Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Teknologi · 21 Dec 2022 19:43 WIB ·

Lulusan Program Studi Independen Web Developer HACKTIV8 Siap Bekerja Sebagai Junior Web Developer


 Lulusan Program Studi Independen Web Developer HACKTIV8 Siap Bekerja Sebagai Junior Web Developer Perbesar

Studi Independen merupakan salah satu program kampus merdeka yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar di luar lingkup kampus, serta memberikan kesempatan untuk mengasah kemampuan sesuai bakat dan minat dengan terjun langsung ke dunia kerja sebagai langkah persiapan karier untuk masa yang akan datang. Pada saat ini Program Kampus Merdeka telah menggandeng berbagai institusi dan perusahaan, salah satunya Hacktiv8. Hacktiv8 merupakan salah satu platform sekolah coding di Indonesia. Dengan visinya adalah mentransformasi para pemula untuk menjadi digital talent terbaik di Indonesia yang siap bekerja. Di sini, selain akan mendapatkan pembelajaran terkait coding, kamu juga akan mendapatkan growth mindset, relevan skillset dan tentunya, peluang direkrut oleh mitra Hacktiv8. Hacktiv8 juga merupakan tempat pelatihan untuk mencetak talenta digital yang terlatih dan berkompeten. Selaras dengan komitmen Hacktiv8 untuk memajukan pendidikan yang kompeten di bidang IT, Hacktiv8 mengeluarkan tujuh course unggulannya yaitu Web Developer, Fundamental UI/UX, React & React Native, Introduction to Python for Data Science, Scalable Web Service With Golang, Intro to NodeJS, dan Android with Java Native. Dalam proses belajar mengajar, Siswa akan dibimbing oleh instruktur, yang akan bertindak sebagai teman belajar guna membantu Siswa dalam memahami materi dan mengerjakan tugas selama proses belajar mengajar berlangsung. Sistem pembelajaran dalam kurikulum ini terdiri atas Lecture Session, Mentoring Session, Practice Session dan Kurikulum Non-Teknikal.

Program Web Deveoper ini terbagi menjadi 4 phase yaitu phase 0 (18 Agustus 2022) yang merupakan tahapan onboading dan persiapan kelas, phase 1 (22 Agustus – 12 Oktober 2022) merupakan tahapan bootcamp secara intensif dengan mentor, phase 2 (12 Oktober – 16 Desember 2022) merupakah tahapan mengerjakan 4 final projek secara berkelompok, dimana setiap 2 minggu sekali wajib melakukan mentoring. Phase 3 (16 Desember – 31 desember 2022) merupakan tahapan penilaian dan penutupan program MSIB Batch III ini. Program ini mempunyai fokus utama yakni modern javascript, algoritma tingkat lanjut, materialize CSS, Document Object Model (DOM), Callback, Promise, Async/Await, Pengerjaan Final project, Debug, Testing , dan deployment. Pada program ini terbagi menjadi beberapa kelas yang memiliki jadwal live session dan mentor yang berbeda-beda. Untuk kelasnya sendiri dilaksanakan melalui google meet dengan durasi 3 jam di setiap pertemuanya.

Setiap live session selalu ada sesi tanya jawab antara mentor dengan peserta kelas. Tak jarang juga secara mendadak mentor menguji kemampuan tiap peserta dengan menunjuk untuk mengerjakan soal challenge yang ada. Di akhir live session peserta juga di wajibkan untuk mengisi link absensi yang sudah di sediakan. Setelah bootcamp intensif / live session ini habis, peserta di wajibkan untuk mengerjakan final project secara berkelompok guna mengisi nilai akhir dari program. Disini setiap kelompok wajib mengerjakan 4 final project. Selama pengerjaan final project, peserta akan mendapatkan sesi mentorship sehingga peserta bisa mendapatkan feedback dari mentor untuk menyempurnakan final projectnya. Instructor dan peserta diharapkan menggunakan learning management system (LMS) dimana proses belajar mengajar akan mengacu pada konten yang tersedia di LMS tersebut. Akses ke learning management system akan diberikan oleh Tim Part-time Program Operasional Hacktiv8. Pada LMS, akan terdapat konten/material pembelajaran berupa reading, presentasi, assignment/quiz dan projek akhir dimana project merupakan project real-world dan relevan dengan kebutuhan di bidang programming saat ini. Program akan dibawakan dalam Bahasa Indonesia dan komponen pembelajaran adalah 20% teori dan 80% practical learning.

Pada dasarnya Web development menjadi suatu skill yang penting saat ini karena website adalah wajah dari perusahaan / institusi. Web development merupakan salah satu kunci dalam pembuatan website. Tampilan website merupakan hasil karya seorang web developer. Dalam program ini, peserta akan mempelajari cara membuat sebuah website yang dinamis, dimulai dari cara pengambilan data dari API, pengolahan data menggunakan logic JavaScript dan jQuery hingga menampilkan data tersebut menggunakan metode manipulasi DOM. Logic JavaScript yang dipelajari tidak hanya untuk pengolahan data saja melainkan dari level dasar hingga menengah yang mensimulasikan kemungkinan-kemungkinan yang bisa terjadi ketika terjun ke dunia pemrograman dengan tujuan untuk mengasah logika atau cara pikir peserta untuk menjadi seorang programmer. Untuk mengambil program ini, peserta diharapkan telah memahami kemampuan dasar komputer (web browsing, app installation, file navigating). Tidak diperlukan pengalaman pemrograman atau pengembangan aplikasi web apa pun sebelumnya. Dengan pengalaman yang di peroleh selama mengikuti kegiatan studi independen di PT. Hacktivate Teknologi Indonesia diharapkan para peserta memiliki kemampuan untuk bekerja sebagai Junior Web Developer.

Artikel ini telah dibaca 215 kali

Baca Lainnya

*Aksi Bersama Segenap Elemen Masyarakat, Pers, Kaum Buruh, Aktivis Pergerakan Menolak UU Penyiaran & Pandemi Treaty*

28 May 2024 - 11:02 WIB

*Adakah yang Tahu Letak Jalan Culik di Bandung*

27 May 2024 - 15:31 WIB

*Kearifan Lokal Dapat Menjadi Bekal Membuka & Masuk Dalam Gerbang Indonesia Emas Tahun 2045*

26 May 2024 - 10:32 WIB

*Persiapan Generasi Milenial Hari Ini Untuk Membuka & Masuk ke Gerbang Indonesia Emas Pada Tahun 2045*

26 May 2024 - 00:46 WIB

Semangat Kebangkitan Nasional Untuk Energi Menuju Indonesia Emas

20 May 2024 - 15:42 WIB

Naik Bus, Ganjar-Mahfud Hadiri Sidang Perdana Sengketa Pilpres di MK

9 May 2024 - 10:39 WIB

Trending di Bisnis