Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Pendidikan · 29 May 2023 11:31 WIB ·

Mengulas Kegiatan Magang MBKM Batch 4 Mahasiswa Ilmu Komunikasi UPN “Veteran” Jawa Timur di Kantor Lembaga Amil Zakat Nasional Lembaga Ukhuwah Islamiyah Kantor Pusat


 Mengulas Kegiatan Magang MBKM Batch 4 Mahasiswa Ilmu Komunikasi UPN “Veteran” Jawa Timur di Kantor Lembaga Amil Zakat Nasional Lembaga Ukhuwah Islamiyah Kantor Pusat Perbesar

Kelompok Mahasiswa semester enam hingga delapan pada tahun 2023 diberikan kesempatan untuk mengikuti program magang yang diadakan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Kegiatan magang ini merupakan bentuk program Merdeka Belajar Kampus Mengajar (MBKM) yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada ribuan mahasiswa terjun langsung di dunia kerja.

Pada program magang MBKM diharapkan setiap mahasiswa mampu memperdalam hard skill maupun soft skill serta menjalin relasi dengan lingkungannya yang enak untuk mempermudah mendapat tawaran pekerjaan beberapa saat mendatang. Di kampus Bela Negara UPN “Veteran” Jawa Timur program magang MBKM selama satu semester memenuhi permintaan pembelajaran dalam bentuk program magang diakui minimal 20 Satuan Kredit Semester (SKS) melalui mekanisme konversi.

Lima orang mahasiswa UPN “Veteran” Jawa Timur jurusan Ilmu Komunikasi persembahan di mitra Yayasan Lembaga Manajemen Infaq Ukhuwah Islamiyah penempatan kantor pusat di Jl. Barata Jaya XXII No.20. Menempati tiga posisi yang berbeda meliputi Departemen Layanan pada divisi Customer Service Zakat, Infaq, Shodaqoh dan Wakaf yakni (Ellen Mahendra Agatha), divisi Public Relation (Sevi Arya Fatma) dan tiga lainnya bergabung di Departemen Digital pada posisi Content Creator (Adillah Ratimaya, R . Farhan Yudhistira, dan Budi Hariyono) semester enam dengan Dosen Pembimbing Dra.Dyva Claretta, M.Si selaku Kepala Laboratorium Cyber ​​PR Ilmu Komunikasi, Radio Laboratorium AK UPN, dan Laboratorium UPNTV.

Mahasiswa merasakan banyak hal berbeda yang didapat saat melaksanakan program magang di Lembaga zakat, khususnya soal keimanan, solidaritas tinggi dan ukhuwah atau hubungan kerja sama. Mahasiswa belajar banyak bab zakat, infaq, shodaqoh dan wakaf, tidak jarang juga mahasiswa yang sudah di anggap menjadi bagian dari amil (magang) di terjunkan ke masyarakat untuk menyelesaikan program yang sedang berjalan seperti darat, survey dan program-program bermanfaat yang lainnya.

Posisi Customer Service tidak jauh dari memberikan pelayanan kepada konsumen terkait informasi LAZ LMI yang tersedia, melayani keluhan konsumen atau donasi baik dari pertanyaan seputar LMI, Konsultasi Syariah maupun kerja sama dari perusahaan lain, organisasi mahasiswa atau komunitas. Humas juga bergabung pada Departemen Layanan yang bertugas membangun citra dan reputasi Lembaga Zakat LMI dengan perusahaan-perusahaan lain. Berbeda dengan Departemen Digital posisi Content Creator yang memiliki tanggung jawab memegang akun media sosial LMI yaitu Instagram Amil Story, Instagram Wakaf LMI, dan Tik-Tok LMI Zakat dengan tugas bekerjasama dengan tim kreatif untuk membuat konten-konten terbaru atau sebagai marketing.

Dalam pelaksanaan magang tersebut mahasiswa mendapat banyak sekali ilmu pengetahuan yang mana di bangku kuliah tidak diperoleh ilmu seluas dunia kerja. Dari magang yang dilaksanakan selama lima bulan terhitung pada (16 Februari-30 Juni 2023) mahasiswa mendapat pengalaman dan ilmu yang berharga.

Penulis: Ellen Mahendra Agatha

Artikel ini telah dibaca 52 kali

Baca Lainnya

Semangat Kebangkitan Nasional Untuk Energi Menuju Indonesia Emas

20 May 2024 - 15:42 WIB

Naik Bus, Ganjar-Mahfud Hadiri Sidang Perdana Sengketa Pilpres di MK

9 May 2024 - 10:39 WIB

Antisipasi sesar lembang.brin dorong bangunan di bandung gunakan anti gempa

8 May 2024 - 20:13 WIB

Tak Lagi Nyaleg DPR RI, Ono Surono: Saya Diperintah Nyalon DPRD Jabar

8 May 2024 - 19:02 WIB

Ganjar-Mahfud Resmi Deklarasi Oposisi!

8 May 2024 - 17:55 WIB

Jokowi Rajin Bagi-bagi Bansos, Uang Dari Mana? Ini Kata Sri Mulyani

6 April 2024 - 10:59 WIB

Trending di Bisnis