Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Pendidikan · 24 Dec 2022 13:46 WIB ·

Selangkah Lebih Dekat Menjadi Talenta Industri melalui Program Kampus Merdeka


 Selangkah Lebih Dekat Menjadi Talenta Industri melalui Program Kampus Merdeka Perbesar

Masa pandemi yang perlahan-lahan dapat dilalui menjadi pembelajaran yang sangat bermanfaat bagi para pelajar dan mahasiswa. Masa tersebut mengajarkan bahwa seorang pelajar harus cepat beradaptasi dengan keadaan yang tiba-tiba berubah secara cepat. Sistem pembelajaran yang dulunya dilakukan tatap muka tiba-tiba dilakukan secara jarak jauh. Proses adaptasi tersebut dapat menjadi bekal bagi para pelajar jika nantinya perubahan keadaan secara mendadak terjadi kembali. Perkembangan dunia industri yang kian cepat menjadi momok besar bagi para mahasiswa dalam mempersiapkan karirnya dimasa yang akan datang. Banyak tuntutan yang perlu dipenuhi oleh mahasiswa agar dapat menjadi salah satu dari bagian pejuang industri dimasa depan. Hal ini seringkali membuat banyak dari mahasiswa menjadi kebingungan dalam menentukan bidang yang akan ditekuni. Saya adalah salah satu mahasiswa semester 5 Jurusan Informatika dari UPN “Veteran” Jawa Timur yang saat ini menjadi peserta dari program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB). MSIB saat ini menjadi salah satu bagian dari program Kampus Merdeka yang diselenggarakan oleh pihak Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. MSIB menjadi salah satu program yang banyak diminati oleh para mahasiswa semester tengah hingga akhir. Saya merupakan salah satu dari banyaknya peminat program tersebut, sehingga saya memilih untuk mengikuti program MSIB pada mitra PT Impactbyte Teknologi Edukasi (Skilvul).

Program Kampus Merdeka X Skilvul Tech4Impact
Banyak tahapan yang saya lewati sebelum akhirnya dengan matang memilih Skilvul sebagai mitra pada program MSIB angkatan 3. Tahapan seleksi yang saya hadapi terdapat seleksi berkas dan tes tulis. Setelah mengikuti berbagai seleksi dari beberapa mitra program MSIB, terdapat beberapa yang memberikan tawaran. Namun, dari banyaknya tawaran yang saya dapat hanya Skilvul yang menawarkan program yang sesuai dengan minat saya yaitu Back-End Web Development. Hal tersebut yang membuat saya merasa bahwa disitulah tempat yang cocok buat saya mengembangkan minat dan bakat saya. Selama program MSIB berlangsung banyak ilmu yang saya dapatkan selama mengikuti track Back-End Web Development mulai dari proses penyaringan keresahan-keresahan yang terjadi di masyarakat hingga menjadi sebuah solusi digital dalam menyelesaikan keresahan-keresahan tersebut. Pembelajaran yang dilakukan tidak hanya mengajarkan materi, tetapi juga memberikan contoh kasus dan cara penyelesaian kasus tersebut. Tenaga pengajarnya juga dari para expert yang sudah terjun langsung ke dunia industri, sehingga pengajar seringkali memberikan tips dan pengalaman yang sering dijumpai pada dunia industri.

Kegiatan diskusi kelompok

Solusi Digital : Aplikasi Mental-Meds

Di akhir program track Back-End dan Front-End akan digabung dalam menyelesaikan topik permasalahan yang sama. Pada program MSIB kali ini solusi digital yang dibuat oleh saya dan kelompok saya adalah aplikasi Mental-Meds. Aplikasi Mental-Meds merupakan sebuah aplikasi yang ditujukan untuk memfasilitasi masyarakat dalam membuka wawasannya mengenai pentingnya penanganan gangguan kejiwaan dan mengurangi stigma buruk tentang gangguan kejiwaan. Fitur utama yang disediakan oleh aplikasi ini adalah pemesanan konsultasi dengan psikolog dengan metode online secara empat mata.

Aplikasi Mental-Meds

Dari pengerjaan tugas akhir tersebut, saya dapat merasakan bahwa betapa susahnya menyatukan dua bidang dalam mencapai tujuan yang sama dan berkolaborasi dengan bidang lain, sehingga hal tersebut menjadi pengalaman berharga yang telah saya dapat dari program MSIB. Program ini juga mengajarkan saya bagaimana tata cara beradaptasi dengan kondisi industri yang sering berubah-ubah. Oleh karena itu, saya harap rangkaian program MSIB dan Kampus Merdeka dapat berjalan terus menerus dalam mencetak talenta digital yang siap untuk terjun ke dunia industri.

Artikel ini telah dibaca 47 kali

Baca Lainnya

Pemanfaatan Sampah Dapur Menjadi Cairan Serbaguna bersama Mahasiswa Pengabdian Masyarakat UPN “Veteran” Jawa Timur

22 June 2024 - 18:26 WIB

Sosialisasi “Pentingnya Sertifikasi Halal bagi UMKM Muda di Desa Candi, Kab. Sidoarjo”

20 June 2024 - 11:06 WIB

Kerja Bakti “Pembersihan Sampah Sekitar Sungai di Desa Ciburial RW 7

15 June 2024 - 21:50 WIB

Kegiatan Pengolahan Sampah Terpadu di Desa Ciburial “Mengubah Sampah Organik Menjadi Pupuk Kompos”

15 June 2024 - 21:43 WIB

Profil Desa Ciburial: Keindahan Alam yang Membutuhkan Pengelolaan Sampah Terpadu

15 June 2024 - 21:33 WIB

Tax Policy and Economic Elites: Going Where the Money is Earmarking

12 June 2024 - 05:59 WIB

Trending di Pendidikan