Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Bisnis · 15 Feb 2023 15:29 WIB ·

Teleskop ruang angkasa James Webb yang baru senilai 10 miliar dolar yang sebagian besar terbuat dari cermin. Mengapa para ilmuwan tidak khawatir teleskop tersebut pecah ditabrak komet dan asteroid?

Q: Teleskop ruang angkasa James Webb (JWST) yang baru senilai 10 miliar dolar yang sebagian besar terbuat dari cermin.

A: “Baru” itu relatif – pengembangannya dimulai tahun 1996, dan sudah selesai sejak tahun 2016.

Q: Mengapa para ilmuwan tidak khawatir teleskop tersebut pecah ditabrak komet dan asteroid?

A: Karena ruang angkasa tidak terlihat seperti iniSederhananya, ruang angkasa itu besar dan kosong. Kemungkinan tabrakan dengan asteroid atau komet hampir mendekati nol, tapi JWST bisa bermanuver untuk menghindar jika ada asteroid atau komet yang terlalu dekat dengan titik librasi L2.

Mikrometeorit memang sulit untuk dideteksi, tapi bagi sebagian besar wahana antariksa, puing-puing antariksa adalah risiko yang lebih besar. Akan tetapi, JWST akan ditempatkan jauh dari Bumi di mana hanya ada sedikit puing-puing antariksa.

Selain itu, JWST terbuat dari banyak cermin. Jika salah satu cermin hilang, cermin lainnya masih bisa digunakan, artinya efisiensi akan menurun tapi teleskop tidak sepenuhnya rusak.

Catatan penerjemah: titik librasi L2 berfungsi untuk menempatkan satelit atau wahana antariksa di tempat yang relatif stabil dan tidak membutuhkan bahan bakar yang banyak untuk mempertahankan posisi.

Artikel ini telah dibaca 12 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Gelaran F1 Powerboat Gairahkan Pergerakan Penumpang di Bandara Raja Sisingamangaraja XII

4 March 2024 - 07:00 WIB

AP II Bersama InJourney Group Kembangkan Pariwisata Banyuwangi

3 March 2024 - 19:17 WIB

Diharapkan Bisa Diujicobakan Juli 2024, Ini Progres Pembangunan Bandara IKN

2 March 2024 - 07:00 WIB

Penggunaan Kereta Otonom di IKN Jadi Lompatan Teknologi Transportasi Masa Depan

2 March 2024 - 07:00 WIB

Pemerintah Optimistis Ekonomi Indonesia Tumbuh Solid di 2024

1 March 2024 - 17:01 WIB

Kain Ulos Asal Tarutung Diminati Pengunjung F1 Powerboat Danau Toba 2024

1 March 2024 - 16:45 WIB

Trending di Bisnis