Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Pendidikan · 22 Dec 2022 16:26 WIB ·

Menjadi Seorang Machine Learning Developer dengan Mengikuti Program MSIB


 Menjadi Seorang Machine Learning Developer dengan Mengikuti Program MSIB Perbesar

Putra Dwi Wira (20), salah satu mahasiswa universitas di Surabaya yaitu, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur. Saat ini saya telah menyelesaikan salah satu program dari kampus merdeka yaitu program MSIB (Magang dan Studi Independent Bersertifikat) pada mitra Dicoding Indonesia, Machine Learning dan Front End Web.
Machine Learning Developer merupakan sebuah pakar yang menggunakan data guna untuk model pelatihan. Model tersebutlah yang digunakan untuk mengotomatisasi sebuah proses seperti prediksi harga, klasifikasi gambar serta pengenalan bahasa. Machine Learning Developer sendiri juga merupakan salah satu bagian dari Artificial Intelligence, dimana menurut riset Linkedin mengatakan bahwa salah satu skill dengan perkembangannya yang paling pesat yaitu Artificial Intelligence itu sendiri. Berdasarkan riset tersebut menjadikan seorang Machine Learning Developer menjadi salah satu pekerjaan impian bagi lulusan sarjana Informatika.
Saat saya menduduki semester 5 saya memutuskan untuk mengikuti salah satu program Kampus Merdeka. Kampus Merdeka sendiri merupakan bagian dari kebijakan merdeka belajar oleh Kemendikbud yang memberikan kesempatan bagi para mahasiswa untuk mengasah keterampilan sesuai bakat dan minat yang dimiliki, dengan langsung terjun dalam dunia kerja sebagai persiapan untuk menghadapi masa depan.
Saya memulai program Kampus Merdeka X Dicoding Machine Learning dan Front End Web pada tanggal 01 Agustus 2022. Pada program tersebut dilaksanakan hingga kurang lebih 5 bulan dan dituntut belajar selama 8 jam sehari. Hal tersebut membuat saya mendapatkan ilmu baru mengenai Machine Learning seperti bagaimana membuat klasifikasi gambar dengan menggunakan model CNN, membuat sistem rekomendasi, serta mendeploy model ke berbagai macam device. Selain saya mendapatkan ilmu baru mengenai Machine Learning saya juga dapat belajar tentang front end bagaimana membuat website, mempercantik halaman website dengan CSS dan membuat website lebih interaktif dengan menggunakan Javascript.
Selain ilmu atau teori yang saya dapatkan, program tersebut juga memberikan sesi ILT Soft Skill yang bersifat wajib dihadiri bagi peserta. Pada sesi tersebut terdapat instruktur yang memberikan materi mengenai soft skill yang saya atau peserta lain butuhkan. Dari sesi tersebut saya mendapatkan wawasan baru mengenai soft skill yang perlu saya tingkatkan seperti, bagaimana cara berpikir kritis, bagaimana cara berkomunikasi secara efektif, bagaimana penerapan etika yang baik, dan lain sebagainya.
Pada akhir dari program tersebut terdapat Project Capstone atau final project yang dilaksanakan secara berkelompok. Kelompok saya membuat sebuah aplikasi berbasis web yang memberikan solusi bagi petani di Indonesia. Aplikasi tersebut bernama Si-Padi (Sistem Informasi Deteksi Penyakit Tanaman Padi). Manfaat dari aplikasi tersebut yaitu agar membantu para petani padi Indonesia untuk mendeteksi penyakit pada tanaman padi mereka, agar mengurangi risiko gagal panen karena salah dalam menangani penyakit yang terdapat pada tanaman padi tersebut.
Kembali menurut riset Linkedin Artificial Intelligence dengan salah satu skill utama Machine Learning dinobatkan sebagai peringkat pertama the most emerging job tahun 2020, bahkan di negara Indonesia sendiri AI Specialist juga menempati peringkat pertama. Tren perekrutan Machine Learning Developer pun dalam kurun waktu 4 tahun belakangan ini terus bertambah hingga 74%. Nah dengan adanya program Kampus Merdeka X Dicoding Machine Learning dan Front End Web tersebut memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk menjadi salah satu seorang Machine Learning Developer.
Artikel ini telah dibaca 34 kali

Baca Lainnya

Tim PKM RSH UMS, Lakukan Penelitian Tentang Taktik Bahasa dalam Kejahatan Siber

24 June 2024 - 12:01 WIB

Pemanfaatan Sampah Dapur Menjadi Cairan Serbaguna bersama Mahasiswa Pengabdian Masyarakat UPN “Veteran” Jawa Timur

22 June 2024 - 18:26 WIB

Sosialisasi “Pentingnya Sertifikasi Halal bagi UMKM Muda di Desa Candi, Kab. Sidoarjo”

20 June 2024 - 11:06 WIB

Kerja Bakti “Pembersihan Sampah Sekitar Sungai di Desa Ciburial RW 7

15 June 2024 - 21:50 WIB

Kegiatan Pengolahan Sampah Terpadu di Desa Ciburial “Mengubah Sampah Organik Menjadi Pupuk Kompos”

15 June 2024 - 21:43 WIB

Profil Desa Ciburial: Keindahan Alam yang Membutuhkan Pengelolaan Sampah Terpadu

15 June 2024 - 21:33 WIB

Trending di Pendidikan