Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Bisnis · 22 Dec 2022 14:13 WIB ·

SEAL dan Mahasiswa MSIB Bangun Aplikasi untuk Evolusi Pelaku UMKM


 SEAL dan Mahasiswa MSIB Bangun Aplikasi untuk Evolusi Pelaku UMKM Perbesar

“Jumlah UMKM di Indonesia sangat besar, tetapi produktivitasnya masih kurang optimal”

Kalimat tersebut diucapkan oleh Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, dalam pidatonya pada Indonesia Cities Festival (ICCF) 2022, Senin (12/12/2002). Beliau juga menyebutkan perlu adanya evolusi UMKM yang dapat dicontoh dari beberapa negara yang telah melibatkan peran universitas dan pemuda.
Sejak Agustus lalu, Social Economic Accelerator Lab (SEAL) bersama dengan mahasiswa melalui program Kampus Merdeka MSIB, termasuk saya, melakukan riset terhadap UMKM khususnya di daerah Surabaya untuk mengetahui secara langsung hal apa yang sebenarnya menyulitkan pelaku UMKM dalam berevolusi atau naik kelas.
Hasilnya adalah diketahui bahwa pelaku UMKM masih terbatas pada modal secara materi maupun pengetahuan sehingga UMKM terjebak di level yang sama.
Dalam membantu UMKM Indonesia untuk dapat berevolusi, kami termotivasi untuk membangun Learning Management System (LMS) berbasis web bernama UMKMVERSE.

proses development UMKMVERSE

UMKMVERSE menghadirkan tiga layanan unggulan, yaitu : kursus, event, dan mentoring yang dipandu oleh pembicara maupun mentor unggulan yang ahli di bidangnya.
Kami harap dengan adanya UMKMVERSE pelaku UMKM Surabaya hingga seluruh Indonesia dapat berevolusi membuat usaha mereka naik ke level selanjutnya

Foto bersama tim SEAL Surabaya

Artikel ini telah dibaca 57 kali

Baca Lainnya

Naik Bus, Ganjar-Mahfud Hadiri Sidang Perdana Sengketa Pilpres di MK

9 May 2024 - 10:39 WIB

Antisipasi sesar lembang.brin dorong bangunan di bandung gunakan anti gempa

8 May 2024 - 20:13 WIB

Tak Lagi Nyaleg DPR RI, Ono Surono: Saya Diperintah Nyalon DPRD Jabar

8 May 2024 - 19:02 WIB

Ganjar-Mahfud Resmi Deklarasi Oposisi!

8 May 2024 - 17:55 WIB

Google Ads Bantu UMKM Jangkau Lebih Banyak Customer

6 May 2024 - 13:21 WIB

Google Ads

Menteri ATR/Kepala BPN Serahkan Piala Bergilir Kompetisi Proliga 2024

26 April 2024 - 13:06 WIB

Trending di Bisnis