Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Bisnis · 17 Oct 2022 04:11 WIB ·

Pentingnya Digital Marketing Bagi UMKM


 Pentingnya Digital Marketing Bagi UMKM Perbesar

Dulu kita sering melihat brosur, poster, maupun spanduk yang mengiklankan suatu produk. Seiring dengan perkembangan teknologi, bisnis juga harus beradaptasi dengan perubahan yang ada. Salah satu wujud nyata dari pemanfaatan teknologi dalam dunia bisnis adalah meningkatnya peran digital marketing bagi UMKM. Digital marketing merupakan kegiatan pemasaran suatu brand menggunakan media digital. Saat ini, banyak perusahaan global yang menggunakan teknik ini sebagai teknik pemasaran mereka. Tidak hanya bagi perusahaan besar, tetapi pemasaran melalui platform digital juga penting untuk diimplementasikan oleh UMKM.

Teknik digital marketing memiliki banyak manfaat bagi UMKM. Pertama, sebagian besar konsumen sudah beralih ke platform digital. Faktanya, 60% penduduk dunia sudah menggunakan internet. Selain itu, brand kita dapat dikenali oleh lebih banyak orang. Dengan menggunakan media sosial, kita dapat memasarkan produk ke luar negeri tanpa harus mendatangi negara tersebut. Lalu, memasarkan produk secara digital jauh lebih cost-efficient dibandingkan pemasaran secara tradisional. Sebuah UMKM dapat menghemat banyak biaya di sisi marketing.

Implementasi digital marketing ini bisa dimulai dengan mengoptimalkan website menggunakan SEO. Selain itu, kita bisa mengembangkan media sosial UMKM melalui berbagai platform seperti Instagram dan TikTok. Setelah mengetahui berbagai manfaatnya, kalian bisa mulai menggunakan platform digital sebagai media pemasaran untuk UMKM kalian, ya!

Baca Lainnya: Sukses Menjadikan Bisnis Menjadi Lebih Digital di Era Teknologi

Artikel ini telah dibaca 7 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Sosialisasi “Pentingnya Sertifikasi Halal bagi UMKM Muda di Desa Candi, Kab. Sidoarjo”

20 June 2024 - 11:06 WIB

Kerja Bakti “Pembersihan Sampah Sekitar Sungai di Desa Ciburial RW 7

15 June 2024 - 21:50 WIB

Kegiatan Pengolahan Sampah Terpadu di Desa Ciburial “Mengubah Sampah Organik Menjadi Pupuk Kompos”

15 June 2024 - 21:43 WIB

Profil Desa Ciburial: Keindahan Alam yang Membutuhkan Pengelolaan Sampah Terpadu

15 June 2024 - 21:33 WIB

Tax Policy and Economic Elites: Going Where the Money is Earmarking

12 June 2024 - 05:59 WIB

PERMASALAHAN KASUS GOOGLE TERHADAP KONSEP BUT

12 June 2024 - 02:56 WIB

Trending di Pendidikan