Lulusan di Indonesia saat ini kebanyakan lulus dengan nilai yang tinggi, tetapi skill yang dimiliki masih jauh dari kata cukup untuk masuk ke dalam dunia kerja. Maka dari itu, perlu adanya pelatihan khusus atau tambahan sebelum mahasiswa lulus seperti mengikuti kegiatan Studi Independen. Saat ini mahasiswa dapat mengikut sebuah program yaitu MBKM Merdeka Belajar Kampus Merdeka
Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) adalah salah satu program gagasan Kemendikbud yang memiliki banyak manfaat bagi mahasiswa. Program ini memiliki tujuan untuk mendorong mahasiswa untuk meningkatkan kompetensi di berbagai bidang. Magang & Studi Independen Bersertifikat (MSIB) merupakan salah satu sub-program MBKM yang memberi kesempatan pada mahasiswa untuk mempelajari bidang yang ingin dikuasai oleh mahasiswa maupun merasakan magang untuk mengetahui bagaimana dunia kerja di bidang yang sesuai dengan minat mahasiswa tersebut.Salah satu mitra dari program studi independen ini adalah MyEdusolve
MyEduSolve adalah perusahaan edutech yang fokus dengan meningkatkan kualitas tenaga kerja Indonesia melalui literasi digital. Sebagai upaya dari pelaksanaan visi tersebut, MyEduSolve berupaya membangun ekosistem solusi pendidikan yang memberdayakan siswa, pendidik, dan professional.
Dhimas Akbar Adipratama,salah satu mahasiswa Universitas Pembangunan Nasonal “veteran” Jawa timur , Fakultas Ilmu Komputer ,jurusan Informatika .Berkesempatan mengikuti program studi independent dengan mitra myedusolve,pathway yang dia pilih adalah VR game developer. Dalam pathway ini terbagi menjadi 4 kelas ,yaitu pada minggu pertama hingga ke empat,kelas unity programmer ,dikelas ini mempelejari dasar dasar fundamental pada programming unity menggunakan Bahasa c#.
Kelas berikutnya ialah kelas unity VR developer,mulai lah disini untuk membuat logika logika pada game seperti collision,tata letak kamera,movement kamera dan lain lain
Kelas berikutnya ialah kelas adobe illustrator ,dikelas ini mempelajari dasar dasar adobe illustrator,yang nantinya bisa digunakan dalam mendesign sebuah karakter,object dalam game dan sampai pada texturing karakter.
Lalu kelas terakhir ialah kelas Autodesk maya,pada kelas ini akan mempelajari pembuatan 3d objek,sampai pembuatan animasi karakter yang akan dipakai,lalu juga lightning dan masih banyak lagi.
Setelah semua kelas itu terjalani,dhimas dan tim mendapatkan sebuah capstone project yang mengharuskan untuk membuat sebuah video 360 virtual tour yang akan digunakan sebagai media promosi.Capstone project ini dikerjakan dengan batas waktu selama 3 minggu. Tim bekerjsama dengan baik dengan mulai membagi tugas diminggu pertama pengerjaan,siapa siapa saja yang mengerjakan,mulai dari concepting,2d artist 3d artist dan programmer unity.
Pada capstone project ini dhimas berkesempatan menjadi conceptor dan 2D artist yang mengharuskan untuk membuat asset asset 2 dimensi yang nantinya akan di aplikasikan ke dalam virtual tour tersebut. Tim berjalan dengan kompak dan baik hingga mencapai hal yang memuaskan.