Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Uncategorized · 21 Dec 2022 12:47 WIB ·

Kolaborasi Ruang Belajar Aqil dan Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda dalam Pelatihan Kepustakaan se-KKM Bululawang


 Kolaborasi Ruang Belajar Aqil dan Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda dalam Pelatihan Kepustakaan se-KKM Bululawang Perbesar

  

Pengelolaan perpustakaan sekolah merupakan hal yang perlu diperhatikan guna menunjang kegiatan belajar mengajar di sekolah. Berdasarkan hasil diskusi dengan MI Nurul Huda Bakalan yang memberikan informasi bahwa banyak sekolah di Kecamatan Bululawang Kabupaten Malang yang perpustakaan sekolahnya terbengkalai atau belum terurus dengan baik. Untuk Ruang Belajar Aqil (RBA) melalui para Relawan Magangnya yang berkolaborasi dengan MI Nurul Huda.  menginisiasi sebuah program yaitu Pelatihan Kepustakaan bersama pembicara super yakni Bapak Slamet Suyono S.P.d M.M.P.d yang merupakan Kepala Bidang Kepustakaan, Dinas Perpustkaan dan Kearsipan Kabupaten Malang.

Untuk menginisiasi kegiatan ini, 7 relawan yang tergabung dari berbagai perguruan tinggi mengadakan kegiatan silaturrahim dengan MI Nurul Huda Bakalan untuk kegiatan observasi dan pemetaan masalah. 7 relawan tersebut merupakan Royan Fajar Sultoni (mahasiswa UPN Veteran Jawa Timur), Pupur Dyah Lestari (mahasiswa Universitas Negeri Semarang), Hazna Lumbantoruan (mahasiswa Universitas Sumatera Utara), Putri Alvia Febrianti (Mahasiswa Universitas Negeri Malang), Adisti Firlanda (mahasiswa Universitas Merdeka Malang), Shofiatur Rohmah (mahasiswa Universitas Islam Malang), dan Angga Dimas (Mahasiswa Universitas Jember). Relawan-relawan tersebut tergabung dalam program Magang dan Studi Independen Bersertifikat dari Kampus Merdeka. Bu Qoyimah selaku Kepala Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Bakalan mengatakan kepada para relawan bahwa beliau dan instansi Madrasah Ibtidaiyah se-KKM Bululawang merasa perlu mendapatkan pelatihan kepustakaan dikarenakan minimnya wawasan dan tenaga pengajar yang mempunyai ilmu terkait hal tersebut.

Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh kurang lebih 19 madrasah yang tergabung dalam KKM (kelompok kerja madrasah) se-kecamatan Bululawang, Kabupaten Malang yang dilaksanakan pada Hari Senin, 17 Oktober 2022. Bapak/Ibu peserta sangat antusias dalam mengikuti kegiatan pelatihan ini karena meraka merasa terbantu oleh ilmu yang diberikan narasumber dalam tata kelola perpustakaan sekolah nantinya, serta sebagai bentuk upaya mendukung peningkatan kegiatan literasi dan numerasi di lingkungan sekolah dasar atau madrasah ibtidaiyah. Materi yang disampaikan dalam kegiatan ini antara lain mengenai pengelolaan kepustakaan, cara mendapatkan bantuan atau donasi buku, tata cara pelabelan buku, serta parameter penilaian untuk akreditasi sekolah berdasarkan perpustakaan sekolah yang dimilki.

Salah satu peserta pelatihan yaitu ibu Ismaroh memberikan kesan bahwa kegiatan ini sangat menyenangkan dan menambah wawasan tenaga pengajar sekolah-sekolah, karena di MI beliau masih minim pengetahuan mengenai kepustakaan. Besar harapan kami selaku relawan magang yang menginisiasi kegiatan ini nantinya akan ada kegiatan pelatihan lanjutan dari pihak guru-guru sekolah dasar/MI sendiri yang menginisiasi atau yang mengadakan guna membantu meningkatkan fungsi dari perpustakaan sekolah itu sendiri serta meningkatkan kegiatan literasi anak di sekolah.

Artikel ini telah dibaca 19 kali

Baca Lainnya

*Aksi Bersama Segenap Elemen Masyarakat, Pers, Kaum Buruh, Aktivis Pergerakan Menolak UU Penyiaran & Pandemi Treaty*

28 May 2024 - 11:02 WIB

*Adakah yang Tahu Letak Jalan Culik di Bandung*

27 May 2024 - 15:31 WIB

*Kearifan Lokal Dapat Menjadi Bekal Membuka & Masuk Dalam Gerbang Indonesia Emas Tahun 2045*

26 May 2024 - 10:32 WIB

*Persiapan Generasi Milenial Hari Ini Untuk Membuka & Masuk ke Gerbang Indonesia Emas Pada Tahun 2045*

26 May 2024 - 00:46 WIB

Semangat Kebangkitan Nasional Untuk Energi Menuju Indonesia Emas

20 May 2024 - 15:42 WIB

Naik Bus, Ganjar-Mahfud Hadiri Sidang Perdana Sengketa Pilpres di MK

9 May 2024 - 10:39 WIB

Trending di Bisnis