Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

News · 14 Dec 2023 18:00 WIB ·

Mahasiswa KKN UPN Veteran Jawa Timur Daftarkan Lokasi Usaha UMKM di Google Maps


 Mahasiswa KKN UPN Veteran Jawa Timur Daftarkan Lokasi Usaha UMKM di Google Maps Perbesar

Mahasiswa KKN kelompok 02 Fakultas Teknik dan Sains UPN Veteran Jawa Timur yang dibimbing oleh Mega Cattleya Prameswari Anissa Islami, S.ST, M.T. sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di RW 9 Kelurahan Tanah Kali Kedinding, Kecamatan Kenjeran, Kota Surabaya, berhasil membantu para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kelurahan tersebut untuk mendaftarkan lokasi usaha mereka ke Google Maps. Langkah ini dilatarbelakangi oleh urgensi meningkatkan daya saing UMKM di wilayah tersebut. Dengan terdaftarnya lokasi usaha di Google Maps, diharapkan para UMKM dapat lebih mudah ditemukan oleh calon konsumen, serta memberikan dorongan vital dalam memperluas pangsa pasar mereka.

Sumber: Dokumen Pribadi

 

Mahasiswa KKN UPN Veteran Jawa Timur yang terlibat dalam program kerja ini memberikan pendampingan kepada para pelaku UMKM dalam mengisi data-data yang dibutuhkan untuk mendaftarkan lokasi usaha ke Google Maps. Data-data tersebut meliputi kategori usaha, nama usaha, alamat lengkap, nomor telepon, dan jam operasional. Tak hanya membantu dalam pendaftaran lokasi usaha, mereka juga memberikan sosialisasi kepada para pelaku UMKM mengenai pentingnya memanfaatkan teknologi digital dalam pemasaran produk. Sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para pelaku UMKM dalam memanfaatkan teknologi digital untuk mengembangkan usaha mereka.

 

Program kerja ini mendapat sambutan yang baik dari para pelaku UMKM di Kelurahan Tanah Kali Kedinding. Mereka merasa sangat terbantu dengan adanya program kerja ini. Salah satunya adalah Ibu Muhasyah, pemilik usaha kuliner bandeng presto dan bandeng otak-otak. Ia menyatakan kegembiraannya karena bantuan tersebut meningkatkan pemahamannya tentang penggunaan teknologi, terutama penggunaan Google Maps. “Saya sangat senang karena akhirnya usaha saya bisa muncul di Google Maps. Terima kasih karena ini akan sangat membantu saya untuk menjangkau lebih banyak calon konsumen,” ujar Ibu Muhasyah. Ibu Muhasyah juga menyampaikan bahwa sosialisasi yang diberikan oleh mahasiswa KKN UPN Veteran Jawa Timur sangat bermanfaat baginya. Ia kini memiliki pemahaman yang lebih baik tentang cara memanfaatkan teknologi digital untuk mempromosikan usahanya.

Program kerja ini tidak hanya memberikan manfaat langsung kepada para pelaku UMKM, tetapi juga merupakan salah satu bentuk kontribusi mahasiswa KKN UPN Veteran Jawa Timur dalam mendukung pengembangan UMKM di Indonesia. Berbagai dampak positif yang dirasakan oleh para pelaku UMKM setelah terdaftar di Google Maps antara lain:

  1. Peningkatan Daya Saing UMKM, Dengan terdaftarnya lokasi usaha di Google Maps, maka UMKM tersebut akan lebih mudah ditemukan oleh calon konsumen. Hal ini dapat meningkatkan daya saing UMKM tersebut dibandingkan dengan UMKM yang belum terdaftar di Google Maps.
  2. Peningkatan Penjualan, Setelah mendaftarkan lokasi usaha di Google Maps, para pelaku UMKM mulai menerima lebih banyak pesanan dari pelanggan baru. Hal ini menunjukkan bahwa program kerja ini telah berdampak positif terhadap peningkatan penjualan UMKM.
  3. Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan Pelaku UMKM, Melalui sosialisasi yang diberikan oleh mahasiswa KKN UPN Veteran Jawa Timur, para pelaku UMKM tidak hanya menerima manfaat langsung dari pendaftaran di Google Maps, tetapi juga memperoleh pengetahuan dan keterampilan baru dalam memanfaatkan teknologi digital untuk pemasaran produk.

Program kerja ini menjadi tonggak penting dalam mendukung pertumbuhan UMKM di Tanah Kali Kedinding serta menjadi contoh nyata bagaimana kolaborasi antara mahasiswa dan komunitas masyarakat dapat memberikan dampak yang signifikan bagi pertumbuhan dan perkembangan ekonomi lokal, khususnya di Tanah Kali Kedinding, Surabaya.

Ditulis oleh: KKN Kelompok 02 UPN “Veteran” Jawa Timur

Dibimbing oleh: Mega Cattleya Prameswari Anissa Islami, S.ST, M.T.

Link:

LPPM UPN “Veteran” Jawa Timur

Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Fakultas Teknik UPN “Veteran” Jawa Timur

Program Studi Teknik Industri UPN “Veteran” Jawa Timur

Artikel ini telah dibaca 67 kali

Baca Lainnya

Ganjar: Sukarno Tak Pernah Bicara Kepentingan Pribadi, Keluarga

5 July 2024 - 14:45 WIB

Ganjar hingga Ahok jadi ketua dpp PDIP hingga 2025

5 July 2024 - 14:35 WIB

Mahasiswa Agribisnis Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur Sosialisasikan Pembuatan Eco Enzym di Gapoktan Keputih Bersemi

4 July 2024 - 17:36 WIB

Mahasiswa Agribisnis UPN Jawa Timur Gelar Kerja Bakti Bersama Gapoktan Keputih Bersemi: Mengembangkan Komoditas Organik untuk Masa Depan Berkelanjutan

4 July 2024 - 14:23 WIB

Mata dan mulut tertutup lakban seorang pria di temukan tewas gantung diri di fly over Cimindi Cimahi Bandung

28 June 2024 - 11:56 WIB

Tim PKM RSH UMS, Lakukan Penelitian Tentang Taktik Bahasa dalam Kejahatan Siber

24 June 2024 - 12:01 WIB

Trending di Pendidikan