Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Teknologi · 19 May 2022 13:47 WIB ·

Peran Teknologi Informasi Bagi Generasi Z di Keseharian


 Peran Teknologi Informasi Bagi Generasi Z di Keseharian Perbesar

Peran teknologi informasi bagi generasi z

Source : https://kominfo.bengkulukota.go.id/manfaatan-teknologi-informasi-dalam-pengembangan-bisnis-pos/

Peran Teknologi Informasi Bagi Generasi Z – Saat ini Teknologi Informasi sedang berkembang pesat mengikuti perkembangan zaman. Setiap makhluk hidup pasti akan membutuhkan sebuah komunikasi untuk memulai sosialisasi, apalagi saat ini sedang mengalami pandemi maka peran komunikasi itu sangat dibutuhkan baik secara online maupun offline. Saat ini pasti membutuhkan sebuah media online untuk melakukan komunikasi. Oleh karena itu, peran Teknologi Informasi sangat berpengaruh untuk menjembatani problem tersebut. Teknologi Informasi adalah teknologi yang berfungsi untuk membantu manusia dalam membuat, menyimpan, mengubah, mempublish, mengomunikasikan dan menyebarkan informasi.

Kita sebagai generasi Z harus dapat memanfaatkan Teknologi Informasi baik secara nyata maupun maya. Hal tersebut dikarenakan, agar dapat mudah beradaptasi serta bersosialisasi. Nah, peran Teknologi Informasi bagi generasi Z yaitu sebagai berikut :

  1. Wadah untuk menggali informasi
  2. Alat untuk melakukan sosialisasi secara real time
  3. Media untuk menambah kreativitas serta minat bakat, seperti content creator

Dari penjabaran tersebut dapat diketahui bahwa peran Teknologi Informasi sangatlah melekat pada kehidupan sehari – hari. Maka dari itu, diharapkan untuk generasi Z mempelajari perkembangan tersebut guna meningkatkan SDM yang berkualitas serta dapat bersosialisasi dengan baik.

Dampak Teknologi di kehidupan sehari – hari

Banyaknya dampak positif yang diberikan dengan adanya teknologi informasi, terdapat sisi negatifnya. Dampak negatifnya adalah seperti generasi muda yang semakin kecanduan serta ketergantungan dengan hadirnya perkembangan teknologi ini. Oleh karena itu, di tengah majunya perkembangan teknologi tersebut sudah seharusnya Anda menyikapi nya dengan bijak. Hal ini dilakukan untuk menghindari dampak negatif tersebut. Adapun dampak negatif Teknologi Informasi untuk generasi Z sebagai berikut :

  1. Akan kehilangan kemampuan berbaur dengan masyarakat serta cenderung nyaman dengan kehidupan dunia maya (online)
  2. Kejahatan dunia maya seperti pornografi, perjudian, penipuan serta penayangan kekerasan
  3. Penyebaran virus komputer

dampak tersebut harus dihindari oleh generasi Z agar tidak terjebak dalam kemajuan dunia Teknologi Informasi. yaitu dengan cara sebagai berikut :

  1. Cari komunitas positif yang selalu melakukan pertemuan di dunia nyata
  2. Perbanyak membaca buku – buku yang bersifat edukatif dan bersifat keimanan serta aplikasi digital yang bersifat mendidik
  3. Bagi waktu untuk bersosialiasi dengan masyarakat dan waktu di depan komputer

dapat ditarik kesimpulan bahwa peran Teknologi Informasi untuk generasi Z  memiliki pandangan positif dan negatif terutama dikalangan muda yang beranjak dewasa yaitu sekitar umur 18 – 23 tahun. diharapkan untuk bijak dalam menggunakan sosial media karena dalam dunia Teknologi Informasi jika digunakan dengan baik maka akan mendapatkan output yang sangat baik pula begitupun sebaliknya.

 

Baca Juga : Manfaat Teknologi Informasi

Artikel ini telah dibaca 12 kali

Baca Lainnya

*Aksi Bersama Segenap Elemen Masyarakat, Pers, Kaum Buruh, Aktivis Pergerakan Menolak UU Penyiaran & Pandemi Treaty*

28 May 2024 - 11:02 WIB

*Adakah yang Tahu Letak Jalan Culik di Bandung*

27 May 2024 - 15:31 WIB

*Kearifan Lokal Dapat Menjadi Bekal Membuka & Masuk Dalam Gerbang Indonesia Emas Tahun 2045*

26 May 2024 - 10:32 WIB

*Persiapan Generasi Milenial Hari Ini Untuk Membuka & Masuk ke Gerbang Indonesia Emas Pada Tahun 2045*

26 May 2024 - 00:46 WIB

Semangat Kebangkitan Nasional Untuk Energi Menuju Indonesia Emas

20 May 2024 - 15:42 WIB

Naik Bus, Ganjar-Mahfud Hadiri Sidang Perdana Sengketa Pilpres di MK

9 May 2024 - 10:39 WIB

Trending di Bisnis