Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Bisnis · 11 Oct 2022 02:43 WIB ·

Peran teknologi dalam pertumbuhan UMKM di era society 5.0


 Peran teknologi dalam pertumbuhan UMKM di era society 5.0 Perbesar

UMKM merupakan salah satu bidang usaha yang dapat berkembang dan konsisten dalam perekonomian nasional. UMKM menjadi wadah untuk penciptaan lapangan pekerjaan untuk mendorong kemajuan ekonomi di Indonesia. Seiring dengan perkembangan teknologi di era society 5.0, pemerintah melakukan berbagai upaya di berbagai sektor terutama ekonomi untuk penyeseuaian teknologi. Dalam hal ini, para pelaku UMKM dapat memanfaatkan teknologi sebagai sarana untuk memasarkan produk. Teknologi yang dapat digunakan seperti memanfaatkan sosial media sepertu instagram, facebbok, website, youtube, tiktok, dll.

Dengan adanya kemajuan ini, tidak dapat dipungkiri semakin banyak toko online yang memanfaatkan fasilitas internet untuk memasarkan atau penjual produk. Oleh karena itu, di Indonesia UMKM memiliki peranan yang strategis dalam pembangunan jangka panjang untuk memperkuat perekonomian dan memajukan keunggulan kompetitif. Hal ini, memperlukan dukungan dari pemerintah setempat untuk mengadakan pelatihan pemanfaatan teknologi informasi untuk mendorong kemajuan UMKM di Indonesia.

Baca juga : https://mediabangsa.co.id/sukses-berbisnis-di-era-digital-cuan-terus-di-tahun-2022/

Di era Society 5.0 kurangnya penguasaan teknologi menjadi fokus pemerintahan. Ini dikarenakan perkembangan teknologi yang lebih cepat di kota-kota di Indonesia, sehingga menimbulkan ketimpangan penguasaan teknologi. Hal ini dibuktikan dibuktikan dengan penelitian yang menunjukkan bahwa minimnya pendampingan dari pemerintah akan pemahaman tentang digitalisasi, dan potensi media sosial sebagai sarana promosi.

Manfaat Teknologi Informasi di Bidang Bisnis UMKM

  1. Menekan biaya modal dan operasional
  2. Memunculkan peluang bisnis baru
  3. Memudahkan proses transaksi antara penjual dan pembeli
  4. Memudahkan penyebaran informasi
  5. Membantu membangun reputasi bisnis
  6. Membangun kepercayaan pelanggan
  7. Beragram promo menarik

Baca juga : https://www.softwareseni.co.id/blog/10-manfaat-teknologi-digital-dalam-bisnis

Artikel ini telah dibaca 5 kali

Baca Lainnya

AP II Bersama InJourney Group Kembangkan Pariwisata Banyuwangi

3 March 2024 - 19:17 WIB

Pemerintah Optimistis Ekonomi Indonesia Tumbuh Solid di 2024

1 March 2024 - 17:01 WIB

Kain Ulos Asal Tarutung Diminati Pengunjung F1 Powerboat Danau Toba 2024

1 March 2024 - 16:45 WIB

Lewat Beti Dewi, 10 Desa Wisata di Gorontalo Diberi Pelatihan Pemasaran Digital

29 February 2024 - 10:51 WIB

Otorita IKN Gelar FGD Nusantara Expo 2024

28 February 2024 - 10:22 WIB

Bulog Pastikan Sok Beras Cukup Hadapi Puasa dan Lebaran

27 February 2024 - 09:08 WIB

Trending di Bisnis