Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Pendidikan · 20 Dec 2022 22:25 WIB ·

Mendalami UI/UX Research & Design di Binar Academy


 Mendalami UI/UX Research & Design di Binar Academy Perbesar

Kampus Merdeka merupakan salah satu perwujudan pembelajaran yang menerapkan pada mahasiswa (student centered learning). Kampus merdeka merupakan bagian dari kebijakan Merdeka Belajar oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa/i untuk mengasah kemampuan sesuai bakat dan minat dengan terjun langsung ke dunia kerja sebagai persiapan karir masa depan.

Logo Binar Academy dan Kampus Merdeka

Binar Academy merupakan lembaga pendidikan non-formal yang menyelenggarakan program kursus untuk menghasilkan bakat-bakat digital. Didirikan pada tahun 2016 oleh Alamanda Shantika bersama dua orang sahabatnya yakni Dita Aisyah dan Seto Loreno. Binar Academy memiliki nilai-nilai dan tujuan yang dituangkan ke dalam visi & misi perusahaan. Kristalisasi nilai dan tujuan tersebut diharapkan dapat menjadi landasan bagi Binar Academy serta seluruh orang yang terlibat di dalamnya, mulai dari pendiri hingga akademisi. Melalui kegiatan MBKM Studi Independen di Binar Academy ini menjadi salah satu implementasi dalam tercapainya program Kemendikbud dalam membentuk mahasiswa yang mampu bersaing secara sosial, kerja sama, manajemen diri dan tuntutan kerja disaat pesatnya perkembangan zaman yang ada. Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 1 Agustus 2022 sampai dengan tanggal 31 Desember 2022 selama 5 bulan. Masing-masing kelas akan terdapat 25 orang peserta dengan didampingi oleh satu fasilitator di setiap kelasnya. Peserta akan dipandu dengan fasilitator yang bertugas sebagai mentor yang akan menjelaskan materi dan bimbingan selama pembelajaran.

Suasana Binar Academy Pada Saat Course

Selama program berlangsung kita akan diberikan sebuah challenge atau tugas yang diberikan 1 kali per chapternya. Challenge tersebut dikerjakan bertujuan untuk bisa naik tingkat ke level materi selanjutnya. Untuk Challenge ini berlaku pada sampai chapter 8 saja. Pada chapter 9-11 yaitu Platinum terdapat sebuah tugas final projek atau tugas akhir. Tugas akhir ini dilaksanakan dengan berkolaborasi dengan kelas lain yang dimana pada kali ini UI/UX Research & Design berkolaborasi dengan Projek Manager. Pada tugas akhir ini Binar Academy menggunakan metode kerangka kerja scrum yang dimana dibagi menjadi 3 sprint yang pada setiap sprint memiliki waktu 2 minggu. Pada tugas akhir ini saya mendapatkan topik untuk membuat sebuah tampilan aplikasi dengan tema Agritech (Agriculture Technology) yaitu platform yang fokus pada pengembangan bisnis di bidang pertanian namun dengan sentuhan teknologi yang mengikuti perkembangan zaman yang ada. Disini tema yang saya dapatkan cukup menantang dibanding dengan tema lainnya yang dimana disini tim kami melakukan survei langsung dengan petani yang membuka persepsi saya.

Berikut kurang lebih pengalaman saya ketika mengikuti Studi independen pada Binar Academy. Dengan kita mengikuti pembelajaran diluar kampus dan ingin merasakan bagaimana situasi dunia kerja yang sesungguhnya. Dan mengikuti studi independen ini saya jadi mengetahui minat bakat saya yang sesungguhnya dimana.

Penulis: Muh. Ahlun Nazar
Mahasiswa Sistem Informasi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Editor: Rahmadhia
Bahasa: Naurah

Artikel ini telah dibaca 56 kali

Baca Lainnya

Pemanfaatan Sampah Dapur Menjadi Cairan Serbaguna bersama Mahasiswa Pengabdian Masyarakat UPN “Veteran” Jawa Timur

22 June 2024 - 18:26 WIB

Sosialisasi “Pentingnya Sertifikasi Halal bagi UMKM Muda di Desa Candi, Kab. Sidoarjo”

20 June 2024 - 11:06 WIB

Kerja Bakti “Pembersihan Sampah Sekitar Sungai di Desa Ciburial RW 7

15 June 2024 - 21:50 WIB

Kegiatan Pengolahan Sampah Terpadu di Desa Ciburial “Mengubah Sampah Organik Menjadi Pupuk Kompos”

15 June 2024 - 21:43 WIB

Profil Desa Ciburial: Keindahan Alam yang Membutuhkan Pengelolaan Sampah Terpadu

15 June 2024 - 21:33 WIB

Tax Policy and Economic Elites: Going Where the Money is Earmarking

12 June 2024 - 05:59 WIB

Trending di Pendidikan