Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Health · 13 Oct 2022 16:57 WIB ·

Jangan Sampai Nyesal! Bahaya Terlalu Banyak Tidur


 Jangan Sampai Nyesal! Bahaya Terlalu Banyak Tidur Perbesar

banyak tidur

Banyak yang bilang, tidur tuh enak. Ketika tidur, rasanya seolah-olah kita terlepas dari segala tugas dan masalah yang mungkin saja sedang mengganggu. However, tahukah kamu bahwa tidur terlalu banyak —10 jam atau lebih— bisa mengganggu kesehatanmu. Furthermore, hal tersebut kemudian dapat mengganggu aspek lainnya seperti produktivitas dan kondisi psikologismu. Untuk detailnya, simak penjelasan berikut ini.

Dampak Buruk Tidur Berlebihan

Berdasarkan studi oleh Centers for Disease Control and Prevention (CDC), beberapa temuan terkait tidur dengan porsi berlebihan yakni:

  • Meningkatkan resiko penyakit kronis, seperti: diabetes, penyakit jantung koroner, gangguan kecemasan, and also obesitas pada dewasa berusia 45 tahun ke atas.
  • Terlalu banyak tidur dapat memposisikanmu pada resiko yang jauh lebih besar untuk terkena penyakit jantung koroner, stroke, dan diabetes dibandingkan tidur dengan porsi yang kurang. Still, dua hal tersebut harus dihindari dan kita sebaiknya tidur dengan porsi yang pas.
  • Tidur lebih dari tujuh atau delapan jam per malam, dan merasa lelah di hari berikutnya, dapat mengindikasikan bahwa kamu memiliki masalah kesehatan. Therefore, teman-teman harus berhati-hati dan lakukan check up secara berkala terutama saat sudah diperlukan ya!

Terlalu Banyak Tidur Tuh Bikin Rugi!

Logically, semakin lama kamu tidur maka semakin berkurang waktumu untuk melakukan hal produktif. For instance, si A yang bangun tidur pukul 5 pagi tentu bisa lebih dulu memulai hari dan menyelesaikan pekerjaannya dibanding si B yang memutuskan untuk bermalas-malasan hingga pukul 9 pagi. Also, dampak lain dari kebiasaan buruk tersebut yakni kamu akan tertinggal dari yang lain. Truly, hal ini patut untuk disayangkan dan seharusnya tidak terjadi.

Tips Mencegah Tidur Berlebihan

Okay, ini saatnya kita bahas mengenai trik agar tidak terlalu banyak tidur.

  • Mengatur jadwal tidur rutin dan selalu disiplin menerapkannya.
  • Menulis goals yang ingin dicapai agar menjadi motivasimu untuk memulai hari.
  • Berolahraga demi menjaga kebugaran tubuh.
  • Hindari tidur berlebihan saat weekend, karena hal ini dapat mengganggu waktu tidur rutinmu setelahnya.
  • Ciptakan habit makan yang sehat.
  • Gunakan alarm dengan bunyi yang menenangkan, instead of bunyi yang membuatmu semakin marah kemudian langsung mematikannya tanpa berpikir panjang.

Finally, ingatlah bahwa segala hal yang berlebihan itu tidak baik, termasuk tidur. Indeed, istirahat merupakan suatu hal penting untuk dilakukan sehari-hari. In contrast, kalau dilakukan secara berlebihan itu namanya bukan istirahat tapi bermalas-malasan. Guys, jangan korbankan karirmu saat ini dan masa depanmu nantinya karena mengikuti rasa malas yang ada dalam dirimu. Kita harus lawan godaan itu! Jangan lanjut tidur! Ingat bahwa ada tanggung jawab yang harus kamu penuhi yakni untuk menjadi versi terbaik dari dirimu. Jangan sampai nanti kita menyesal akibat menyepelekan apa yang dilakukan saat ini. Remember, waktu tidak dapat diulang.

Baca juga: Mengenal Toxic Productivity, Apa Itu?

Artikel ini telah dibaca 22 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

*Ditjen Bina Bangda Apresiasi terhadap Publikasi Data Statistik Sektoral Pemkab Lebak*

25 February 2024 - 12:28 WIB

Mewaspadai Gejala Resesi Ekonomi dengan Bijaksana

25 February 2024 - 12:23 WIB

JIMLY ASSHIDDIQIE – Guru Besar Ilmu Hukum Universitas Indonesia, Guru Besar Kehormatan UNHAN, STHM, dan Honorary Professor of Melbourne University School of Law. Ketua MKRI pertama (2003), Ketua DKPP pertama (2012), dan anggota DPD-RI dan MPR-RI (2019-2024)

24 February 2024 - 19:11 WIB

Diduga rem tidak berfungsi, sebuah truk tangki Elpiji menabrak Dump truk.

24 February 2024 - 16:53 WIB

*Seorang Suami Naik Pitam Akibat Istrinya Dilecehkan oleh Saudara Iparnya*

24 February 2024 - 14:04 WIB

*Minta Jajarannya Perkuat Kinerja, Kepala BSKDN Optimistis Hasilkan Strategi Kebijakan Berkualitas*

24 February 2024 - 13:06 WIB

Trending di Bisnis