Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Pendidikan · 25 Dec 2022 19:22 WIB ·

Mahasiswa Dapat Belajar Menjadi UI/UX Designer di Startup Campus Melalui Program MSIB


 Mahasiswa Dapat Belajar Menjadi UI/UX Designer di Startup Campus Melalui Program MSIB Perbesar

Pada era Revolusi Industri 4.0 penggunaan teknologi, komunikasi, dan informasi terus berkembang dan terus mengalami kemajuan yang terbilang cukup pesat. Dengan kemajuan yang pesat ini digitalisasi sangat membantu masyarakat dengan memberikan kemudahan juga menciptakan banyak perubahan dikarenakan pada era ini kita harus bisa membuat berbagai macam inovasi yang berlandaskan teknologi yang bisa digunakan untuk kegiatan sehari-hari. Digitalisasi juga membuat peranan seorang UI/UX designer sangat penting dalam sebuah pengembangan produk perusahaan ataupun usaha mikro.

Pada saat ini Mahasiswa Indonesia kebanyakan lulus dengan nilai yang tinggi tetapi skill yang dimiliki masih jauh dari kata cukup untuk masuk ke dalam dunia kerja. Maka dari itu, perlu adanya pelatihan khusus atau tambahan sebelum mahasiswa lulus seperti mengikuti kegiatan magang. Saat ini setiap mahasiswa mempunyai kesempatan untuk mengikuti kegiatan magang dan studi independen yaitu salah satunya program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

MBKM atau Program Merdeka Belajar yang dipelopori Kemendikbud merupakan program yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang memiliki tujuan untuk para calon generasi penerus bangsa yaitu mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan untuk menjadi bekal memasuki dunia kerja dengan menggandeng mitra-mitra.

Program MBKM yang diselenggarakan oleh Kemendikbud ini memiliki sub-program yang dinamakan MSIB (Magang & Studi Independen Bersertifikat). Pada program MSIB UI/UX Designer Startup Campus yang dinaungi oleh Yayasan Bakti Achmad Zaky mahasiswa dibimbing langsung oleh mentor yang sudah terjun pada ranah profesional dan didampingi oleh fasilitator yang berpengalaman dan tidak perlu diragukan lagi. Selain didampingi oleh mentor, mahasiswa juga mempunyai jadwal rutinan yaitu kelas setiap minggunya dan bukan hanya itu diluar kelas mahasiswa juga didampingi dan diberikan kelas tambahan yang langsung didampingi super mentor untuk menambah wawasan yang sangat luas.

Dalam pembelajaran yang dimulai pada bulan Agustus hingga Desember 2022 ini diajarkan bagaimana caranya menjadi seorang UI/UX Designer yang baik dan benar dan yang mampu bersaing di dalam dunia kerja. Terlepas dari latar belakang mahasiswa itu sudah mengenal UI/UX ataupun belum nyatanya ilmu yang disampaikan sangat mudah dipahami. Pembelajaran juga ditunjang dengan adanya pembekalan materi umum seperti leadership dan public speaking oleh orang-orang yang berpengalaman di bidangnya dengan tujuan dapat mempersiapkan mahasiswa untuk terjun ke dunia kerja.

Sesuai namanya, disini selain diajarkan ilmu/teori penting terkait UI/UX Designer juga diberikan kesempatan praktek secara langsung untuk mendalami UI/UX Designer. Terdapat sesi Live Session yang merupakan sesi pembelajaran yang berdurasi 2-3 jam . Pada sesi ini, mahasiswa akan melakukan diskusi, problem solving, simulasi, presentasi, serta aktivitas lainnya. Lalu ada sesi Mentoring yang merupakan sesi one-on-one dengan mentor masing-masing tim untuk mengevaluasi hasil pembelajaran, yang dilakukan seminggu sekali. Serta sesi Cycle Meeting merupakan sesi perencanaan kegiatan mingguan untuk memastikan tim peserta melaksanakan kewajibannya selama program berlangsung termasuk mempersiapkan pembelajaran, mengerjakan proyek. Selain itu mahasiswa juga diberikan tugas tiap minggunya agar melatih skill dan keterampilan yang telah didapatkan pada sesi Live Session.

Ketika dipenghujung kegiatan mahasiswa akan diberikan Final Project. Mahasiswa dalam naungan Startup Campus akan bekerja sama atau dikolaborasikan pada track atau keilmuan lain untuk menyelesaikan Final Project. Pada track UI/UX Designer setiap team akan di kolaborasikan dengan track Data Science untuk memperoleh data yang akan digunakan oleh track UI/UX Designer. Serta pada Final Project ini setiap team didampingi dan diberi arahan oleh mentor dan setiap mahasiswa atau setiap anak pada kelompok Final Project harus melaporkan tugas dan pekerjaan apa yang telah dilakukan atau dikerjakan untuk dievaluasi oleh mentor untuk memastikan desain atau tahapan pada project ini sudah benar dan jika ada kesalahan maka akan dilakukan perbaikan. Ketika waktu pengerjaan Final Project telah selesai dan kelompok sudah mengumpulkan tugas yang diberikan maka mahasiswa akan menunggu hasil kelompok mana yang lolos untuk showcase kepada stakeholder serta mendapatkan biaya pendanaan.

Pengalaman Studi Independen pada Startup Campus yang saya ikuti ini merupakan suatu pengalaman yang sangat berarti bagi saya karena kami mahasiswa dari berbagai daerah berkumpul dan bekerja sama dan saling sharing untuk pengalaman yang mengesankan. Kita dapat menjajaki secara langsung bagaimana dunia diluar perkuliahan sambil belajar bidang yang kita gemari. Selain itu Kemendikbud juga memberikan kesempatan untuk mengonversikan-nya kedalam 20 sks mata kuliah universitas. Program ini sangat saya rekomendasikan untuk di ikuti untuk menambah wawasan, skill dan pengalaman mahasiswa yang akan meninjakkan kaki ke dunia profesional.

Artikel ini telah dibaca 133 kali

Baca Lainnya

Zulpikar, Pengamat Politik Bank Zoel Institute : Banyak Kejanggalan Pada Pemilu 2024

20 February 2024 - 22:06 WIB

Rapat Tahun OJK, Ketua MPR RI Bamsoet Optimistis Perekonomian Nasional Meningkat Pasca Pemilu 2024

20 February 2024 - 17:46 WIB

Pelaku Penganiayaan di Patikraja Banyumas Dibekuk Polisi

20 February 2024 - 15:04 WIB

Babinsa Kratonan Dampingi Petugas Dinsos Cek Warga Terlantar

19 February 2024 - 18:54 WIB

Kelelahan luar biasa jadi penyebab ketua kpps di ujung Berung Bandung meninggal dunia

18 February 2024 - 13:09 WIB

*Terjadi Kelalaian Pemungutan Suara di TPS 02 Kel. Bulogading Kec. Ujung Pandang, Warga Desak KPU Lakukan Pemiligan Suara Ulang*

18 February 2024 - 11:28 WIB

Trending di Bisnis