Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Pendidikan · 9 Jul 2023 14:06 WIB ·

Ikut Program MSIB, Berikut Pengalaman Mahasiswa UPN Veteran Jatim


 Ikut Program MSIB, Berikut Pengalaman Mahasiswa UPN Veteran Jatim Perbesar

Program Magang Studi Independen Bersertifikat (MSIB) merupakan program yang diadakan pemerintah yang dapat diikuti oleh semua mahasiswa yang berasal dari Perguruan Tinggi di bawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Sumber: Website Kampus Merdeka

Program Studi Independen yang merupakan bagian dari program MSIB adalah program yang dibuat untuk mahasiswa agar dapat belajar dalam dunia Industri yang ada di berbagai daerah di Indonesia. Program tersebut memiliki tujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa agar dapat belajar di luar bidangnya dan memliki persiapan langsung untuk terjun ke dunia Industri.

Royan Hisyam Rafliansyah mahasiswa UPN “Veteran” Jawa Timur  menceritakan pengalamannya mengikuti program studi independen dengan aktivitas UI/UX.  Dalam kesempatan tersebut PT. Bisa Artifisial Indonesia menjadi mitra program Studi Independen Kampus Merdeka, dimana perusahaan tersebut menyediakan program yaitu BISA AI Academy.

Sumber: BISA AI Academy

BISA AI Academy merupakan startup digital berbasis edukasi teknologi yang fokus pada pembelajaran terkait Kecerdasan Artifisial (AI), Ilmu Data (Data Science) dan subset lainnya. BISA AI Academy diperkasai oleh M. Octaviano Pratama, M.Kom, dimana beliau merupakan direktur utama dari PT. Bisa Artifisial Indonesia.

“Dia merupakan penggerak dalam mendukung perkembangan inovasi dan teknologi pendidikan di Indonesia. BISA AI Academy mengkurasi dan melokalkan program/kursus internasional untuk upskilling atau reskilling pemuda dan tenaga kerja menuju pekerjaan masa depan.,” terang Royan.

Program yang diikuti Royan yaitu UI/UX. Program tersebut merupakan salah satu program pelatihan yang diadakan oleh BISA AI Academy yang berfokus tentang User Interface dan User Experience yang bertujuan untuk memperkenalkan tentang UI/UX kepada pelajar. Diharapkan para peserta program dapat mengembangkan produk UI/UX yang memiliki dampak sosial.

“Program ini berfokus pada User Interface dan User Experience, seperti Design System, Prototyping, UI Research, dan High Fidelity Wireframing,” ujarnya.

Program UI/UX ini dimulai sejak 16 Februari hingga 30 Juni 2023. Metode pembelajaran yang digunakan dilaksanakan secara daring dan mandiri. Pembelajaran daring menggunakan platform TAMPIL. Pembelajaran daring berlangsung setiap hari Senin hingga Jumat yang dibagi menjadi empat sesi, yaitu pagi, siang, sore, dan malam. Pembelajaran mandiri biasa dilakukan melalui platform bisa design.

Selama mengikuti program ini, peserta diharuskan mengikuti program dari awal hingga selesai, mematuhi aturan program, mematuhi aturan kelas yang dibuat bersama mentor, membuat laporan harian dan mingguan di website Kampus Merdeka, dan ditutup menyelesaikan Proyek Akhir atau Proyek Capstone beserta laporannya.

Adapun modul pembelajaran yang diajarkan pada program ini terbagi menjadi sembilan modul pembelajaran yaitu Pengenalan User Interface dan User Experience, UI Research, UX Research, UI Design, Prototyping, Design System, UI Testing, tugas kelompok, dan project akhir.

Pada akhir program, setiap peserta diharuskan untuk membuat proyek akhir dari kegiatan pembelajaran Studi Independen Bersertifikat. Dalam proyek akhir UI/UX Program ini peserta diarahkan untuk menghasilkan output berupa prototyping sebuah aplikasi. Proyek akhir ini dikerjakan secara berkelompok dengan tiga anggota setiap kelompoknya.

Dalam pengerjaan proyek akhir, setiap tim didampingi oleh mentor-mentor yang ada di BISA AI Academy. “Saya bersama tim memilih untuk membuat aplikasi e-commerce yang dikhususkan untuk brand lokal. Yang kami beri nama local store. Aplikasi tersebut berguna memudahkan setiap orang untuk mencari barang lokal yang sudah dipastikan ke originalan nya,” tutur Royan.

Selama mengikuti program Studi Independen di BISA AI Academy, Royan mendapatkan banyak pengetahuan dan pengalaman yang baru, seperti pengembangan soft skill dalam cara berkomunikasi yang baik dan berpikir secara kritis serta pada hardskill, menjadi semakin tahu akan User Interface dan User Experience. Menurutnya mahasiswa yang memiliki minat mengenai bidang UI/UX, direkomendasikan untuk dapat ikut dalam program Studi Independen di BISA AI Academy.

Artikel ini telah dibaca 19 kali

Baca Lainnya

Tim PKM RSH UMS, Lakukan Penelitian Tentang Taktik Bahasa dalam Kejahatan Siber

24 June 2024 - 12:01 WIB

Pemanfaatan Sampah Dapur Menjadi Cairan Serbaguna bersama Mahasiswa Pengabdian Masyarakat UPN “Veteran” Jawa Timur

22 June 2024 - 18:26 WIB

Sosialisasi “Pentingnya Sertifikasi Halal bagi UMKM Muda di Desa Candi, Kab. Sidoarjo”

20 June 2024 - 11:06 WIB

Kerja Bakti “Pembersihan Sampah Sekitar Sungai di Desa Ciburial RW 7

15 June 2024 - 21:50 WIB

Kegiatan Pengolahan Sampah Terpadu di Desa Ciburial “Mengubah Sampah Organik Menjadi Pupuk Kompos”

15 June 2024 - 21:43 WIB

Profil Desa Ciburial: Keindahan Alam yang Membutuhkan Pengelolaan Sampah Terpadu

15 June 2024 - 21:33 WIB

Trending di Pendidikan