Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Nasional · 23 Dec 2022 03:32 WIB ·

Kampus Merdeka: Solusi Tepat untuk Menguasai Hard Skill dan Soft Skill


 Binar Academy sebagai mitra Kampus Merdeka. Perbesar

Binar Academy sebagai mitra Kampus Merdeka.

Program Merdeka Belajar merupakan kebijakan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengembangkan minat dan bakat mereka di luar kampus. Salah satu program dari Kampus Merdeka adalah Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB), yang bertujuan untuk memastikan para mahasiswa mendapatkan kompetensi terbaik, terkini, dan terdepan untuk menghadapi dunia kerja di masa depan.

Salah satu program MSIB yang populer di kalangan mahasiswa adalah program Studi Independen di PT Lentera Bangsa Benderang, yang lebih dikenal dengan nama Binar Academy. Binar Academy merupakan pelopor startup edtech yang fokus pada pengembangan skil dan talenta digital dengan meningkatkan pengalaman belajar. Tahun ini, Honestyan Didyafarhan Atthariq (Mahasiswa UPN “Veteran” Jawa Timur dari prodi informatika) berkesempatan untuk mengikuti program studi independen Backend JavaScript di Binar Academy. Program ini dilaksanakan selama 5 bulan, mulai dari 18 Agustus hingga 31 Desember 2022.

Pada awal program, terdapat kegiatan onboarding dan sambutan dari pihak penanggung jawab dari Binar Academy yang memperkenalkan tentang program, alur program, silabus, teknis pembelajaran, dan peraturan kelas serta nilai kelulusan. Kurikulum program ini terdiri dari 12 course yang memiliki aktivitas yang sama persis, dengan output knowledge yang berbeda-beda.

Pembelajaran terbagi menjadi 3 tahap, yaitu Level Silver, Level Gold, dan Level Platinum. Di setiap level, peserta akan diajarkan tentang berbagai topik, seperti Programming Introduction, Testing, Cloud and Server, Containerisasi & deployment, dan lainnya. Setelah menyelesaikan program ini, peserta akan mendapat sertifikat Binar Academy – Junior Back End Javascript. Modul pembelajaran diajarkan dengan metode yang beragam, seperti Quiz, Pretest, dan Challenge. Program ini diharapkan dapat mengembangkan skill peserta dalam bidang backend javascript.

sharing session binar academy

Sharing session setiap chapter

Di Binar Academy, Honestyan mempelajari banyak hal mengenai backend javascript dan terlibat dalam sebuah project mengenai studi kasus aplikasi pemesanan tiket pesawat. Aplikasi ini dikembangkan menggunakan Node JS dengan kerangka kerja utama Express JS serta menerapkan arsitektur REST dan kolaborasi sistem agile scrum, dengan tujuan untuk mempermudah masyarakat dalam membeli tiket pesawat secara online tanpa perlu datang ke kantor atau agen tiket.

Program ini seperti ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa karena mereka bisa belajar sambil melatih hardskill dan softskill yang akan berguna saat terjun di dunia kerja. Honestyan berharap agar pemerintah terus berinovasi dengan lebih banyak program yang bermanfaat demi memajukan Pendidikan Indonesia.

Artikel ini telah dibaca 95 kali

Baca Lainnya

Kerja Bakti “Pembersihan Sampah Sekitar Sungai di Desa Ciburial RW 7

15 June 2024 - 21:50 WIB

Kegiatan Pengolahan Sampah Terpadu di Desa Ciburial “Mengubah Sampah Organik Menjadi Pupuk Kompos”

15 June 2024 - 21:43 WIB

Profil Desa Ciburial: Keindahan Alam yang Membutuhkan Pengelolaan Sampah Terpadu

15 June 2024 - 21:33 WIB

Tax Policy and Economic Elites: Going Where the Money is Earmarking

12 June 2024 - 05:59 WIB

PERMASALAHAN KASUS GOOGLE TERHADAP KONSEP BUT

12 June 2024 - 02:56 WIB

pabrikpaving.id Bantu Supply Paving Block Kualitas No 1 untuk Area Jogja dan Sekitarnya

5 June 2024 - 13:12 WIB

Paving Block
Trending di Nasional