Digital Marketing terbentuk dari kemajuan teknologi dan komunikasi di zaman sekarang. Untuk mengetahui lebih jauh, anda perlu terlebih dahulu memahami bagaimana tren digital yang ada dimasyarakat. Setelah itu, nanti anda akan paham terbentuknya istilah tersebut dan memberikan pengaruh besar bagi perkembangan bisnis.

Apa itu Digital Marketing ?

Pemasaran adalah serangkaian aktivitas dalam bisnis guna memperkenalkan produk, jasa, atau layanan ke masyarakat luas mulai dari kegiatan promosi, distribusi, penjualan, hingga tahap pengembangan produk.

Digital Marketing adalah aktivitas pemasaran yang dilakukan oleh brand untuk menjangkau audiens potensial di internet menggunakan saluran digital seperti website, email, media sosial, dan sebagainya.

Banyak yang beranggapan bahwa Digital Marketing sama persis dengan Online Marketing dengan alasan karena sama-sama menggunakan internet. Hal tersebut tidaklah keliru. Ada beberapa perbedaan, salah satunya yaitu cakupan yang lebih luas karena memanfaatkan saluran digital yang beragam.

Baca juga :https://warungpintar.co.id/blog/6-strategi-pemasaran-umkm-di-era-digital/

Jenis Digital Marketing

  1. Sosial Media 
    Jenis ini memanfaatkan berbagai media sosial, seperti Youtube, Tiktok, Instagram, Twitter, Facebook, dan media lain sesuai target konsumen Anda.
  2. Email 
    Yaitu pemasaran melalui surat elektronik (surel). Strategi satu ini paling cocok diterapkan oleh usaha dengan model business-to-business (B2B)
  3. Digital Advertising
    Seperti namanya, digital advertising atau digital ads adalah pemasangan iklan di berbagai channel online, mulai dari website sampai media sosial. Beberapa channel digital ads terpopuler misalnya Google Ads, FB/IG Ads, Youtube Ads, dan Tiktok Ads.
  4. Content
    Konten marketing dapat berupa tulisan, gambar, audio, atau video.

Manfaat Digital Marketing

  1. Menghapus Batasan Wilayah dan Waktu Saat Memasarkan Produk
    Adanya bebas mempromosikan produk ke mana dan kapan saja, baik dalam skala lokal, nasional, atau internasional.
  2. Sistem Penjualan Produk Lebih Cepat dan Tertarget
    Disini kita bisa memanfaatkan iklan online, untuk menentukan kriteria orang yang cocok menjadi konsumen Anda. Dengan demikian, iklan Anda akan lebih efisien dan bisa menghasilkan penjualan lebih mudah.

Baca juga : https://mediabangsa.co.id/inovasi-baru-magang-bersertifikat-di-pt-disty-teknologi-indonesia/