Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Pendidikan · 19 Dec 2022 18:38 WIB ·

Program MSIB Studi Independen Batch 3 di NF COMPUTER


 Program MSIB Studi Independen Batch 3 di NF COMPUTER Perbesar

Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) adalah salah satu program gagasan Kemendikbud yang memiliki banyak manfaat bagi mahasiswa. Program ini memiliki tujuan untuk mendorong mahasiswa untuk meningkatkan kompetensi di berbagai bidang. Magang & Studi Independen Bersertifikat (MSIB) merupakan salah satu sub-program MBKM yang memberi kesempatan pada mahasiswa untuk mempelajari bidang yang ingin dikuasai oleh mahasiswa maupun merasakan belajar atau magang diluar kampusnya masing-masing. Sehingga setiap mahasiswa dapat memiliki pengalaman yang baru dalam menjalani pembelajarannya.

NF Computer merupakan bagian dari grup Nurul Fikri yang telah dipercaya oleh masyarakat Indonesia di bidang pendidikan dan peningkatan sumber daya manusia selama lebih dari 24 tahun. Alumni-alumninya sendiri telah berkiprah dan diakui kualitas kerja dan integritasnya oleh dunia usaha. Dan dalam kesempatan kali ini NF Computer menjadi mitra dari Kampus Merdeka dalam menyelenggarakan program MSIB(Magang dan Studi Independen Bersertifikat) di bidang Studi Independen. Dari beberapa topik yang dibahas dalam program studi independen yang di buka oleh NF Computer, tersedia materi mengenai Akademi Mobile App Developer. Proses kegiatan Studi Independen ini dapat diikuti secara online oleh peserta.

Sebagai peserta dari program studi independen yang dilaksanakan oleh NF Computer dengan topik pembahasan mengenai Akademi Mobile App Developer. Disini saya akan membagikan kesan dan pengalaman saya selama mengikuti program Studi Independen ini. Pada tanggal 18 Agustus 2022, telah diadakan kegiatan Pisah Sambut MSIB batch 2 dan 3 dari pihak kampus merdeka yang menandakan dimulainya program MSIB batch 3.  Program ini dilaksanakan selama 5-6 bulan, mulai tanggal 18 agustus Р31 desember 2022.

 

Program Studi Independen dari NF Computer dimulai dengan penjelasan mengenai mekanisme pelaksanaan kegiataan di hari pertama. Beberapa aturannya yaitu, zoom meet akan dilaksanakan mulai hari senin hingga jumat yang terbagi menjadi 2 sesi, sesi pagi dimulai pada jam 08.00 hingga jam 12.00, dan sesi siang akan dimulai pada jam 13.00 hingga jam 16.30. yang dimana sesi siang lebih diarahkan untuk kegiatan mentoring. Para peserta yang mengikuti Studi Independen ini dibagi menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 20 peserta dan 1 mentor. Setiap hari, sebelum memulai pembelajaran diawali dengan pre test terlebih dahulu yang kemudian akan dilanjutkan dengan post setelah pemberian materi. Setelah pengerjaan post test akan diadakan pertemuan mentoring dengan kelompok dan mentor tiap kelompok untuk membimbing pengerjaan tugas yang diberikan setelah pemberian materi.

Materi yang disediakan oleh NF Computer menurut saya sudah cukup lengkap, karena membahas full stack mobile developer kurang lebih setiap 1 minggu membahas materi baru, mulai dari pemrograman dart, framework yang dipakai yaitu flutter, database, desain UI/UX, dan pembahasan mengenai pemrograman mobile itu sendiri. Namun setiap hari kamis akan diberikan materi mengenai softskill untuk membantu para peserta dalam mengembangkan kemampuan softskill peserta dan melatih para peserta dalam mengerjakan suatu project dalam tim.

Mentoring

Pada bulan Oktober para mentor memberikan suatu mini project untuk setiap peserta untuk dapat menilai kemampuan individu tiap peserta dalam menerapkan materi yang sudah dipelajari sebelumnya. Pengerjaan dari mini project ini diberikan waktu kurang lebih hampir 1 bulan. Dalam mini project ini tiap peserta masih diberikan kebebasan dalam memilih topik dan backend yang digunakan.

Pada bulan November hingga Desember para peserta diberikan Final Project yang dikerjakan bersama tim yang sudah dibagi sebelumnya. Berbeda dengan mini project sebelumnya, pada pengerjaan final project ini para mentor memberikan 2 topik pada para peserta untuk dipilih dan dikerjakan. Kemudian para mentor juga sudah menyiapkan API dari NF Computer yang digunakan sebagai backend dari aplikasi yang dikerjakan pada final project tersebut. Sehingga aplikasi yang akan dihasilkan dari final project ini akan lebih teratur dan sesuai dengan topik yang sudah diberikan.

Pengambilan nilai oleh NF Computer melalui mini project dan final project merupakan cara yang sangat efektif karena dapat menilai kemampuan individu tiap peserta dan juga kemampuan peserta dalam bekerja di dalam tim. Kegiatan studi independen ini sangatlah membantu dan memberikan pengalaman baru bagi para peserta dalam mempelajari materi baru di luar kampus. Dengan sistem pembelajaran yang diterapkan NF Computer membuat para peserta tetap dapat mengikuti kegiatan studi independen ini dengan semangat dan teratur walaupun dilaksanakan secara daring.

Artikel ini telah dibaca 98 kali

Baca Lainnya

*Ditjen Bina Bangda Apresiasi terhadap Publikasi Data Statistik Sektoral Pemkab Lebak*

25 February 2024 - 12:28 WIB

Mewaspadai Gejala Resesi Ekonomi dengan Bijaksana

25 February 2024 - 12:23 WIB

JIMLY ASSHIDDIQIE – Guru Besar Ilmu Hukum Universitas Indonesia, Guru Besar Kehormatan UNHAN, STHM, dan Honorary Professor of Melbourne University School of Law. Ketua MKRI pertama (2003), Ketua DKPP pertama (2012), dan anggota DPD-RI dan MPR-RI (2019-2024)

24 February 2024 - 19:11 WIB

Diduga rem tidak berfungsi, sebuah truk tangki Elpiji menabrak Dump truk.

24 February 2024 - 16:53 WIB

*Seorang Suami Naik Pitam Akibat Istrinya Dilecehkan oleh Saudara Iparnya*

24 February 2024 - 14:04 WIB

*Minta Jajarannya Perkuat Kinerja, Kepala BSKDN Optimistis Hasilkan Strategi Kebijakan Berkualitas*

24 February 2024 - 13:06 WIB

Trending di Bisnis