Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Pendidikan · 22 Dec 2022 16:12 WIB ·

Kegiatan Studi Independen di Dicoding Memberikan Materi Standar Industri


 Kegiatan Studi Independen di Dicoding Memberikan Materi Standar Industri Perbesar

Kegiatan studi independen merupakan bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang diselenggarakan oleh Kemdikbudristek, saat ini program MBKM sudah masuk batch 3. Studi independen dilakukan secara online sehingga para peserta dapat belajar dimana saja asalkan terkoneksi dengan internet.
Saya yang merupakan mahasiswa dari UPN “Veteran” Jawa Timur yang bernama Dimas Dharu Ramadhan dan sedang menjalani semester 5 pada program studi Informatika. Saya mencoba untuk mengikuti program MBKM batch 3 ini dan saya memilih program studi independen dikarenakan program ini dilaksanakan secara online sehingga sangat fleksibel, saya langsung mendaftar pada perusahaan Dicoding karena perusahaan tersebut terkenal dengan materi dan kurikulum yang selalu update dan sesuai dengan standar industri.
Singkat cerita saya diterima di Dicoding pada learning path “Pengembang Front-End Web dan Back-End” dan program ini dilaksanakan mulai 18 Agustus 2022 – 31 Desember 2022. Saat awal masuk pembelajaran saya sangat kaget pada saat penyampaian kurikulum karena kita tidak hanya diberikan materi tentang coding saja melainkan kita juga diberi materi tentang soft skill seperti cara manajemen waktu, bagaimana menyiapkan presentasi, bagaimana cara public speaking yang benar, materi tentang interview, dan lain-lain.
Ketika mengikuti studi independen pada Dicoding kita juga diberikan mentor expert yang pastinya sudah sangat berpengalaman, terdapat juga sesi online meeting bersama mentor setiap 2 minggu sekali yang dapat diikuti oleh semua peserta, bahkan saat pengerjaan capstone project / proyek akhir kita diberikan kesempatan untuk bertanya apapun kepada mentor expert tersebut untuk memberikan masukan untuk proyek akhir kita.
Melalui program studi independen di Dicoding ini para peserta akan akan lulus dengan dibekali beberapa output dari hasil studi independen yang dilakukan di Dicoding, contoh outputnya seperti program hasil proyek akhir, sertifikat, serta ilmu-ilmu yang mungkin tidak bisa kita dapatkan pada perkuliahan di kampus.
Setelah menjalani program studi independen ini diharapkan para peserta menjadi siap untuk terjun ke dunia kerja berbekal ilmu yang telah didapatkan dan latihan soft skill yang dapat menambah value diri kita dalam mencari pekerjaan nantinya.
Artikel ini telah dibaca 12 kali

Baca Lainnya

Naik Bus, Ganjar-Mahfud Hadiri Sidang Perdana Sengketa Pilpres di MK

9 May 2024 - 10:39 WIB

Antisipasi sesar lembang.brin dorong bangunan di bandung gunakan anti gempa

8 May 2024 - 20:13 WIB

Tak Lagi Nyaleg DPR RI, Ono Surono: Saya Diperintah Nyalon DPRD Jabar

8 May 2024 - 19:02 WIB

Ganjar-Mahfud Resmi Deklarasi Oposisi!

8 May 2024 - 17:55 WIB

Jokowi Rajin Bagi-bagi Bansos, Uang Dari Mana? Ini Kata Sri Mulyani

6 April 2024 - 10:59 WIB

Saat Presiden Sukarno Tidak Punya Uang Menjelang Lebaran????

1 April 2024 - 19:11 WIB

Trending di Bisnis