Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Pendidikan · 20 May 2022 13:22 WIB ·

Dampak Penghapusan Ujian Nasional bagi Siswa


 Dampak Penghapusan Ujian Nasional bagi Siswa Perbesar

Penghapusan Ujian Nasional

Baru-baru ini Nadiem Makarim selaku Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah mengeluarkan Surat Edaran resmi pada Februari 2021 mengenai penghapusan Ujian Nasional tahun ini. Surat Edaran tersebut berisi tentang Penghapusan Ujian Nasional, Ujian Kesetaraan, dan Pelaksanaan Ujian Sekolah dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19.

Secara otomatis, Ujian Nasional dan Ujian Kesetaraan tidak menjadi syarat kelulusan atau seleksi masuk ke pendidikan yang lebih tinggi.

Dalam Surat Edaran tersebut, peserta didik harus memenuhi beberapa syarat untuk dinyatakan lulus dari satuan atau program pendidikan. Syarat-syarat tersebut dapat dibaca maupun diunduh melalui website Kemdikbud.

ujian nasional akan dihapus

Dampak bagi Siswa

Tidak dapat dipungkiri bahwa Ujian Nasional menjadi salah satu faktor penentu nilai kelulusan bagi tingkat SD, SMP maupun SMA. Ketika sudah memasuki masa-masa akhir, para siswa akan menghadapi Ujian Nasional yang nantinya dijadikan syarat untuk lulus maupun seleksi masuk ke pendidikan yang lebih tinggi. Namun, dengan dihapusnya Ujian Nasional tersebut menimbulkan dampak yang cukup besar baik positif maupun negatif bagi masyarakat.

Adapun dampak positif dan negatif yang bisa didapatkan apabila Ujian Nasional ditiadakan sebagai berikut.

Dampak Positif

– Menghadirkan Rasa Keadilan bagi Siswa

Nilai yang didapatkan dari hasil Ujian Nasional menjadi acuan bagi para siswa yang membuatnya tidak adil antara satu sama lain. Mereka akan saling bersaing satu sama lain hanya untuk merebutkan nilai tertinggi. Akan lebih efektif jika semua siswa mendapatkan nilai yang sama-sama tinggi. Antara satu sama lain saling membantu untuk bisa mewujudkan impiannya agar bisa mendapatkan nilai yang maksimal.

– Beban Psikologis Siswa Berkurang

Dengan ini siswa tidak terlalu terbebani untuk belajar yang melebihi proporsinya. Ketika Ujian Nasional akan berlangsung, para siswa biasanya akan dituntut untuk belajar ekstra supaya bisa mendapatkan nilai yang baik.

Dampak Negatif

– Motivasi Belajar Siswa Berkurang

Ujian nasional yang selama ini dilakukan justru mengakibatkan semangat belajar siswa meningkat karena memiliki target untuk lulus sekolah. Dan dengan dihapusnya ujian nasional tersebut, motivasi belajar siswa berkurang karena tidak adanya target yang sesuai bagi mereka.

– Siswa Akan Menjadi Acuh Tak Acuh Untuk Belajar

Dihapusnya ujian nasional dapat mengakibatkan siswa menjadi acuh tak acuh dalam belajar. Saat pelaksanaan kebijakan ujian nasional pun masih ada siswa yang malas belajar dan menganggap belajar sebagai hal yang tidak penting apalagi jika ujian dihapus.

 

Itulah beberapa dampak positif dan negatif mengenai dihapusnya Ujian Nasional bila siswa. Menurut anda, apakah dihapusnya Ujian Nasional ini berdampak positif atau bahkan negatif bagi siswa?

Artikel ini telah dibaca 146 kali

Baca Lainnya

Ganjar: Sukarno Tak Pernah Bicara Kepentingan Pribadi, Keluarga

5 July 2024 - 14:45 WIB

Ganjar hingga Ahok jadi ketua dpp PDIP hingga 2025

5 July 2024 - 14:35 WIB

Mahasiswa Agribisnis Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur Sosialisasikan Pembuatan Eco Enzym di Gapoktan Keputih Bersemi

4 July 2024 - 17:36 WIB

Mahasiswa Agribisnis UPN Jawa Timur Gelar Kerja Bakti Bersama Gapoktan Keputih Bersemi: Mengembangkan Komoditas Organik untuk Masa Depan Berkelanjutan

4 July 2024 - 14:23 WIB

Mata dan mulut tertutup lakban seorang pria di temukan tewas gantung diri di fly over Cimindi Cimahi Bandung

28 June 2024 - 11:56 WIB

Tim PKM RSH UMS, Lakukan Penelitian Tentang Taktik Bahasa dalam Kejahatan Siber

24 June 2024 - 12:01 WIB

Trending di Pendidikan