Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Teknologi · 19 May 2022 02:46 WIB ·

Jenis-jenis VR Headset, Perbedaan VR Murah dan Mahal Itu Apa Sih?


 Perbedaan VR Murah dan Mahal Itu Apa Sih? Perbesar

Perbedaan VR Murah dan Mahal Itu Apa Sih?

 

Pernahkah teman-teman berpikir ketika ingin membeli VR (Virtual Reality) akan bingung akan adanya Perbedaan VR Murah dan Mahal. Teman-teman yang baru masuk ke dunia VR akan bimbang dengan beraneka macam harga VR tersebut. Sebelum membeli VR Headset, kita perlu tahu apa itu VR Headset. Supaya teman-teman tahu apa yang sebenarnya membedakan dari sisi harga VR tersebut.

Apa Itu Virtual Reality?

Virtual Reality (VR) merupakan lingkungan yang terbuat oleh komputer dengan pemandangan serta objek yang terlihat nyata sehingga membuat pengguna merasa tenggelam dalam lingkungannya. Lingkungan ini dirasakan lewat alat yang dikenal sebagai headset atau helm Virtual Reality. VR memungkinkan kita membenamkan diri dalam video game seolah-olah kita merupakan salah satu karakternya. VR headset itu bisa dibagi menjadi tiga tipe yaitu Cheap VR headset,  Midrange VR headset ,dan High-end VR headset.

Perbedaan VR Murah dan Mahal

  • Cheap VR headset

vr_box

Cheap VR Headset yaitu headset VR yang paling banyak dipakai sama teman-teman yang baru menyentuh VR termasuk saya waktu zaman  baru kenal yang namanya VR.  VR ini memakai smartphone sebagai mesin VR. Artinya tanpa adanya smartphone atau HP maka VR ini tidak dapat digunakan. Karena barangnya sendiri berupa dua buah lensa dan juga satu casing untuk memasukkan smartphone di dalam lensa tersebu.  Harga dari cheap VR headset ini adalah sekitar Rp30.000- Rp300.000. Contoh dari VR headset ini adalah Google Cardboard, VR BOX, VR Shinecone dan lain-lain. Kemudian game-game VR yang tersedia buat VR headset itu masih terbatas ada beberapa game di Google Play Store, namun secara gameplay masih belum immersive. Banyak orang menggunakan VR murah ini sebagai alternatif menonton video untuk merasakan kedalaman 3D di dalam sebuah video. Beberapa orang yang mempunyai hobi memakai VR menyebut Cheap VR Ini adalah sebuah 3D viewer.

  • Mid-range VR headset

samsung vr gear

 

Selanjutnya untuk Mid-range VR Headset dijual dengan harga antara Rp500.000-Rp2.500.000. VR ini masih memakai smartphone untuk mesin VR-nya. Tapi sejak tahun 2018, Oculus gold memakai mesin VR di dalam headset-nya tanpa smartphone. Contoh dari VR headset untuk kelas middle ini adalah Samsung Gear VR dan Oculus go. Samsung Gear VR masih menggunakan smartphone untuk mesinnya dan itupun smartphone-nya terbatas. VR dalam kelas mid-range masih support three degrees of Freedom artinya hanya support rotasi aja, sedangkan pergerakan badan kita masih belum didukung karena tidak ada tracking kameranya.

  • High-end VR Headset

 

oculus_quest

VR kelas High end yang mana VR ini masih terbilang mahal di Indonesia. Oleh karena itu, masih belum banyak peminatnya di masyarakat Indonesia. Harga dari High-end VR Headset ini sekitar Rp5.000.000 – Rp25.000.000. High-end VR headset ini sangat beragam merek dan tipenya ada Oculus Quest, HTC Vive , PS VR dan masih banyak lagi. Mesin VR yang digunakan yakni PC, alias komputer. Tapi untuk headset tertentu seperti Oculus quest 1 dan 2 menggunakan Android. High end VR headset ini support Six Degrees of Freedoms artinya setiap pergerakan rotasi controller dan headset ini benar-benar berpengaruh ke dalam game-nya.

Baca Juga Zoom dan Moodle untuk E-Learning

Artikel ini telah dibaca 243 kali

Baca Lainnya

Zulpikar, Pengamat Politik Bank Zoel Institute : Banyak Kejanggalan Pada Pemilu 2024

20 February 2024 - 22:06 WIB

Rapat Tahun OJK, Ketua MPR RI Bamsoet Optimistis Perekonomian Nasional Meningkat Pasca Pemilu 2024

20 February 2024 - 17:46 WIB

Pelaku Penganiayaan di Patikraja Banyumas Dibekuk Polisi

20 February 2024 - 15:04 WIB

Babinsa Kratonan Dampingi Petugas Dinsos Cek Warga Terlantar

19 February 2024 - 18:54 WIB

Kelelahan luar biasa jadi penyebab ketua kpps di ujung Berung Bandung meninggal dunia

18 February 2024 - 13:09 WIB

*Terjadi Kelalaian Pemungutan Suara di TPS 02 Kel. Bulogading Kec. Ujung Pandang, Warga Desak KPU Lakukan Pemiligan Suara Ulang*

18 February 2024 - 11:28 WIB

Trending di Bisnis