Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Bisnis · 9 Jan 2024 09:04 WIB ·

Budidaya Anggur Didorong jadi Bagian Ketahanan Pangan


 Budidaya Anggur Didorong jadi Bagian Ketahanan Pangan Perbesar

Budidaya anggur didorong untuk menjadi bagian dalam ketahanan pangan, dengan melibatkan semua masyarakat dalam penanamannya, tak hanya dilakukan oleh petani atau komunitas tertentu, melainkan bisa dilakukan .

“Anggur itu jangan cuma di satu kelompok tertentu. Harus bisa jadi budi daya, masyarakat semua harus menanam juga biar jadi ketahanan pangan. Masyarakat bisa belajar dari pengalaman yang sudah dimiliki oleh komunitas yang memang sudah ahli,” kata Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar, dalam keterangannya terkait kunjungan kerja di Desa Margagiri, Bojonegara, Serang, Banten, pada Senin (8/1/2024).

Menteri Abdul Halim meminta masyarakat Desa Margagiri untuk serius melaksanakan budidaya anggur.

Sebab, salah satu tujuannya adalah untuk memenuhi kebutuhan pangan dan bisa menjadi bagian dari upaya untuk menambah pemasukan masyarakat dari hasil panen dengan jangkauan pasar yang luas.

“Budidaya anggur telah dilaksanakan BUMDesa Marga Karya Mandiri Desa Margagiri sejak 2022 lalu. Hasil panennya pun bisa dinikmati masyarakat setempat melalui edukasi wisata yang dibuka untuk umum,” ungkapnya.

Dia menyarankan agar pemanfaatan anggur bisa diperluas dalam sektor kuliner.

Tidak hanya anggur, tapi juga lele yang merupakan salah satu produk BUMDesa tersebut.

“Kita juga bisa membuat kuliner wisata. Misal kuliner beratnya lele bakar lalu buahnya anggur untuk penutup,” jelas Mendes PDTT.

Selain anggur dan lele, BUMDesa Marga Karya Mandiri juga memiliki unit usaha lain yaitu pengelolaan sampah dan budidaya kambing.

Pengelolaan sampah tersebut telah berjalan selama tujuh tahun terakhir dan memiliki beberapa karyawan dengan gaji UMR setempat.

Turut hadir dalam acara itu beberapa pejabat Kemendes PDTT. Di antaranya Dirjen PEID Harlina Sulistyorini dan Dirjen PDP Sugito.

Artikel ini telah dibaca 5 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Ganjar: Sukarno Tak Pernah Bicara Kepentingan Pribadi, Keluarga

5 July 2024 - 14:45 WIB

Ganjar hingga Ahok jadi ketua dpp PDIP hingga 2025

5 July 2024 - 14:35 WIB

Mata dan mulut tertutup lakban seorang pria di temukan tewas gantung diri di fly over Cimindi Cimahi Bandung

28 June 2024 - 11:56 WIB

*Aksi Bersama Segenap Elemen Masyarakat, Pers, Kaum Buruh, Aktivis Pergerakan Menolak UU Penyiaran & Pandemi Treaty*

28 May 2024 - 11:02 WIB

*Adakah yang Tahu Letak Jalan Culik di Bandung*

27 May 2024 - 15:31 WIB

*Kearifan Lokal Dapat Menjadi Bekal Membuka & Masuk Dalam Gerbang Indonesia Emas Tahun 2045*

26 May 2024 - 10:32 WIB

Trending di Bisnis