Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Pendidikan · 20 May 2022 12:57 WIB ·

Simak, beginilah cara mencegah SQL Injection


 Simak, beginilah cara mencegah SQL Injection Perbesar

Kenali dan waspadai SQL Injection

Apakah anda sudah mengetahui apa itu SQL Injection? Serangan  SQL Injection adalah kejahatan dunia maya yang menimbulkan ancaman serius terhadap keamanan situs web Anda. Namun, frekuensi SQL injection adalah yang ketiga paling rentan terhadap serangan. Dari serangan ini dapat mencakup pencurian dan manipulasi database, termasuk email, password, data pribadi, bahkan aset finansial.

Jika anda aingin tahu apa sih SQL Injection itu? Bagaimana cara serangan yang dilakukan? Bagaimana cara mengatasi serangan tersebut? Yuk simak artikel berikut ini.

Apa itu SQL Injection ?

SQL Injection adalah teknik injeksi kode, yang digunakan untuk menyerang aplikasi berbasis data, di mana pernyataan SQL jahat dimasukkan ke dalam bidang entri untuk dieksekusi. Pada umumnya, hacker menggunakan perintah atau query SQL untuk mengakses database. Injeksi kode ini memungkinkan hacker untuk masuk tanpa proses otentikasi. Setelah berhasil, hacker dapat melakukan mengeksploitasi dan memodifikasi bentuk perintah SQL (Structured Query Language) yang memungkinkan penyerang mengirim sintaks ke database aplikasi.

Bagaimana cara kerja SQL Injection ?

Berikut ini adalah tahapan terjadinya penyerangan SQL Injection yang terjadi melalui tiga tahapan yaitu :

  • Hacker atau perantas mencari celah keamanan database
  • Proses validasi query SQL yang digunakan
  • Database berhasil diakses

Bagaimana sih cara mencegah SQL Injection ?

  • Menggunakan Parameterized Query

Dengan cara berikut database akan mampu mengenali mana input yang dimasukkan oleh pengguna, apakah termasuk kategori SQL atau data pengguna. Dengan begitu, para attacker tidak dapat mengubah isis query, walaupun telah memasukkan kode SQL saat memasukkan kode input.

  • Melakukan validasi input pengguna

Untuk mencegah SQL injection dapat melakukan validasi input pengguna.  Yaitu dengan filter semua input yang dilakuka pengguna.

  • Memberikan batasan hak akses

Memberikan batasan hak akses untuk memebatasi kerusakan yang terjadi akibat SQL Injection. Jangan sesekali melakukan login menggunakan akses admin sebagai root.

Yuk share artikel ini dan berikan tanggapan anda pada kolom komentar.

 

 

Artikel ini telah dibaca 52 kali

Baca Lainnya

Ganjar: Sukarno Tak Pernah Bicara Kepentingan Pribadi, Keluarga

5 July 2024 - 14:45 WIB

Ganjar hingga Ahok jadi ketua dpp PDIP hingga 2025

5 July 2024 - 14:35 WIB

Mahasiswa Agribisnis Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur Sosialisasikan Pembuatan Eco Enzym di Gapoktan Keputih Bersemi

4 July 2024 - 17:36 WIB

Mahasiswa Agribisnis UPN Jawa Timur Gelar Kerja Bakti Bersama Gapoktan Keputih Bersemi: Mengembangkan Komoditas Organik untuk Masa Depan Berkelanjutan

4 July 2024 - 14:23 WIB

Mata dan mulut tertutup lakban seorang pria di temukan tewas gantung diri di fly over Cimindi Cimahi Bandung

28 June 2024 - 11:56 WIB

Tim PKM RSH UMS, Lakukan Penelitian Tentang Taktik Bahasa dalam Kejahatan Siber

24 June 2024 - 12:01 WIB

Trending di Pendidikan