Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Pendidikan · 22 Dec 2022 09:56 WIB ·

Yuk, Belajar Cloud Computing for Jobseekers bersama Chairos Academy melalui Program Studi Independen Bersertifikat Kampus Merdeka


 Yuk, Belajar Cloud Computing for Jobseekers bersama Chairos Academy melalui Program Studi Independen Bersertifikat Kampus Merdeka Perbesar

Kampus Merdeka adalah bagian dari kebijakan Merdeka Belajar oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) yang memberikan seluruh mahasiswa kesempatan untuk mengasah kemampuan sesuai bakat dan minat dengan terjun langsung ke dunia kerja sebagai langkah persiapan karier. Salah satu dari program yang ada pada Kampus Merdeka yaitu Studi Independen. Studi independen merupakan program belajar mandiri yang mana mahasiswa akan diberikan bekal teori juga proyek riil atau studi kasus yang dikerjakan bersama. Selain itu mahasiswa Studi Independen juga diberikan pengetahuan dan keterampilan untuk siap di dunia industri.

 

Kegiatan Studi  Independen  Bersertifikat  (SIB) “Cloud Computing for Jobseekers” yang diadakan oleh PT Chairos International Ventures merupakan kombinasi kuliah di luar kampus dengan 20 SKS dan pelatihan untuk mempersiapkan individu agar siap berkarir di bidang teknologi cloud.

 

PT Chairos International Ventures (CIV) didirikan pada tahun 2016 sebagai perusahaan teknologi dan media. Menyadari perlunya peningkatan keterampilan pemuda Indonesia dan mendapat panggilan untuk melaksanakannya oleh para pemimpin bangsa, CIV meluncurkan divisi pelatihan Industri 4.0 yang khusus berfokus pada Cloud Computing. CIV bermitra dengan organisasi terkemuka di industri untuk membangun kursus Cloud Computing kelas atas yang disebut, “Cloud Computing for Jobseekers”. Dengan komputasi awan menjadi salah satu teknologi dasar untuk Industri 4.0, sangat penting bagi masyarakat Indonesia untuk dilatih menjadi ahli pada bidang tersebut dimulai dari tingkat Universitas.

 

Saya Miftahur Rohman merupakan mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur prodi sistem informasi yang berhasil lolos dalam seleksi mengikuti kegiatan Studi Independen Kampus Merdeka batch 3 di PT. Chairos International Ventures (Chairos Academy).

 

Program Studi Independen batch 3 ini dimulai dari bulan Agustus hingga Desember 2022. Untuk pelaksanaannya dilakukan secara daring atau dalam jaringan melalui media platform zoom. Juga terdapat modul (LMS) yang dapat diakses di website orbit guru sebagai bahan untuk pembelajaran mandiri. Seluruh peserta dibagi menjadi beberapa kelas. Pasa setiap kelas dibimbing oleh homeroom coach yang juga selaku mentor selama program ini berlangsung.

 

Rangkaian kegiatan dalam program studi independen “Cloud Computing for Jobseekers” meliputi pembelajaran melalui video conference, tugas individu maupun kelompok, pretest sebelum pemberian materi dan juga postest setelah pemberian materi serta projek akhir dalam bentuk tim. Adapun materi-materi yang akan dipelajari pada program ini meliputi pengenalan cloud computing, pengelolaan database, pemrograman python, dasar-dasar dari pengoperasian linux, dan juga cara untuk mendeploy di Amazon Web Service (AWS).

 

Pada akhir pembelajaran terdapat tugas pembuatan proyek akhir. Dimana masing-masing dari setiap kelompok yang telah dibentuk untuk menerapkan apa saja yang telah dipelajari selama program telah berlangsung. Waktu yang diberikan untuk membuat proyek akhir dari perumusan ide, pembuatan architecture design, deploy di AWS, penyusunan laporan, presentasi proyek hingga revisi laporan sebanyak 2 bulan. Setelah selesai pembuatan proyek akhir, dilakukan ujian akhir terkait materi-materi yang sudah dipelajari selama program berlangsung. Sebagai penutupan program, terdapat sesi wisuda sebagai tanda dimana program Studi Independen yang sedang dijalani telah selesai. Berikut dokumentasi pada sesi wisuda :

Melalui program Studi Independen Bersertifikat “Cloud Computing for Jobseekers” diharapkan mahasiswa dapat mengembangkan kompetensi dirinya baik itu hard skill maupun soft skill yang dapat berguna di masa depan. Saya merasa senang bisa mengikuti program MBKM pada semester ini, semoga kedepannya cakupan program ini bisa semakin luas sehingga memberikan ruang lebih bagi mahasiswa untuk berekspresi.

Artikel ini telah dibaca 24 kali

Baca Lainnya

Naik Bus, Ganjar-Mahfud Hadiri Sidang Perdana Sengketa Pilpres di MK

9 May 2024 - 10:39 WIB

Antisipasi sesar lembang.brin dorong bangunan di bandung gunakan anti gempa

8 May 2024 - 20:13 WIB

Tak Lagi Nyaleg DPR RI, Ono Surono: Saya Diperintah Nyalon DPRD Jabar

8 May 2024 - 19:02 WIB

Ganjar-Mahfud Resmi Deklarasi Oposisi!

8 May 2024 - 17:55 WIB

Jokowi Rajin Bagi-bagi Bansos, Uang Dari Mana? Ini Kata Sri Mulyani

6 April 2024 - 10:59 WIB

Saat Presiden Sukarno Tidak Punya Uang Menjelang Lebaran????

1 April 2024 - 19:11 WIB

Trending di Bisnis