Media Bangsa – Pada hari Selasa, 29 April 2025 kami melakukan kegiatan observasi pembelajaran matematika di MTS AISIYAH Palembang , yang Jl. Jendral Sudirman, Ario Kemuning, Kec. Kemuning, Kota Palembang. Observasi ini dilakukan oleh kami, Mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang dan di dampingi oleh guru matematika kelas VIII MTS Aisiyah Palembang, dalam rangka memantau dan mengevaluasi implementasi pembelajaran Kurikulum Merdeka di kelas VIII. Kegiatan ini juga bertujuan untuk melihat secara langsung bagaimana siswa dapat menyelesaikan suatu permasalahan dalam proses belajar mengajar.
Alasan dilakukannya observasi ini adalah untuk menilai efektivitas metode pembelajaran yang digunakan oleh saya, serta melihat sejauh mana siswa mampu memahami konsep-konsep abstrak dalam geometri ruang. Selain itu, observasi ini juga bertujuan untuk mendokumentasikan praktik-praktik baik dalam pembelajaran matematika yang dapat dijadikan referensi atau bahan refleksi oleh guru lain di sekolah-sekolah sejenis.
Selama proses observasi, saya memulai pelajaran dengan apersepsi berupa pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan bangun ruang dengan benda-benda di sekitar siswa, seperti kotak makanan, tenda, atap rumah, dan kemasan minuman. Kemudian, saya mengajak siswa untuk mengamati model tersebut, menyebutkan nama bangun, dan menjelaskan karakteristiknya, untuk memperdalam pemahaman.
Aktivitas utama dalam pembelajaran adalah kegiatan kelompok, di mana siswa dibagi menjadi tiga kelompok dan masing-masing kelompok diberikan tugas untuk mengerjakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang saya berikan kepada siswa. Setelah itu, mereka diminta menjelaskan unsur-unsur bangun yang mereka buat di depan kelas. Kegiatan ini tidak hanya meningkatkan pemahaman, tetapi juga melatih keterampilan komunikasi dan kerjasama siswa.
Selama proses pembelajaran, suasana kelas terlihat sangat aktif dan menyenangkan. Siswa menunjukkan antusiasme yang tinggi, bertanya dengan aktif, dan saling berdiskusi dalam kelompok. Saya juga terlihat mampu membimbing siswa dengan sabar, memberikan arahan yang jelas, dan sesekali menyisipkan humor untuk mencairkan suasana.
Dari hasil observasi, saya menyimpulkan bahwa pembelajaran matematika, khususnya pada materi bangun ruang sisi datar, dapat menjadi sangat menarik dan mudah dipahami bila disampaikan dengan pendekatan yang kontekstual, menggunakan media yang variatif, serta melibatkan siswa secara aktif dalam kegiatan pembelajaran. Saya berhasil menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan bermakna, yang tentunya berdampak positif pada hasil belajar siswa.
Penulis : Zahwah
Tinggalkan Balasan