Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Tekno & Sains · 12 Aug 2022 05:17 WIB ·

Yuk, Mengenal Plugins Figma yang Populer Digunakan!


 Yuk, Mengenal Plugins Figma yang Populer Digunakan! Perbesar

Figma adalah salah satu aplikasi desain grafis dan desain antarmuka untuk pengguna yang banyak digunakan oleh para desainer. Salah satu keunggulan figma adalah sebuah aplikasi desain grafis yang berbasis website. Sehingga memudahkan pengguna untuk mengakses figma dari komputer atau platform apa saja tanpa harus banyak menginstall. Selain itu, pengguna juga dapat menggunakan figma secara gratis. Meskipun gratis, figma juga menawarkan banyak plugins yang dibutuhkan desainer. Berikut ini merupakan 10 plugins figma yang sering digunakan oleh UI/UX Designer

 

  • Iconscout

Link: Iconscout – Icons, Illustrations, 3D Assets & Lottie Animations – Figma

Plug-in pertama figma yang perlu diketahui adalah iconscout. Biasanya desainer membutuhkun ikon untuk melengkapi desain grafis maupun antar mukanya. Di iconscout ini terdapat banyak ikon yang bisa didownload secara gratis. Selain icon, Iconscout juga menyediakan illustrasi dan foto.

  • Remove BG

Link: Remove BG – Figma

Plugin yang kedua adalah Remove Background. Seorang desainer sering membutuhkan sebuah foto tanpa background. Sehingga diperlukan tools yang dapat memudahkan desainer untuk menghapus background sebuah foto. Remove BG adalah tools yang dapat membantu desainer untuk menghapus background secara praktis tanpa harus menggunakan software lain diluar figma.

  • StorySet by Freepik

Link: Storyset by Freepik – Figma

Dalam desain, penambahan ilustrasi, ikon, maupun gambar dapat memperindah penampilan. StorySet by freepik ini adalah plugin yang menyediakan berbagai illustrasi dengan banyak tema. Selain itu, pengguna juga dapat menyesuaikan warna pada ilustrasi yang diinginkan.

  • Logo Creator

Link: Logo Creator – Figma

Setelah icon dan ilustrasi, dalam mendesain pengguna juga perlu untuk membuah logo suatu produk yang didesain. Plugin logo creator ini berisi banyak logo yang bisa dijadikan contoh. Pengguna juga dapat membuat kembali re-built logo yang sudah ada dengan berbagai komponen lainnya.

  • Color Palattes

Link: Color Palettes – Figma

Salah satu poin penting mendesain adalah menentukan warna yang akan digunakan. Dengan plugin color palette ini, pengguna dapat mencari kode warna maupun kode palette yang ngin digunakan dalam mendesain.

  • Feather Icons

Link: Feather Icons – Figma

Plugins berikutnya adalah Feather Icons. Feather Icons memiliki ratusan jenis ikon. Berbeda dengan ikon sebelumnya, Feather Icons memiliki ikon seperti simbol atau fitur yang sering ada di aplikasi handphone maupun komputer. Sehingga, plugin ini sering digunakan oleh UI/UX Designer untuk mempresentasikan fitur dari aplikasi handphone maupun komputer.

  • Unsplash

Link: Unsplash – Figma

Unsplash adalah salah satu plugins yang berisi kumpulan foto. Plugins ini terdapat lebih dari 3 juta foto. Unsplash merupakan plugin hasil kumpulan foto dari komunitas fotografer di dunia. Kita dapat menggunakan foto-foto tersebut secara gratis untuk mendesain dari suatu aplikasi yang kita buat.

  • Figma to HTML, CSS, React & more!

Link: Figma to HTML, CSS, React & more! – Figma

Setelah membuat desain UI/UX di Figma, tahapan selanjutnya adalah mengimplementasikan desain aplikasi.  Figma memiliki plugins yang bisa membantu mempermudah pekerjaan seorang web developer dengan menggunakan Plugins Figma to HTML, CSS, React & more.

Plugin ini dapat mempermudah seorang developer menghemat waktu sekitar 90% dari pembuatan website secara manual. Namun, dalam menggunakan plugins ini ada beberapa batasan yang perlu diperhatikan, yaitu tidak didukung oleh semua tipe elemen, seperti iframe dan pseudoelements.

  • Figmotion

Link: Figmotion – Figma

Figmotion merupakan plugins untuk membuat animasi.

Dengan plugins ini kita tidak perlu menggunakan tools atau software lain diluar Figma untuk membuat animasi.

Sehingga, lebih mudah dan nyaman dalam membuat desain dengan menggunakan Figma.

  • Chart

Link: Chart – Figma

Untuk memperlihatkan data mentah, perlu diubah ke dalam bentuk grafik (chart). Sehingga mampu membuat pembaca memahami dengan jelas dan cepat data-data tersebut.

Figma memiliki plugin Chart yang digunakan oleh designer untuk menambahkan suatu grafik dari beberapa jenis data, seperti JSON, Excel, CSV, Google Sheet, dan yang lainnya.

Artikel ini telah dibaca 156 kali

Baca Lainnya

Naik Bus, Ganjar-Mahfud Hadiri Sidang Perdana Sengketa Pilpres di MK

9 May 2024 - 10:39 WIB

Antisipasi sesar lembang.brin dorong bangunan di bandung gunakan anti gempa

8 May 2024 - 20:13 WIB

Tak Lagi Nyaleg DPR RI, Ono Surono: Saya Diperintah Nyalon DPRD Jabar

8 May 2024 - 19:02 WIB

Ganjar-Mahfud Resmi Deklarasi Oposisi!

8 May 2024 - 17:55 WIB

Kenali Apa Itu Expert System / Sistem Pakar

17 April 2024 - 22:23 WIB

Database SQL VS Database NoSQL

16 April 2024 - 08:46 WIB

Trending di Tekno & Sains