Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Nasional · 7 Dec 2022 14:29 WIB ·

Presiden Jokowi Instruksikan Segenap Jajaran Perhatikan Informasi dari BMKG


 Presiden Jokowi Instruksikan Segenap Jajaran Perhatikan Informasi dari BMKG Perbesar

Media Bangsa – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan kepada segenap jajaran pemerintah memperhatikan informasi cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).
Sebagai bentuk antisipasi awal terhadap potensi bencana yang rawan terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia pada beberapa waktu ke depan.”Memberikan perhatian dan memaksimalkan sebagai langkah peringatan dini dan mitigasi bencana,” kata Presiden Jokowi ketika Sidang Rapat Kabinet Paripurna Menteri Kabinet Indonesia Maju pada Selasa (6/12/2022).

Menurut Presiden, dari informasi yang diberikan oleh lembaga tersebut, dapat dijadikan sebagai langkah awal dalam mempersiapkan penanganan bencana alam. Sehingga, berbagai elemen yang terkait dapat melakukan serangkaian langkah yang diperlukan dalam mengantisipasi hal itu.”Antisipasi bencana dan cuaca ekstrem yang melanda sejumlah daerah di Tanah Air,” kata Presiden.

 

Kemudian, dari informasi yang diberikan oleh BMKG itu juga dapat dijadikan sebagai rujukan dalam melakukan langkah tanggap darurat di wilayah terdampak bencana. Dengan begitu, dapat meminimalisir korban yang terdampak dari musibah bencana yang terjadi.
Dari informasi yang dibagikan oleh lembaga itu, dapat memberikan informasi terkini berkaitan dengan bencana alam yang terjadi. Sehingga, pemangku kepentingan yang berkaitan dengan evakuasi dapat mengambil langkah-langkah pertolongan.”Pastikan negara betul-betul hadir, segerakan bantuan kemanusiaan,” tutur Presiden.
Terakhir, dari informasi juga dapat menjadi rujukan dalam melakukan langkah penanganan pascabencana yang terjadi di daerah terkait. Setelah dinyatakan lokasi terdampak bencana aman, maka dapat dilakukan langkah rehabilitasi.”Segerakan rekonstruksi bangunan yang terdampak gempa maupun bencana lainnya apabila memang keadaan sudah memungkinkan untuk segera dimulai,” imbuh Presiden.
Foto: BPMI Setpres

Artikel ini telah dibaca 30 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Gelaran F1 Powerboat Gairahkan Pergerakan Penumpang di Bandara Raja Sisingamangaraja XII

4 March 2024 - 07:00 WIB

AP II Bersama InJourney Group Kembangkan Pariwisata Banyuwangi

3 March 2024 - 19:17 WIB

Diharapkan Bisa Diujicobakan Juli 2024, Ini Progres Pembangunan Bandara IKN

2 March 2024 - 07:00 WIB

Penggunaan Kereta Otonom di IKN Jadi Lompatan Teknologi Transportasi Masa Depan

2 March 2024 - 07:00 WIB

Pemerintah Optimistis Ekonomi Indonesia Tumbuh Solid di 2024

1 March 2024 - 17:01 WIB

Kain Ulos Asal Tarutung Diminati Pengunjung F1 Powerboat Danau Toba 2024

1 March 2024 - 16:45 WIB

Trending di Bisnis