Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Nasional · 7 Jun 2023 22:13 WIB ·

Mahasiswa MSIB Turut Andil dalam Penyaluran Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) di Kota Surabaya


 Mahasiswa MSIB Turut Andil dalam Penyaluran Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) di Kota Surabaya Perbesar

 

Magang dan Studi Independen Bersertifikat atau MSIB adalah salah satu program Kampus Merdeka yang dirancang untuk memastikan mahasiswa mendapatkan keterampilan dan kompetensi utama, terbaik, dan terkini untuk menghadapi dunia masa depan. Program magang ini merupakan program di mana mahasiswa akan bekerja di organisasi mitra selama periode tertentu. MSIB ini tidak hanya dilakukan di industri tetapi juga di lembaga-lembaga, ataupun kementerian-kementerian. Dimana sangat terbuka lebar untuk mahasiswa mengikuti passion dalam menyiapkan diri memasuki dunia profesi.

Salah satu lembaga kementerian yang bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) adalah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Adanya mahasiswa yang magang pada sejumlah proyek pembangunan infrastruktur dan perumahan akan menciptakan ruang belajar yang inovatif baik bagi mahasiswa maupun bagi Kementerian PUPR. Kerjasama antara Ditjen Perumahan Kementerian PUPR dan Ditjen Pendidikan Tinggi (DIKTI) ini dilaksanakan guna mendukung pencapaian target penyediaan rumah layak huni bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang dapat diterapkan pada program pengembangan rumah umum seperti pembangunan rumah susun, rumah khusus, dan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS).

Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) adalah bantuan Pemerintah bagi masyarakat berpenghasilan rendah untuk mendorong dan meningkatkan keswadayaan dalam peningkatan kualitas rumah dan pembangunan baru rumah beserta prasarana, sarana, dan utilitas umum. Mahasiswa MSIB turut andil dalam penyaluran program ini salah satunya di wilayah Kelurahan Manukan Kulon Kota Surabaya. Terdapat sejumlah 18 warga sebagai penerima bantuan dari program ini. Mahasiswa MSIB ikut terjung langsung ke masyarakat dalam menyeleksi calon penerima bantuan mulai dari administrasi, survey kelayakan rumah, pembuatan rekening, pembangunan, serta sosialisasi sehingga menghasilkan penerima bantuan yang benar-benar sesuai dengan verifikasi. Tidak hanya itu mahasiswa juga ikut dalam mengawasi proses pembangunan rumah dari awal hingga akhir proses pembangunan. Mahasiswa juga dapat membantu penerima bantuan apabila mengalami kesulitan selama proses pembangunan berlangsung. Bantuan yang diterima oleh penerima bantuan sebesar 20 juta per Kartu Keluarga (KK). Penerima Bantuan juga bisa menggunakan swadaya yang dimilikinya seperti tukang dari keluarga sendiri atau bahan material bangunan yang dimiliki sebelumnya.

Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) adalah sebuah program yang sangat berharga bagi para peserta. Mahasiswa akan merasakan bagaimana kerja di dunia profesi karena di MSIB mahasiswa berhadapan langsung dengan para mentor yang ahli dibidangnya. Dalam mengikuti kegiatan ini mahasiswa juga akan mendapatka pengalaman yang tidak didapatkan didunia perkuliahan sehingga sangat perlu mahasiswa mengikuti progam MSIB ini.

 

 

 

Artikel ini telah dibaca 79 kali

Baca Lainnya

Naik Bus, Ganjar-Mahfud Hadiri Sidang Perdana Sengketa Pilpres di MK

9 May 2024 - 10:39 WIB

Antisipasi sesar lembang.brin dorong bangunan di bandung gunakan anti gempa

8 May 2024 - 20:13 WIB

Tak Lagi Nyaleg DPR RI, Ono Surono: Saya Diperintah Nyalon DPRD Jabar

8 May 2024 - 19:02 WIB

Ganjar-Mahfud Resmi Deklarasi Oposisi!

8 May 2024 - 17:55 WIB

dikabarkan Gunung Ruang Kembali Keluar Erupsi akan Berpotensi Tsunami, Warga Tagulandang Sulawesi utara Diminta mengungsi secepatnnya

30 April 2024 - 22:39 WIB

Menteri ATR/Kepala BPN Serahkan Piala Bergilir Kompetisi Proliga 2024

26 April 2024 - 13:06 WIB

Trending di Bisnis