Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Bisnis · 13 Oct 2022 16:56 WIB ·

Pentingnya Menjaga Mood Saat WFH


 Pentingnya Menjaga Mood Saat WFH Perbesar

work from home

Dewasa ini, istilah WFH atau work from home sudah tidak asing lagi di telinga kita. In addition, istilah lainnya juga ada WFA (work from anywhere) dan remote work. Basically, istilah-istilah tersebut merujuk pada makna yang serupa, yakni bekerja tanpa terikat lokasi tertentu. Metode ini tentu ada plus dan minusnya. Well, kelebihan paling menonjol yang dapat dirasakan yakni kita menjadi lebih fleksibel dalam mengerjakan tugas yang diberikan dan juga WFH ini dapat menghemat biaya seperti biaya transportasi jika dibanding harus ke kantor setiap hari. Nonetheless, WFH ini memiliki kelemahan yang perlu diperhatikan dan akan berakibat buruk jika disepelekan. Salah satu kelemahan metode kerja remote ini yaitu dampak negatifnya bagi kesehatan psikologis.

Efek WFH Bagi Psikologis

Tak dapat dipungkiri, kerja secara remote membuat kita cenderung menghabiskan lebih banyak waktu di dalam ruangan, seperti kamar tidur contohnya. Salah satu dampak negatif psikologis dari hal tersebut yakni munculnya cabin fever. In short, cabin fever adalah serangkaian emosi negatif dan sensasi menyedihkan yang dihadapi seseorang jika mereka terisolasi atau merasa terpisah dari dunia. Moreover, hal ini rentan muncul setelah adanya pandemi COVID-19, dimana keadaan memaksa orang-orang untuk menghabiskan lebih banyak waktu di rumah.

Mengapa Jaga Mood Penting Saat WFH

Of course, menjaga suasana hati merupakan suatu keharusan terutama saat kerja remote. Jika mood rusak, maka hal ini akan sangat mengganggumu dalam menyelesaikan tugas-tugas yang ada. Belum lagi adanya cabin fever tadi yang bisa saja dirasakan oleh seseorang. Also, permasalahan pribadi yang mungkin sedang mereka alami tentu akan sangat berpengaruh pada suasana hati mereka. Thus, teman-teman semua perlu memperhatikan dan melakukan sesuatu untuk menjaga mood agar tetap terkontrol dengan baik.

Cara Menjaga Mood Saat Work From Home

Well, berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga suasana hati saat WFH.

  • Membuat To Do List sebelum kerja. Kegiatan ini dapat dilakukan pada malam hari sebelumnya atau di pagi hari saat baru bangun tidur.
  • Siapkan tempat kerja yang nyaman. Pastikan tempat kerjamu bersih dan rapi sehingga dapat memberi kenyamanan ketika kamu bekerja.
  • Berinteraksi dengan rekan kerja lainnya.
  • Hindari menumpuk kerjaan dan harus disiplin waktu.
  • Menjaga pola makan dan jangan lupa minum air putih.
  • Menjaga istirahat. Sering disepelekan padahal ini merupakan komponen yang sangat sangat penting karena akan berpengaruh pada kinerja dan produktivitasmu di hari tersebut.

Finally, setelah apa yang dijelaskan sebelumnya, kita semua bisa menyimpulkan betapa pentingnya memperhatikan kondisi psikologis ini. Indeed, berbicara mengenai suasana hati memang bukan hal yang mudah karena hal ini menyangkut perasaan masing-masing. But, setidaknya kini kita sudah tahu upaya apa yang dapat dilakukan untuk menjaga mood terutama saat WFH. Well, jangan lupa diterapkan ya teman-teman!

Baca juga: Penting! Lakukan ini saat mulai bosan belajar

Artikel ini telah dibaca 30 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Kegiatan Bank Sampah Sari Kusumo warga RT 07 RW 06 Wonokusumo Surabaya bersama mahasiswa MBKM

28 May 2024 - 15:57 WIB

*Aksi Bersama Segenap Elemen Masyarakat, Pers, Kaum Buruh, Aktivis Pergerakan Menolak UU Penyiaran & Pandemi Treaty*

28 May 2024 - 11:02 WIB

*Adakah yang Tahu Letak Jalan Culik di Bandung*

27 May 2024 - 15:31 WIB

*Kearifan Lokal Dapat Menjadi Bekal Membuka & Masuk Dalam Gerbang Indonesia Emas Tahun 2045*

26 May 2024 - 10:32 WIB

*Persiapan Generasi Milenial Hari Ini Untuk Membuka & Masuk ke Gerbang Indonesia Emas Pada Tahun 2045*

26 May 2024 - 00:46 WIB

Peran Pengacara di Pengadilan

21 May 2024 - 11:58 WIB

Peran Pengacara di Pengadilan
Trending di Bisnis