Pernahkah kamu, ketika menggunakan aplikasi atau mengunjungi suatu website merasa ingin berlama-lama untuk mengeksplorasi sebuah platform tersebut. Nah, ini adalah salah satu tugas dari UI/UX Designer. UI atau kepanjangan dari User Interface adalah desain antarmuka yang biasanya kita lihat dan lakukan sebagai pengguna ketika mengunjungi website,bisa juga ketika kita menggunakan perangkat elektronik maupun perangkat lunak seperti komputer, peralatan rumah tangga, perangkat seluler yang berfokus pada memaksimalkan kegunaan dan pengalaman pengguna. Biasanya mengacu pada keindahan tampilan visual yang menghubungkan sistem dengan pengguna.
Sedangkan, UX atau kepanjangan dari User Experience proses desain produk untuk meningkatkan kepuasan pengguna melalui interaksi user dengan interface yang baik dan nyaman ketika digunakan. Atau secara singkatnya User Experience yaitu apa yang pengguna rasakan ketika menggunakan produk tersebut.
Nah, sekarang bagaimana sih cara belajarnya?, mulai dari mana belajarnya? Yuk, simak penjelasan selengkapnya dibawah ini.
Kampus Merdeka x Skilvul
Melalui program kampus merdeka jika kamu mahasiswa akan mendapat kesempatan untuk mengasah kemampuan sesuai dengan minat dan bakat masing-masing. Program Studi Independen Bersertifikat Kampus Merdeka adalah program Kampus Merdeka yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan, namun tetap diakui sebagai bagian dari perkuliahan. Program ini diperuntukan bagi mahasiswa yang ining memperlengkapi dirinya dengan menguasai kompetensi spesifik dan praktis yang juga dicari oleh dunia usaha. Caranya kamu hanya perlu mendaftar pada platform kampus merdeka dan siapkan berkas-berkas pendukung.
Skilvul bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia sebagai bagian dalam Studi Independen Bersertifikat Kampus Merdeka menghadirkan program Skilvul #Tech4Impact: UI/UX Design Mastery. Program ini bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa/i pada smester 5 sampai semester akhir dari semua jurusan untuk mengasah kemampuan UI/UX Design dengan menyelesaikan UI/UX Challenge yang diberikan oleh Challenge Partner Skilvul.
Program Studi Independen Skilvul #Tech4Impact terdiri dari pembelajaran individu dan capstone project yang dilakukan dalam tim kelompok. Secara soft-skills, Kurikulum pembelajaran Studi Independen Skilvul #Tech4Impact mengacu pada UNICEF 12 Core Life Skills, yang terdiri dari 12 keterampilan dasar yang dibutuhkan di Abad 21 (21st Century Skills) – empathy, participation, respect for diversity, communication, resilience, self-management, initiative, decision making, technology literacy, negotiation, cooperation, problem solving, critical thinking, and creativity.
Terkait hard-skills, mahasiswa atau mentee pada learning Track UI/UX Design Mastery akan mempelajari beberapa materi yang mencakup Introduction to UI/UX, Design Thinking, User Experience Design, User Interface Designing and Prototyping, dan Research and Usability Testing. Di akhir pembelajaran atau program, mahasiswa akan membuat project akhir secara berkelompok berdasarkan UI/UX Challenge yang telah dipilih.
Penulis juga merupakan lulusan Magang dan Studi Independen Bersertifikat kampus merdeka pada program Skilvul #Tech4Impact: UI/UX Design Mastery yang diadakan secara virtual dengan durasi 5 bulan, mulai dari 16 Agustus sampai dengan 30 Desember. Untuk 8 minggu pertama diisi dengan selflearning pada web skilvul dan pengerjaan proyek yang dipandu langsung oleh mentor pada sesi mentoring setiap minggunya. Kemudian pada 8 minggu terakhir peserta difokuskan mengerjakan proyek akhir real backlog dari UI/UX Challenge perusahaan rekanan Skilvul dan dilanjut dengan demo day. Selama 14 minggu program dilaksanakan Skilvul juga memberikan workshop-workshop yang menunjang keterampilan peserta dan dipandu oleh mentor-mentor yang berpengalaman dibidangnya.
Pada final project yang penulis pilih pada program ini adalah Waste4Change: UI/UX Challenge yaitu melakukan perubahan dari segi UI dan UX pada web apps Waste4Change menggunakan Design Thinking sebagai design process yang dilakukan. Berikut hasilnya dapat diakses disini:
Final Project UX Case Study: Waste4Change-Redesign UI/UX layanan Recycle With Us.
Penulis: Dimas Triyana | Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur