Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Teknologi · 25 Dec 2022 22:26 WIB ·

Dispendukcapil Surabaya Gandeng Mahasiswa Optimalkan Layanan Pengaduan Dengan Konsep Omnichannel


 Dispendukcapil Surabaya Gandeng Mahasiswa Optimalkan Layanan Pengaduan Dengan Konsep Omnichannel Perbesar

Program pemerintah kemendikbud merdeka belajar – kampus merdekan (MBKM) saat ini hadir kembali dengan inovasi yang memberikan ilmu sekaligus pengalaman di dunia profesi bagi mahasiswa mahasiswi seluruh Indonesia. Saat ini program merdeka belajar – kampus merdekan (MBKM) berkolaborasi dengan beberapa mitra dari instansi, seperti pemerintah, swasta, BUMN/BUMD, serta yayasan. Kali ini instansi pemerintah yang bergerak dibidang administrasi kependudukan yaitu Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya turut dalam program merdeka belajar – kampus merdekan (MBKM). Program merdeka belajar – kampus merdekan (MBKM) Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya diselenggarakan pada tahun 2022 dimulai dari bulan Agustus hinggan Desember.

Saat ini jumlah permohonan informasi dan pengaduan keluhan berbanding lurus dengan peningkatan kesadaran masyarakat terkait administrasi kependudukan. Hal tersebut mengakibatkan meningkatnya permohonan administrasi kependudukan, maka kebutuhan layanan pengaduan semakin meningkat dari sisi kapasitas petugas dan sistem penunjang layanan pengaduan. Berdasarkan hal tersebut Dispendukcapil terus melakukan inovasi dalam menjawab pengaduan administrasi kependudukan. Inovasi tersebut menggunakan prinsip Customer Relationship Management (CRM) dalam pelayanan administrasi kependudukan yang mengelola hubungan antara pihak DISPENDUKCAPIL dengan pemohon layanan administrasi kependudukan selalu customer.

Salah satu langkah untuk peningkatan kualitas layanan pengaduan berbasis CRM ini adalah dengan menerapkan konsep OMNICHANNEL yang sedang trend di sektor privat, yang mana Dispendukcapil akan memaksimalkan komunikasi timbal balik antara petugas contact center dengan warga selaku customer layanan melalui berbagai chanel komunikasi yang berbeda secara terintegrasi dalam satu platform dan satu dashboard. Inovasi ini, diharapkan kapasitas layanan pengaduan ini akan meningkat dan masyarakat dapat merasakan manfaat yaitu kemudahan dalam menyampaikan kendala proses adminduknya. Dalam kegiatan ini mahasiswa akan terlibat dalam pengembangan operasional layanan pengaduan berbasis CRM berbasis OMNICHANNEL tersebut. Disamping itu mahasiswa bisa terlibat menjadi petugas call center maupun petugas dispatcher. Mahasiswa magang juga memiliki kesempatan terlibat penuh dalam mengolah data pengaduan / keluhan menjadi informasi yang diperlukan untuk bahan perbaikan layanan di masa selanjutnya.

 

 

 

 

Artikel ini telah dibaca 35 kali

Baca Lainnya

Zulpikar, Pengamat Politik Bank Zoel Institute : Banyak Kejanggalan Pada Pemilu 2024

20 February 2024 - 22:06 WIB

Rapat Tahun OJK, Ketua MPR RI Bamsoet Optimistis Perekonomian Nasional Meningkat Pasca Pemilu 2024

20 February 2024 - 17:46 WIB

Pelaku Penganiayaan di Patikraja Banyumas Dibekuk Polisi

20 February 2024 - 15:04 WIB

Babinsa Kratonan Dampingi Petugas Dinsos Cek Warga Terlantar

19 February 2024 - 18:54 WIB

Kelelahan luar biasa jadi penyebab ketua kpps di ujung Berung Bandung meninggal dunia

18 February 2024 - 13:09 WIB

*Terjadi Kelalaian Pemungutan Suara di TPS 02 Kel. Bulogading Kec. Ujung Pandang, Warga Desak KPU Lakukan Pemiligan Suara Ulang*

18 February 2024 - 11:28 WIB

Trending di Bisnis