Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Pendidikan · 19 May 2022 04:36 WIB ·

Tingginya Angka Korban Kekerasan Seksual Dalam Dunia Pendidikan


 Tingginya angka kekerasan seksual dalam dunia pendidikan Perbesar

Tingginya angka kekerasan seksual dalam dunia pendidikan

” Sekolah sejatinya menjadi tempat untuk berlindung dan sarana untuk menimba ilmu bagi siswa. Namun, kekerasan seksual menjadi kekhawatiran besar bagi para siswa.”

Berdasarkan data dari Komnas Perempuan, dalam tujuh tahun terakhir ini laporan kasusnya paling banyak muncul pada tahun 2020. Kasus kekerasan seksual terhadap perempuan dalam dunia pendidikan tidak ada hentinya. Angka korban dalam kekerasan seksual mengalami peningkatan.

Komnas Perempuan mengatakan, selama periode 2017-2021 kasus kekerasan seksual di lingkungan pendidikan paling banyak terjadi di perguruan tinggi, yakni  sejumlah 35 kasus. Diikuti dengan lingkungan sejumlah 16 kasus, dan Sekolah Menengah Atas (SMA) memperoleh jumlah 15 kasus. Dengan jumlah kasus yang sangat besar, perlu adanya tindakan penanganan yang harus dilakukan oleh pemerintah.

upaya penanganan kekerasan seksual dalam dunia pendidikan

Upaya Penanganan Kasus

Anggota Komisi X DPR RI mengatakan, keberpihakan dan dukungan komunitas di setiap perguruan tinggi dan satuan pendidikan lainnya dalam pencegahan dan perlindungan terhadap korban kekerasan seksual di lingkungan masing-masing perlu ditingkatkan.

Selanjutnya, upaya dari pemerintahan untuk menangani kondisi ini adalah melalui pemberlakuan Peraturan Mendikbud Ristek Nomor 30 Tahun 2021 tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual di Lingkungan Perguruan Tinggi. Penerapan regulasi tersebut perlu adanya pengawasan dalam lapangan, demi menciptakan keamanan yang kondusif bagi seluruh peserta didik.

Artikel ini telah dibaca 18 kali

Baca Lainnya

Pemanfaatan Sampah Dapur Menjadi Cairan Serbaguna bersama Mahasiswa Pengabdian Masyarakat UPN “Veteran” Jawa Timur

22 June 2024 - 18:26 WIB

Sosialisasi “Pentingnya Sertifikasi Halal bagi UMKM Muda di Desa Candi, Kab. Sidoarjo”

20 June 2024 - 11:06 WIB

Kerja Bakti “Pembersihan Sampah Sekitar Sungai di Desa Ciburial RW 7

15 June 2024 - 21:50 WIB

Kegiatan Pengolahan Sampah Terpadu di Desa Ciburial “Mengubah Sampah Organik Menjadi Pupuk Kompos”

15 June 2024 - 21:43 WIB

Profil Desa Ciburial: Keindahan Alam yang Membutuhkan Pengelolaan Sampah Terpadu

15 June 2024 - 21:33 WIB

Tax Policy and Economic Elites: Going Where the Money is Earmarking

12 June 2024 - 05:59 WIB

Trending di Pendidikan