Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Bisnis · 22 Dec 2022 10:42 WIB ·

Mau Mulai Bisnis Startup? Yuk Ikutan MSIB dari STECHOQ. GRATIS!!!


 Mau Mulai Bisnis Startup? Yuk Ikutan MSIB dari STECHOQ. GRATIS!!! Perbesar

Bisnis startup akhir-akhir ini menjadi ombak baru dalam satu dekade terakhir ini. Banyak startup mulai bermunculan dari berbadai bidang seperti ritel, perikanan, travel, perhotelan, dan lain sebagainya yang telah digunakan jutaan kali pada tiap harinya. Adanya peluang-peluang yang muncul menjadi penyebab banyaknya bisnis startup bermunculan. Begitupun juga Anda mempunyai peluang untuk masuk dalam industri bisnis startup tersebut. Penasaran dengan merubah peluang menjadi bisnis startup? Yuk simak di bawah ini!

Magang Studi Independen Bersertifikat atau disingkat MSIB merupakan program Kampus Merdeka yang dirintis oleh Kemendikbud. Mahasiswa dari seluruh Indonesia dapat mengikuti MSIB ini. MSIB sendiri dapat diakses melalui website resmi kampus merdeka.

Dalam program MSIB terdapat berbagai lowongan magang dan studi independen dari berbagai bidang seperti desain, teknik, hingga komputer. Dengan demikian, banyak pilihan yang dapat diikuti oleh mahasiswa sesuai dengan bidang yang diinginkan terutama bisnis startup. Salah satu program MSIB yang dapat diambil adalah Startup Business Development dari PT. Stechoq Robotika Indonesia. PT.Stechoq Robotika Indonesia yang merupakan perusahaan startup yang bergerak dibidang teknik yang didirikan pada tahun 2015 oleh seorang lulusan UGM bernama Maliq Khidir. Stechoq berbasis Research & Development yang berbasis mengembangkan inovasi produk teknologi robotika dan industri 4.0.

Program Startup Business Development dapat diambil melalui website kampus merdeka dengan mengambil program MSIB dan berlangsung selama 5-6 bulan lamanya. Beberapa bulan yang lalu saya Dimas Mirza Alifansa mendapatkan kesempatan mengikuti program MSIB ini. Dalam program ini Anda akan belajar mengenai bisnis dan cara awal membangun sebuah bisnis startup yang baik. Selain itu, Anda juga akan mempelajari ilmu-ilmu lain yang dapat berguna untuk jobdesk dalam berbisnis startup. Ilmu-ilmu tersebut seperti project management, akuntansi, general affair, legal, dan masih banyak lagi.

Pada minggu awal program Anda akan mempelajari Startup 101 yakni seputar startup dan bagaimana mengubah peluang menjadi suatu bisnis yang diperlukan oleh masyarakat. Minggu pertama s/d minggu kedua Anda akan mempelajari pengertian dari startup dan ide bisnis dalam startup. Setelah itu, pada minggu ketiga s/d minggu kelima Anda akan belajar problem-solution fit yang berguna untuk mencari tahu ide bisnis Anda berguna bagi masyarakat dan product-market fit untuk mengetahui produk Anda serta market yang sesuai untuk produk yang Anda ciptakan.

Setelah mempelajari Startup 101, Anda akan mulai mempelajari Project Management. Dalam project management, Anda akan mempelajari susunan dari project management hingga dokumentasi dalam penutupan project. Minggu selanjutnya, Anda akan belajar human resources untuk mengelola sumber daya manusia yang ada dalam bisnis startup Anda. Pada minggu selanjutnya mulai mempelajari akuntansi, legal, general affair yang akan berguna bagi Anda untuk mempelajari berbagai aspek dalam bisnis startup nantinya. Anda akan mendapatkan materi mengenai persamaan akuntansi dasar, hukum perusahaan, serta pergudangan dalam bisnis.

Menjelang akhir program Anda akan membentuk sebuah tim untuk mengembangkan sebuah bisnis startup berdasarkan ide bisnis terbaik yang ada. Anda akan diarahkan untuk mulai membuat rancangan bisnis satu per satu dengan dipimpin oleh seorang Project Manager. Adanya Project Manager berguna untuk mengarahkan anggota tim untuk dapat mencapai dan menyelesaikan rancangan bisnis startup hingga materi terakhir yaitu pitch deck. Melalui materi pitch deck, Anda akan mulai membuat pitch deck dari awal dibantu dengan anggota tim project. Setelah itu, Anda dan teman tim Anda akan melakukan pitching di depan mentor beserta investor yang ada sebagai ujian akhir dari program ini. Dengan demikian, apabila Anda dan tim Anda melaksanakan program ini dengan serius maka Anda akan memulai sebuah bisnis startup baru dengan bantuan dana dari investor.

Sungguh menarik bukan? Anda tidak harus bersusah payah dalam memulai bisnis startup Anda. Yang Anda butuhkan hanya mengikuti program Startup Business Development dari STECHOQ melalui program MSIB. Kemendikbud membuka kembali program MSIB pada awal bulan Januari 2023. Anda mempunyai peluang untuk mengikuti program Startup Business Development. Jadi…tunggu apalagi? Yuk daftar Startup Business Development dari STECHOQ. GRATIS!!!

Artikel ini telah dibaca 53 kali

Baca Lainnya

Naik Bus, Ganjar-Mahfud Hadiri Sidang Perdana Sengketa Pilpres di MK

9 May 2024 - 10:39 WIB

Antisipasi sesar lembang.brin dorong bangunan di bandung gunakan anti gempa

8 May 2024 - 20:13 WIB

Tak Lagi Nyaleg DPR RI, Ono Surono: Saya Diperintah Nyalon DPRD Jabar

8 May 2024 - 19:02 WIB

Ganjar-Mahfud Resmi Deklarasi Oposisi!

8 May 2024 - 17:55 WIB

Google Ads Bantu UMKM Jangkau Lebih Banyak Customer

6 May 2024 - 13:21 WIB

Google Ads

Menteri ATR/Kepala BPN Serahkan Piala Bergilir Kompetisi Proliga 2024

26 April 2024 - 13:06 WIB

Trending di Bisnis