Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Bisnis · 11 Feb 2023 13:03 WIB ·

SANGAT BENAR untuk saat ini. Kesalahan fatal pendidikan S2 di Indonesia saat ini adalah mengijinkan lulusan S1 fresh graduate langsung bisa kuliah S2.

Jaman saya dulu (sebelum 2005) syarat untuk bisa kuliah S2 negeri adalah wajib bekerja / profesional minimal 5 tahun dan bisa dibuktikan resmi. Saat itu ngga heran yang mau kuliah S2 minimal punya pangkat supervisor — manager. Jadi ada fail safe nya lah untuk pekerjaan. Mereka kuliah lagi untuk jenjang karir yang lebih tinggi.

Sekarang kan tidak begitu. Lulusan S2 banyak yang bodongan (tidak punya pengalaman kerja). Dulunya lulus S1 cap belum kering udah bisa daftar kuliah S2. Pas lulus tidak punya pengalaman kerja sama sekali. Pemilik usaha / rekruiter juga bingung, mau ditarok posisi dimana. Jadi supervisor apa manajer langsung, tidak ada pengalaman. Bisa rusak usaha. Mau dikasih entry level job / management trainee kayak S1 kok overspek, mintanya mahal. Mending ditolak sekalian. Kalau ngeyel, ya harus nurut gaji sama kayak S1. Rekruiter pun senang, ibarat dapat BMW keluaran terbaru gres seharga kijang kapsul.

Dilemanya disitu, jadi ngga heran kenapa pasaran S2 untuk new entry job, sekarang (2023) standar salary nya turun drastis nyaris sama kayak S1. Karena overspek dan pengalaman kerja nol. Buntut2nya jadi admin atau akademisi di almamater tercinta…. ?

S2/S3 itu hanya berhasil baik untuk mencari kerja ke jenjang karir yang lebih tinggi dan jadi akademisi, bukan untuk new entry job.

Artikel ini telah dibaca 47 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Peran Pengacara di Pengadilan

21 May 2024 - 11:58 WIB

Peran Pengacara di Pengadilan

Semangat Kebangkitan Nasional Untuk Energi Menuju Indonesia Emas

20 May 2024 - 15:42 WIB

Naik Bus, Ganjar-Mahfud Hadiri Sidang Perdana Sengketa Pilpres di MK

9 May 2024 - 10:39 WIB

Antisipasi sesar lembang.brin dorong bangunan di bandung gunakan anti gempa

8 May 2024 - 20:13 WIB

Tak Lagi Nyaleg DPR RI, Ono Surono: Saya Diperintah Nyalon DPRD Jabar

8 May 2024 - 19:02 WIB

Ganjar-Mahfud Resmi Deklarasi Oposisi!

8 May 2024 - 17:55 WIB

Trending di Bisnis