Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Pendidikan · 25 Dec 2022 12:37 WIB ·

Memulai Karir Menjadi Data Analyst Bersama MyEduSolve


 Memulai Karir Menjadi Data Analyst Bersama MyEduSolve Perbesar

Program Kampus Merdeka yang diadakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), adalah program persiapan karier yang komprehensif untuk mempersiapkan generasi-generasi terbaik Indonesia. Program ini disebut studi independent bersertifikat.  Studi Independen Bersertifikat bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan, namun tetap diakui sebagai bagian dari perkuliahan.Hal yang akan didapatkan dalam masa Studi Independen ini yaitu mempelajari kompetensi yang spesifik, berinteraksi dengan para pakar, mempraktikkan kompetensi tersebut, dan mendapatkan sertifikat yang diakui oleh lembaga-lembaga besar. Dewa Raka Krisna Saputra merupakan salah satu mahasiswa UPN Veteran Jawa Timur, Fakultas Ilmu Komputer, Program Studi Informatika, yang saat ini sedang mengikuti program Studi Independen Bersertifikat di perusahaan PT. Dwi Inti Putra (MyEduSolve) pada Pathway Data Analyst.

Bermula dari ingin mendaftar magang di bidang Data Analyst namun sadar apabila saya belum memiliki banyak pengalaman mengenai bidang tersebut. Jadilah saya mengikuti Studi Independen di MyEduSolve ini.MyEduSolve khususnya Pathway Data Analyst mempelajari materi mengenai  IT Specialist: Data Analytics, IT SpecialistDatabase (SQL), Microsoft Office Specialist: Excel Associate, Microsoft Office Specialist: Excel Expert, Microsoft Power Platform Fundamental (PL-900), dan Introduction to Python. Di MyEduSolve ini itu cukup banyak kegiatan yang dilaksanakan. Yang pertama ada Career MentoringNah di kelas Career Mentoring ini membantu kita sebagai mahasiswa yang membutuhkan informasi lebih mengenai pembuatan CV, pembuatan cover letterself awareness, pembentukan pemikiran kritis, bagaimana cara berfikir kreatif, pembuatan portofolio, dan masih banyak lagi. Selain kelas mini Career Mentoring, ada juga Kelas Besar Career Mentoring yang melibatkan semua mahasiswa MyEduSolve (kira-kira 500 orang).

Nah di situ setiap minggu dari MyEduSolve selalu mendatangkan pemateri-pemateri berpengalaman dari berbagai bidang. Selain Career Mentoring dan Kelas Besar Career Mentoring, ada juga games di tiap bulannya yaitu Social Mixer. Di Social Mixer ini kita digabungkan dengan siapapun mahasiswa dengan berbeda kelas dan pathway, dan bermain game secara kelompok untuk melatih komunikasi dengan siapapun. Ini cukup seru karena kita bisa mengenal teman-teman selain di kelas

Tugas akhir yang dikerjakan oleh Raka pada program ini ialah membuat sebuah dashboard yang sesuai dengan apa yang diminta client (company yang bekerja sama dengan MyEduSolve) dengan berbagai cara yang telah diajarkan pada program tersebut. Mulai dari bagaimana menganalisis data, data validation, dan data visualization menjadi poin penilaian pada tugas akhir ini. Penilaian dilakukan berdasarkan hasil akhir pekerjaan, yang meliputi aspek: Kesesuaian dengan brief; Pemahaman dan penerapan konsep; Keterampilan mengoperasikan program; Kemampuan untuk menciptakan solusi dan/ atau inovasi; Pemaparan hasil akhir (presentasi). Semua ilmu ini sangat bermanfaat. Semua mentor adalah orang-orang yang berkecimpung di dunia teknogi dan bekerja untuk perusahaan skala nasional hingga multinasional.

Raka ingin berterima kasih kepada semua mentor dari MyEduSolve yang telah membantu Raka dalam mempelajari semua materi dan mendapatkan ilmu selama ini. Raka juga berharap program ini dapat terus diadakan agar para mahasiswa lain dapat memiliki kesempatan belajar ilmu baru di luar universitas.

 

 

Artikel ini telah dibaca 54 kali

Baca Lainnya

*Ditjen Bina Bangda Apresiasi terhadap Publikasi Data Statistik Sektoral Pemkab Lebak*

25 February 2024 - 12:28 WIB

Mewaspadai Gejala Resesi Ekonomi dengan Bijaksana

25 February 2024 - 12:23 WIB

JIMLY ASSHIDDIQIE – Guru Besar Ilmu Hukum Universitas Indonesia, Guru Besar Kehormatan UNHAN, STHM, dan Honorary Professor of Melbourne University School of Law. Ketua MKRI pertama (2003), Ketua DKPP pertama (2012), dan anggota DPD-RI dan MPR-RI (2019-2024)

24 February 2024 - 19:11 WIB

Diduga rem tidak berfungsi, sebuah truk tangki Elpiji menabrak Dump truk.

24 February 2024 - 16:53 WIB

*Seorang Suami Naik Pitam Akibat Istrinya Dilecehkan oleh Saudara Iparnya*

24 February 2024 - 14:04 WIB

*Minta Jajarannya Perkuat Kinerja, Kepala BSKDN Optimistis Hasilkan Strategi Kebijakan Berkualitas*

24 February 2024 - 13:06 WIB

Trending di Bisnis