Pada era seperti saat ini, perkembangan dan persaingan dalam bisnis semakin ketat. Tak hanya transaksi jual beli saja yang harus diperhatikan, namun untuk bisa bertahan dan memenangkan sebuah persaingan dalam sebuah bisnis diperlukan pengetahuan dan wawasan dalam memahami apa yang pelanggan kita inginkan dan memanfaatkan secara penuh teknologi yang berkembang pada saat ini. Hal tersebut tertuang dalam definisi yang disebut dengan Marketing Mix atau bauran pemasaran.
Apa itu Marketing Mix?
Marketing Mix didefinisikan sebagai sebuah strategi dalam pemasaran yang memadukan beberapa elemen bisnis untuk mencapai suatu target marketing yang telah ditetapkan. Menurut Jerome McCarthy pada tahun 1960, Marketing Mix memiliki 4 variabel utama yang terdiri dari Product, Price, Place dan Promotion.
Berikut adalah penjelasan dari 4 variabel utama pada Marketing Mix:
Berikut merupakan pengertian dari variabel yang ada pada Marketing Mix:
1. Product
Variabel Produk dalam bauran pemasaran mengacu pada karakteristik pada produk yang ditawarkan yang bisa berupa barang, layanan atau merek. Penilaian pelanggan terhadap produk yang dijual harus diinformasikan sebagai riset pasar dimana feedback atau umpan balik dari pelanggan akan digunakan untuk mengembangkan atau membuat produk baru.
2. Price
Fokus dari variabel Price adalah untuk menentukan harga dari sebuah produk yang dinilai sebanding dengan kualitas produk yang dijual. Hal ini difokuskan untuk membuat pelanggan yang potensial dan loyal terhadap produk yang kita tawarkan.
3. Place
Variabel Place pada bauran pasar mengacu pada bagaimana produk kita mudah didapatkan oleh pelanggan.
4. Promotion
Promotion mengacu pada bagaimana komunikasi untuk menginformasikan pada pelanggan dan pemangku kepentingan lainnya agar produk kita dapat diketahui oleh mereka, baik dari segi kualitas barang maupun fungsional barang.
Terkait pengertian diatas, peran dari Media Digital juga berpengaruh dalam membantu untuk mengimplementasikan strategi dari Marketing Mix dan Technopreneurship. Media Digital dapat dimanfaatkan sebagai tempat untuk menjual, mempromosikan suatu produk dan riset pasar. Platform yang ada pada Media Digital seperti Platform E-Commerce, Media Sosial dan lain-lain dapat membantu untuk mengimplementasikan Marketing Mix yang direncanakan.
Untuk memenangkan persaingan pasar, banyak aspek yang harus anda perhatikan tidak hanya dari pandangan pada produk anda saja, namun konsumen, komunikasi dan relasi dapat berdampak pada bisnis yang anda jalankan. Oleh karena itu denga memahami Marketing Mix adalah untuk membantu anda untuk menemukan sebuah strategi marketing yang efektif dan menghindari resiko yang akan terjadi pada persaingan pasar.
Baca juga: Marketing Mix: Konsep dan Contoh Penerapannya di Bisnis