Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Pendidikan · 22 Dec 2022 13:46 WIB ·

Mengikuti Program MSIB Batch 3 di Akademi Mobile App Developer NF Computer


 Mengikuti Program MSIB Batch 3 di Akademi Mobile App Developer NF Computer Perbesar

Pada bulan Juni 2022 Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Ristek, dan Teknologi (Kemendikbudristek) kembali membuka program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) Batch 3. Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) merupakan bagian dari program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) yang bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar dan mengembangkan kemampuannya, melalui aktivitas di luar kampus. Dalam pelaksaannya terdapat banyak perusahaan atau mitra berkualitas yang akan berpartisipasi dalam program Magang dan Studi Independen Bersertifikat ini.

Program MSIB ini dapat diikuti oleh mahasiswa minimal semester 5 dan hasil pembelajarannya dapat dikonversi ke dalam 20 SKS mata kuliah. Pelaksanaan program ini dibiayai penuh oleh pemerintah. Bahkan para mahasiswa yang mengikuti program magang akan mendapatkan uang transport dan uang saku setiap bulannya. Sedangkan untuk program Studi Independen, ada beberapa mitra yang memberikan uang saku, ada juga yang tidak. Dalam program ini mahasiswa akan mengikuti pembelajaran yang disediakan oleh mitra yang dipilihnya dan akan didampingi oleh mentor secara langsung selama 1 semester.

Salah satu mitra yang ikut andil dalam program MSIB ini adalah PT. Nurul Fikri Cipta Inovasi (NF Computer). NF Computer adalah sebuah lembaga di bidang pendidikan dan pelatihan IT (Information Technology) bagian dari grup Nurul Fikri yang telah dipercaya oleh masyarakat Indonesia di bidang pendidikan dan peningkatan sumber daya manusia sejak tahun 1994. Pada MSIB batch 3 ini, NF Computer menyediakan 3 program pelatihan yaitu Akademi Digital Marketing, Akademi Fullstack Web Developer, dan Akademi Mobile App Developer.

Salah satu mahasiswa yang berkesempatan untuk mengikuti program Studi Independen di NF Computer pada kelas akademi Mobile App Developer adalah Eka Nanda Sulastri dari UPN “Veteran” Jawa Timur. Periode pelaksanaan program Studi Independen batch 3 ini berlangsung dari tanggal 18 Agustus – 30 Desember 2022. Metode pembelajaran yang diterapkan di NF Computer adalah experience learning. Peserta harus mengimplementasikan materi yang diperolehnya ke dalam project akhir dan juga praktikum untuk setiap materinya. Pemberian materi dilakukan melalui online meeting. Selain praktikum, setiap pemberian materi juga akan dilengkapi dengan tugas praktik untuk memastikan pemahaman peserta.

Pembelajaran dilaksanakan rutin dari hari Senin – Jumat. Pada pukul 08.00 – 12.00 terdapat penyampaian materi dan tutorial coding via zoom meeting. Selanjutnya pada pukul 13.00 – 16.00, peserta mengerjakan tugas/proyek dengan dibimbing langsung oleh mentor. Setiap mentor akan membimbing kurang lebih 20 peserta. Kemudian pada jam berikutnya, peserta bebas untuk belajar secara mandiri selama 3 jam. Materi yang diajarkan pada kelas akademi mobile app developer juga cukup beragam. Mulai dari materi dasar-dasar pemrograman, pemrograman mobile, design pattern, code versioning git dan github, UI UX design, hingga database. Selain materi hard skill, materi soft skill juga diajarkan pada kelas ini. Adapun materi soft skill yang diajarkan berkaitan dengan time management, team work, problem solving, dan critical thinking. Untuk pembelajaran soft skill ini sendiri dilaksanakan tiap hari Kamis.

Pada akhir pembelajaran, setiap peserta harus mengerjakan final post test melalui Learning Management System (LMS). Selain itu, peserta harus mengerjakan final project secara berkelompok sebagai syarat untuk memperoleh sertifikat sebagai Mobile App Developer. Setiap kelompok akan membangun sebuah aplikasi e-commerce berbasis mobile yang nantinya akan dipresentasikan kepada mentor masing-masing tiap kelompok. Final project ini sendiri dikerjakan pada 2 bulan terakhir dari periode pelaksanaan Studi Independen.

Dengan adanya program studi independen ini, mahasiswa mengeksplorasi pengetahuan dan kemampuan di lapangan selama lebih dari satu semester. Mahasiswa bisa merasakan pengalaman belajar di luar kampus dengan mentor-mentor yang profesional dan juga bisa bertemu serta sharing ilmu dengan rekan-rekan peserta dari universitas lain.

Artikel ini telah dibaca 43 kali

Baca Lainnya

Naik Bus, Ganjar-Mahfud Hadiri Sidang Perdana Sengketa Pilpres di MK

9 May 2024 - 10:39 WIB

Antisipasi sesar lembang.brin dorong bangunan di bandung gunakan anti gempa

8 May 2024 - 20:13 WIB

Tak Lagi Nyaleg DPR RI, Ono Surono: Saya Diperintah Nyalon DPRD Jabar

8 May 2024 - 19:02 WIB

Ganjar-Mahfud Resmi Deklarasi Oposisi!

8 May 2024 - 17:55 WIB

Jokowi Rajin Bagi-bagi Bansos, Uang Dari Mana? Ini Kata Sri Mulyani

6 April 2024 - 10:59 WIB

Saat Presiden Sukarno Tidak Punya Uang Menjelang Lebaran????

1 April 2024 - 19:11 WIB

Trending di Bisnis