Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Bisnis · 22 Dec 2022 01:36 WIB ·

Data dan Analisis Adalah Kombinasi yang Bombastis.


 Data dan Analisis Adalah Kombinasi yang Bombastis. Perbesar

Meski terdengar standar, saat bisa menganalisis data dengan baik, problem apapun bisa dipahami lebih intens. Dengan begini, keputusan yang lebih efektif dan efisien bisa diambil, plus dengan penjelasan yang bisa dipertanggung jawabkan. 

Katanya sih data analytics lagi berkembang pesat. Apalagi isu resesi belakangan ini yang meningkat pesat menjadi problem tersendiri. Di era resesi tentunya data analis menjadi subjek utama menuntaskan masalah ini. Mereka menganalisis big data untuk mengidentifikasi tren, sehingga dapat melakukan prediksi bisnis berdasar data dan mendukung manajemen mengambil strategi bisnis yang relevan. Tapi ini masih berbasis pada ‘katanya’. Semoga indonesia ngga kena resesi sih. 

Eitsss, Jangan salah. Meski ngga ada resesi, permintaan untuk pekerjaan ini tinggi banget loh. 

Nah mengapa analisis data ini penting? 

Karena, dari data ini dapat ditemukan banyak hal. Semakin besar data, semakin kompleks juga permasalahan data tersebut. Semakin kompleks data, tentu opportunity-nya juga akan semakin besar.

Untuk 5 bulan terakhir ini, saya mengikuti program studi independen Batch 3 dengan tema Data Anaytics, dimana program pembelajaran ini dilakukan dengan metode remote. Bitlabs Academy menjadi tujuan utama untuk saya belajar data analis ini. 

Mengapa??

Mentor berpengalaman dan expert di bidangnya, modul pembelajaran yang understandable, assignment yang relevan dengan kebutuhan industri, dan tentunya yang digandang-gandangkan adalah real industry study case akan didapatkan di sini. Selain itu, Bitlabs academy ini dinilai sangat teratur dan kompeten serta bertanggung jawab. 

Di sepuluh minggu pertama, dilakukan In Class Training sebagai pembekalan skill yang dibutuhkan perusahaan (hardskill dan softskill). Minggu ke-11, melakukan mini project dengan status open data dari Worldbank WDI. Untuk minggu 12 sampai minggu terahir ini, ditugaskan untuk mempraktikkan ilmu, bereksperimen, dan mendapatkan pengalaman kerja nyata. 

Dengan sistem pembelajaran yang diterapkan Bitlabs Academy ini dinilai sangat efektif karena dapat menilai kemampuan individu tiap peserta dan juga kemampuan peserta dalam bekerja di dalam tim.

Artikel ini telah dibaca 47 kali

Baca Lainnya

Zulpikar, Pengamat Politik Bank Zoel Institute : Banyak Kejanggalan Pada Pemilu 2024

20 February 2024 - 22:06 WIB

Rapat Tahun OJK, Ketua MPR RI Bamsoet Optimistis Perekonomian Nasional Meningkat Pasca Pemilu 2024

20 February 2024 - 17:46 WIB

Pelaku Penganiayaan di Patikraja Banyumas Dibekuk Polisi

20 February 2024 - 15:04 WIB

OJK-BPK Perkuat Kompetensi Pengendalian Kualitas Pengawasan IJK

20 February 2024 - 11:03 WIB

Perpres Nomor 19/2024 Diharapkan Mampu Akselerasi Industri Gim Nasional

20 February 2024 - 10:54 WIB

Babinsa Kratonan Dampingi Petugas Dinsos Cek Warga Terlantar

19 February 2024 - 18:54 WIB

Trending di Bisnis