Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Pendidikan · 22 May 2022 01:39 WIB ·

Cara Membentuk Pendidikan Karakter Pada Anak


 Cara Membentuk Pendidikan Karakter Pada Anak Perbesar

Pada era sekarang ini yaitu pada era globalisasi, membentuk karakter melalui pendidikan karakter sangat diperlukan. Dan cara yang paling tepat memberikannya ketika anak masih usia dini, karena pada waktu itu anak masih dengan mudah untuk dibentuk serta diarahkan.

Disisi lain anak usia dini dengan umur dibawah 10 tahun juga sudah bisa berpikir dan menilai hal – hal yang mereka lihat atau mereka dengar. Tetapi mereka belum memiliki pegangan yang kuat dalam menilai suatu hal yang baik dan juga yang buruk. Serta mereka juga bebas melakukan kegiatan asal mereka senang tanpa menyadari hasil yang didapatkan. Dari hal ini pembentukan karakter melalui pendidikan karakter sangatlah penting bagi perkembangan anak.

baca juga https://hellosehat.com/parenting/anak-1-sampai-5-tahun/perkembangan-balita/pendidikan-karakter-anak/

Lalu bagaimana Cara Membentuk Karater pada Anak yang efektif sehingga menjadi pribadi yang baik, berkarakter serta percaya diri ?

1. Memberikan Percontohan dengan Sikap yang Konsisten

Ketika menjadi orang tua serta anak juga cenderung melihat dari perlakuan yang dilakukan oleh orang tua. dari sini pendidikan karakter bisa dimulai dari perlakuan yang konsisten dengan ditunjukkan dan dilakukan. Seperti contohnya jangan memakan benda asing ayng ditemuai ditempat sembarangan.

2. Memberikan Pendidikan Keagamaan

Dimanapun dan apapun agama yang dianut, pendidikan mengenai Tuhan, dan bagaimana dalam beribadah serta memiliki keyakinan harus ditanamkan dari kecil.

3. Tidak Memberikan Previllage secara Berlebihan

Siapa sih orang tua yang tidak akan memberikan previllage lebih pada anak seperti memanjakannya ? namun hal itu bisa dilakukan tidak secara berlebihan sampai membuat anak tersebut menjadi sombong dan semena-mena.

4. Mengajarkan Dalam Berbagi dengan Sesama

Kebiasaan dalam berbagai kepada sesama harus dibiasakan sejak kecil, dan sebagai orang tua yang pertama kali dalam memberikan contoh tersebut. Memang hal ini agak susah namun akan memberikan dampak yang sangat baik untuk kedepannya bagi anak tersebut.

5. Memberikan Pengawasan secara Berkelanjutan

Dimana dalam mendidik anak harus secara berkelanjutan hingga mereka dewasa, bukan ketika anak sudah dewasa kemudian sebagai orang tua lepas tangan dalam memberikan pendidikan karakter tanpa pengawasan.

Kesimpulan dan Penutup

Di era globalisasi ini memberikan pendidikan karakter sangat penting dan diperlukan untuk dapat membuahkan hasil untuk kedepannya, dan waktu yang tepat memberikannya pada saat anak usia dini. Berikut cara yang dapat diberikan :

  1. Memberikan dengan percontohan sikap yang konsisten
  2. Memebrikan pendidikan kegamaan
  3. Tidak memberikan previllage secara berlebihan
  4. Mengajarkan dalam berbagi kepada sesama
  5. Memeberikan pengawasan secara berkelanjutan

Baca juga  Virtual Reality dan Perkembangannya di Indonesia

Artikel ini telah dibaca 33 kali

Baca Lainnya

Ganjar: Sukarno Tak Pernah Bicara Kepentingan Pribadi, Keluarga

5 July 2024 - 14:45 WIB

Ganjar hingga Ahok jadi ketua dpp PDIP hingga 2025

5 July 2024 - 14:35 WIB

Mahasiswa Agribisnis Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur Sosialisasikan Pembuatan Eco Enzym di Gapoktan Keputih Bersemi

4 July 2024 - 17:36 WIB

Mahasiswa Agribisnis UPN Jawa Timur Gelar Kerja Bakti Bersama Gapoktan Keputih Bersemi: Mengembangkan Komoditas Organik untuk Masa Depan Berkelanjutan

4 July 2024 - 14:23 WIB

Mata dan mulut tertutup lakban seorang pria di temukan tewas gantung diri di fly over Cimindi Cimahi Bandung

28 June 2024 - 11:56 WIB

Tim PKM RSH UMS, Lakukan Penelitian Tentang Taktik Bahasa dalam Kejahatan Siber

24 June 2024 - 12:01 WIB

Trending di Pendidikan