Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Pendidikan · 7 Jul 2023 18:51 WIB ·

Menambah Wawasan Mengenai Dunia UI/UX Bersama Binar Academy Dalam Program Studi Independen Bersertifikat


 Menambah Wawasan Mengenai Dunia UI/UX Bersama Binar Academy Dalam Program Studi Independen Bersertifikat Perbesar

Program Studi Independen Bersertifikat (MSIB) merupakan salah satu program yang diselenggarakan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan di Indonesia dengan tujuan untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman dunia kerja melalui proyek nyata yang dibimbing oleh tim dan pembimbing dari organisasi, mitra, startup, dan pemerintahan. Program ini bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa dalam menghadapi perubahan cepat dalam dunia teknologi, sosial, budaya, dan dunia kerja, serta meningkatkan kemampuan kompetensi mahasiswa dalam dunia kerja. Magang dan Studi Independen Bersertifikat merupakan program yang diselenggarakan oleh Kampus Merdeka Batch 4 dan dibawah naungan Kemendikbud Ristekdikti yang diselenggarakan pada pertengahan bulan Februari hingga akhir Juni 2023.

Logo Kampus Merdeka

Studi Independen Bersertifikat adalah bagian dari program Kampus Merdeka yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan, namun tetap diakui sebagai bagian dari perkuliahan. Program ini diperuntukkan bagi mahasiswa yang ingin memperlengkapi dirinya dengan menguasai kompetensi spesifik dan praktis yang juga dicari oleh dunia usaha dan dunia industri. Salah satu mitra yang berpartisipasi dalam Magang & Studi Independen Bersertifikat di Kampus Merdeka adalah Binar Academy.

 

          Binar Academy

Binar Academy adalah lembaga pendidikan non-formal yang bertujuan untuk menghasilkan talenta-talenta digital yang berkompetensi. Lembaga ini didirikan pada tahun 2016 di Jakarta oleh Alamanda Shantika, Dita Aisyah dan Seto Loreno. Kini Binar Academy memiliki lokasi yang tersebar di berbagai kota di Indonesia seperti Jakarta, Batam, Kupang, Ambon, Yogyakarta dan Tangerang. Kelas UI/UX Research and Design menjadi satu diantara kelas yang disediakan oleh Binar Academy dengan mempelajari seputar perancangan desain aplikasi berdasarkan kebutuhan pengguna dan pasar. Pembelajaran di kelas UI/UX Research dilaksanakan sebanyak tiga pertemuan dalam satu minggu menggunakan bantuan Zoom Meeting. Selama proses kelas, para mahasiswa akan didampingi oleh mentor yang sudah berpengalaman dalam bidangnya dan adanya AAO sebagai fasilitator kelas.

Kelas UI/UX Research and Design menjadi satu diantara kelas yang disediakan oleh Binar Academy dengan mempelajari seputar perancangan desain aplikasi berdasarkan kebutuhan konsumen. Kelas ini dimulai dari 16 Februari 2023 sampai dengan 30 Juni 2023. Pembelajaran di kelas UI/UX Research and Design Binar Academy dilaksanakan sebanyak tiga pertemuan dalam satu minggu menggunakan bantuan Zoom Meeting. Selama proses kelas, para mahasiswa akan didampingi oleh mentor yang sudah berpengalaman dalam bidangnya dan adanya AAO sebagai fasilitator kelas.

Saya Rifqi Alvian Ardhiansyah adalah salah satu peserta Studi Independen Bersertifikat dari Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur, Prodi Informatika, yang berhasil lolos dalam seleksi untuk mengikuti program MSIB Batch 4 di PT. Lentera Bangsa Benderang (Binar Academy). Kelas yang saya ikuti di Binar Academy adalah UI/UX RESEARCH & DESIGN. Selama program berlangsung kita akan diberikan tugas challenge yang dilakukan setiap 1 chapter atau 2 minggu, dan di akhir chapter, tugas challenge yang sudah dikerjakan akan dipresentasikan di kelas sebagai nilai tugas.

Program ini dilakukan oleh mahasiswa kurang lebih selama 5 bulan atau 20 minggu dari februari sampai juni, dimulai dari Onboarding hingga Graduation dengan mendapat konversi 20 SKS atau setara dengan perkuliahan satu semester.

Sistem pembelajaran dalam Binar Academy dibagi menjadi tiga, yaitu:

  1. Level Silver

Prinsip experiential learning diterapkan dengan peserta belajar mandiri (asynchronous) dan juga bersama para mentor yang ahli di bidangnya. Hal ini juga bertujuan untuk mendorong motivasi dan kemampuan belajar secara mandiri.

Materi digital learning didesain untuk membuat tujuan pembelajaran tercapai dan tetap engaging untuk peserta, yaitu dengan memberikan case study, contoh dari dunia nyata, storytelling, menggunakan bahasa sehari- hari yang mudah dicerna, analogi, dan lengkap dengan kuis interaktif beserta feedback.

  1. Level Gold

Setelah menyelesaikan seluruh materi pada fase Silver, peserta memasuki fase Gold dimana ada beberapa metode berlandaskan experiential learning yang diterapkan pada fase ini.

  1. Level Platinum

Agar proses belajar semakin optimal dan sesuai dengan kehidupan nyata, dalam fase ini individu melakukan proses belajar yang serupa pada fase Gold, namun dilakukan secara berkelompok.

Final project kelas UI/UX Research and Design dilaksanakan secara kolaborasi dengan kelas Product Management dan menerapkan metode Scrum. Scrum adalah framework sederhana yang biasa digunakan tim untuk berkolaborasi mengerjakan proyek yang kompleks. Scrum bertumpu pada kekuatan kolaborasi tim, hal ini akan membantu meningkatkan kemampuan berkomunikasi para mahasiswa. Dengan adanya proyek akhir ini, mahasiswa akan merasakan simulasi dunia kerja.

Artikel ini telah dibaca 30 kali

Baca Lainnya

Naik Bus, Ganjar-Mahfud Hadiri Sidang Perdana Sengketa Pilpres di MK

9 May 2024 - 10:39 WIB

Antisipasi sesar lembang.brin dorong bangunan di bandung gunakan anti gempa

8 May 2024 - 20:13 WIB

Tak Lagi Nyaleg DPR RI, Ono Surono: Saya Diperintah Nyalon DPRD Jabar

8 May 2024 - 19:02 WIB

Ganjar-Mahfud Resmi Deklarasi Oposisi!

8 May 2024 - 17:55 WIB

Jokowi Rajin Bagi-bagi Bansos, Uang Dari Mana? Ini Kata Sri Mulyani

6 April 2024 - 10:59 WIB

Saat Presiden Sukarno Tidak Punya Uang Menjelang Lebaran????

1 April 2024 - 19:11 WIB

Trending di Bisnis