Dulu kita sering melihat brosur, poster, maupun spanduk yang mengiklankan suatu produk. Seiring dengan perkembangan teknologi, bisnis juga harus beradaptasi dengan perubahan yang ada. Salah satu wujud nyata dari pemanfaatan teknologi dalam dunia bisnis adalah meningkatnya peran digital marketing bagi UMKM. Digital marketing merupakan kegiatan pemasaran suatu brand menggunakan media digital. Saat ini, banyak perusahaan global yang menggunakan teknik ini sebagai teknik pemasaran mereka. Tidak hanya bagi perusahaan besar, tetapi pemasaran melalui platform digital juga penting untuk diimplementasikan oleh UMKM.
Teknik digital marketing memiliki banyak manfaat bagi UMKM. Pertama, sebagian besar konsumen sudah beralih ke platform digital. Faktanya, 60% penduduk dunia sudah menggunakan internet. Selain itu, brand kita dapat dikenali oleh lebih banyak orang. Dengan menggunakan media sosial, kita dapat memasarkan produk ke luar negeri tanpa harus mendatangi negara tersebut. Lalu, memasarkan produk secara digital jauh lebih cost-efficient dibandingkan pemasaran secara tradisional. Sebuah UMKM dapat menghemat banyak biaya di sisi marketing.
Implementasi digital marketing ini bisa dimulai dengan mengoptimalkan website menggunakan SEO. Selain itu, kita bisa mengembangkan media sosial UMKM melalui berbagai platform seperti Instagram dan TikTok. Setelah mengetahui berbagai manfaatnya, kalian bisa mulai menggunakan platform digital sebagai media pemasaran untuk UMKM kalian, ya!
Baca Lainnya: Sukses Menjadikan Bisnis Menjadi Lebih Digital di Era Teknologi