Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Pendidikan · 19 May 2022 09:44 WIB ·

Ragam Manfaat Kegiatan Menulis Yang Perlu Kalian Ketahui


 Ragam Manfaat Kegiatan Menulis Yang Perlu Kalian Ketahui Perbesar

Apa sih kegiatan menulis itu?

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering kali dihadapkan dengan kegiatan menulis. Entah itu menulis catatan, menulis tugas, atau bahkan menulis karya ilmiah maupun buku. Tapi, menulis tidak hanya pada media kertas saja, di era teknologi saat ini, kita bisa menulis di media lain seperti smartphone, laptop, komputer dan lain sebagainya. Meskipun media yang digunakan untuk menulis sangat banyak, tapi bisa dipastikan bahwa kegiatan menulis di media apapun dapat memberikan manfaat yang sama.

Salah satu manfaat menulis

Salah satu manfaat yang bisa didapat apabila kita menulis adalah meningkatnya kreativitas penulis. Karena saat menulis, kita otomatis akan terus mencari ide baru untuk dituangkan menjadi sebuah tulisan. Nah, hal tersebut merupakan salah satu manfaat kegiatan menulis.

Di dalam artikel ini, kita akan membahas apa saja manfaat yang bisa kita dapat dari kegiatan menulis. Nah apa saja sih manfaat kegiatan menulis itu?

Beberapa manfaat kegiatan menulis:

Dapat meningkatkan kreativitas otak.

Dalam menulis, kita akan menggunakan otak kita untuk terus mencari ide-ide baru untuk dituangkan dalam sebuah tulisan. Hal ini tentunya dapat melatih otak kiri dan kanan kita. Dengan otak kiri dan kanan yang terus dilatih tersebut, menyebabkan penulis menjadi lebih kreatif. Menurut para peneliti dari Universitas Greifswald di Jerman, mereka telah mengamati jaringan luas dari otak manusia yang bekerja sama ketika mereka menulis. Penelitian tersebut menemukan bahwa menulis dapat meningkatkan kreativitas seseorang (Lotze et al, 2014). Penelitian yang dilaporkan oleh Carl Zimmer (2014) juga menguatkan banyak penelitian lain yang menunjukkan bahwa menulis dikaitkan dengan peningkatan kreativitas.

Dapat memperkuat daya ingat otak.

Dengan menulis, kita akan secara teratur melatih dan menggunakan otak kita secara aktif, yang dapat membantu meningkatkan kapasitas memori otak. Dalam proses menulis, tidak hanya tangan dan mata yang bekerja, tetapi otak manusia juga bekerja. Otak bekerja mulai dari menemukan ide menulis, merencanakan menulis, dan hingga menulis selesai. Otak manusia ibarat seperti otot yang perlu dilatih setiap saat agar tetap kuat. Dengan sering menulis maka juga bisa mengurangi risiko dari penyakit pikun di usia muda.

Dapat membuat hidup kita lebih produktif.

Semakin rutin dan semakin sering kita menulis, maka semakin banyak juga karya yang dihasilkan dan hal tersebut akan membuat hidup kita menjadi lebih produktif. Menulis dapat membantu otak manusia lebih fokus untuk merencanakan sebuah kegiatan. Menulis juga bisa menjadi pemanasan otak sebelum memulai kegiatan, sehingga otak manusia sudah siap dalam menjalani kegiatan.

Dapat meredakan stress dan memperbaiki mood.

Saat menulis, kita dapat mencurahkan emosi yang dirasakan atau ditahan baik positif dan negatif. Karena kita dapat menceritakan atau mengekspresikan emosi kita langsung ke dalam tulisan. Bagi orang yang kesulitan dalam mengungkapkan emosi yang dirasakan melalui lisan, akan lebih baik jika orang tersebut mengungkapkan kekesalannya melalui tulisan. Tulisan-tulisan atau bacaan-bacaan “ringan” dari orang lain yang kaya dengan anekdot, cerita dan pengalaman lucu bisa pula menjadi bacaan pelipur lara atau untuk melepaskan ketegangan setelah seharian sibuk beraktivitas.

 

Penutup

Dengan banyaknya manfaat menulis yang ada, alangkah lebih baiknya kita mulai menulis dari sekarang. Karena lebih baik memperbanyak kegiatan positif seperti menulis dan lain sebagainya. Dari manfaat di atas, siapa nih yang mau menjadi penulis? Yuk kita semua semangat belajar menjadi penulis!

Artikel ini telah dibaca 8 kali

Baca Lainnya

Naik Bus, Ganjar-Mahfud Hadiri Sidang Perdana Sengketa Pilpres di MK

9 May 2024 - 10:39 WIB

Antisipasi sesar lembang.brin dorong bangunan di bandung gunakan anti gempa

8 May 2024 - 20:13 WIB

Tak Lagi Nyaleg DPR RI, Ono Surono: Saya Diperintah Nyalon DPRD Jabar

8 May 2024 - 19:02 WIB

Ganjar-Mahfud Resmi Deklarasi Oposisi!

8 May 2024 - 17:55 WIB

Jokowi Rajin Bagi-bagi Bansos, Uang Dari Mana? Ini Kata Sri Mulyani

6 April 2024 - 10:59 WIB

Saat Presiden Sukarno Tidak Punya Uang Menjelang Lebaran????

1 April 2024 - 19:11 WIB

Trending di Bisnis