perangkat yang lebih cangih dan optimal. Sehingga istilah AI di dunia IT menjadi solusi baru untuk meningkatkan produk dan perangkat lunak yang mengatasi semua masalah, secara lebih cerdas yang memudahkan manusia tanpa harus diperintah.

Di artikel ini akan membahas definisi AI dan penerapannya dalam kehidupan sehari – hari.

Pengertian Kecerdasan Buatan / AI (Artificial Intelligence)

Apa yang pernah anda kenal dan pahami konsep dari Big Data dan Internet of Things (IOT), kedua hal tersebut sangat berkaitan yang sangat erat, dan berguna untuk menciptakan suatu produk yang lebih modern, cerdas, dan dapat diterapkan secara otomatis.

Jadi, apa itu Artificial Intelligence? Artificial Intelligence adalah kecerdasan buatan yang dibuat dan ditanamkan dalam suatu teknologi, yang nantinya akan dikembangkan.

Contoh Penerapan Teknologi AI

Berikut ini kami merangkumkan beberapa contoh penerapan kecerdasan buatan pada kehidupan sehari-hari :

  • Asisten Virtual
    Sering dijumpai platform atau hardware (perangkat keras) yang menyediakan teknologi berbasis asisten virtual, misalnya saja Google Assistant, Amazon Alexa, Siri dan lain-lain. Membantu mencatat secara virtual setiap informasi yang anda pemesanan, serta memberikan informasi berkaitan dengan waktu acara.
  • Deepface Facebook
    Perusahaan Facebook mebuat fitur yang digunakan untuk mendeteksi dan mengenali wajah pada postingan foto. Dengan teknologi ini, anda tanpa besusah jerih payah untuk membuat foto secara manual. Deepface fitur AI yang tertanam pada facebook akan mengenali wajah berdasarkan data yang berhasil diperoleh, hasil rekomendasi atau saran ketika anda menyetujui sebuah foto yang diberi tanda.
  • Rekomendasi pada E-Commerce
    Implementasi kecerdasan buatan yang tertanam ini, sering Anda temui ketika melakukan transaksi jual beli melalui situs atau platform marketplace. Ketika anda akan mencari atau melihat – melihat produk, beberapa kemudian akan muncul hasil rekomendasi produk yang dicari.

    Nah, dari situlah hasil dari pengamatan yang telah dilakukan oleh AI untuk membantu dalam mencari informasi produk yang Anda inginkan.
  • Bisnis Manufaktur dan Retail
    Penerapan bisnis manufaktur cenderung berkaitan dengan penggunaan Internet of Things  (IoT), yang mana digunakan untuk menganalisis data secara cepat dan akurat. Dengan jaringan internet yang terhubung, mampu untuk memberikan pembelajaran secara mendalam dengan data yang terstruktur.
  • Layanan Kesehatan.
    Dalam dunia kesehatan, kecerdasan buatan berperan dalam memberikan pengobatan dan membaca sinar X yang dapat dipersonalisasikan. pribadi juga dapat membantu sebagai pengingat untuk berolahraga secara teratur, dan berolahraga.

Kesimpulan

Artificial Intelligence adalah sebuah sistem kecerdasan buatan yang diciptakan manusia yang tertanam pada teknologi khusus, untuk membantu aktivitas aktivitas yang ada.

sumber : https://www.sekawanmedia.co.id/blog/apa-itu-artificial-intelligence/

Artikel ini telah dibaca 33 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

*Aksi Bersama Segenap Elemen Masyarakat, Pers, Kaum Buruh, Aktivis Pergerakan Menolak UU Penyiaran & Pandemi Treaty*

28 May 2024 - 11:02 WIB

*Adakah yang Tahu Letak Jalan Culik di Bandung*

27 May 2024 - 15:31 WIB

*Kearifan Lokal Dapat Menjadi Bekal Membuka & Masuk Dalam Gerbang Indonesia Emas Tahun 2045*

26 May 2024 - 10:32 WIB

*Persiapan Generasi Milenial Hari Ini Untuk Membuka & Masuk ke Gerbang Indonesia Emas Pada Tahun 2045*

26 May 2024 - 00:46 WIB

Semangat Kebangkitan Nasional Untuk Energi Menuju Indonesia Emas

20 May 2024 - 15:42 WIB

Naik Bus, Ganjar-Mahfud Hadiri Sidang Perdana Sengketa Pilpres di MK

9 May 2024 - 10:39 WIB

Trending di Bisnis