Menu

Mode Gelap
Djauzi dan Rafa Jadi Mojang Jajaka Kota Bandung 2023 *Pemilu 2024 Momentum Bagi Rakyat Indonesia Menentukan Masa Depan Negara dan Bangsa* Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti @bpjskesehatan_ri. Ditjen pen pada rapat kerja HIMKI tahun 2023 Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan provinsi Papua Selatan Papua tengah Papua pegunungan dan Papua barat daya

Pendidikan · 21 Dec 2022 13:48 WIB ·

Bingung Mencari Kegiatan yang Bermanfaat? Belajar UI/UX Research and Design Bersama Binar Academy adalah Solusinya!


 Bingung Mencari Kegiatan yang Bermanfaat? Belajar UI/UX Research and Design Bersama Binar Academy adalah Solusinya! Perbesar

Kampus Merdeka adalah bagian dari Program Merdeka Belajar yang diciptakan oleh Kementrian, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia pada tahun 2020. Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) memiliki tujuan untuk meningkatkan intelektualitas dan kemampuan mahasiswa sebagai bekal memasuki dunia kerja. Melalui program ini, mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengambil mata kuliah di luar program studi mereka dengan adanya jaminan konversi SKS yang diakui oleh perguruan tinggi.

Program Kampus Merdeka (MBKM) terdiri dari Kampus Mengajar, Magang Bersertifikat, dan Studi Independen Bersertifikat. Program MBKM saat ini sudah sampai pada angkatan ke-3. Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, Nadiem Anwar Makarim mengungkapkan bahwa program MBKM bukan lah program magang atau studi independen biasa.

Mitra yang menjadi rekan untuk MBKM adalah perusahaan dan organisasi kelas dunia yang sudah terjamin kredibilitasnya, sehingga mahasiswa mendapatkan bimbingan dari para ahli yang berpengalaman. Pada MBKM angkatan ke-3 ini, terdapat 150 mitra yang menjadi rekan bagi Mendikbudristek RI. Satu diantaranya adalah Binar Academy dengan menyediakan program Studi Independen Bersertifikat. Binar Academy menyediakan beberapa kelas, seperti UI/UX Research and Design, Front End, Android Development, Fullstack Web Development, Product Manager, dan Back End.

Kelas UI/UX Research and Design menjadi satu diantara kelas yang disediakan oleh Binar Academy dengan mempelajari seputar perancangan desain aplikasi berdasarkan kebutuhan pengguna dan pasar. Kelas ini dimulai dari 1 Agustus 2022 sampai dengan 31 Desember 2022. Pembelajaran di kelas UI/UX Research and Design Binar Academy dilaksanakan sebanyak tiga pertemuan dalam satu minggu menggunakan bantuan Zoom Meeting. Selama proses kelas, para mahasiswa akan didampingi oleh mentor yang sudah berpengalaman dalam bidangnya dan adanya AAO sebagai fasilitator kelas.

Sistem pembelajaran dalam Binar Academy dibagi menjadi tiga, yaitu silver, gold, dan platinum. Dengan total materi sebanyak delapan bab. Satu bab akan dibahas dalam rentang waktu dua minggu. Dengan adanya challenge di setiap akhir bab. Dengan adanya challenge mahasiswa akan dapat mempraktekan langsung materi yang dipelajari sekaligus mempresentasikannya. Hal ini meningkatkan intelektualitas dan keterampilan public speaking mahasiswa. Pada akhir bab atau pada bagian platinum akan diadakan final project, di mana mahasiswa dapat mempraktekan langsung materi yang didapatkannya berdasarkan studi kasus yang telah ditentukan.

Final project atau proyek akhir kelas UI/UX Research and Design dilaksanakan secara kolaborasi dengan kelas Product Manager dan menerapkan metode Scrum. Scrum adalah framework sederhana yang biasa digunakan tim untuk berkolaborasi mengerjakan proyek yang kompleks. Scrum bertumpu pada kekuatan kolaborasi tim, hal ini akan membantu meningkatkan kemampuan berkomunikasi para mahasiswa. Dengan adanya proyek akhir ini, mahasiswa akan merasakan simulasi dunia kerja. Tentunya hal ini merupakan pengalaman yang baik dan memberikan pandangan baru bagi para mahasiswa.

Menurut Frisda Dita Isnaini sebagai mahasiswa yang mengikuti kelas UI/UX Research and Design Binar Academy menjadi pengalaman berharga.

“Metode belajar di Binar Academy mengimplementasikan secara langsung materi yang dipelajari. Kemudian memaparkannya di depan kelas membuat pengetahuan dan  tingkat kepercayaan diri saya semakin meningkat. Selain itu, kemampuan public speaking saya berkembang secara pesat,”

Studi Independen kelas UI/UX Research and Design Binar Academy dapat menjadi kegiatan yang bermanfaat. Khususnya bagi mahasiswa yang tertarik dalam dunia UI/UX dan ingin mencari pengalaman baru di luar pembelajaran kampus. Dengan menerapkan pengadaan challenge pada setiap bab dan adanya proyek akhir menciptakan pengalaman baru yang bermanfaat bagi para mahasiswa.

Ditambah lagi dengan adanya jaminan konversi SKS yang diakui perguruan tinggi dan tidak dipungut biaya tentunya membuat program Kampus Merdeka (MBKM) patut dicoba oleh semua mahasiswa. Saat ini program MBKM sudah mulai membuka pendaftaran untuk angkatan ke-4. Jadi, siapkan dirimu dan mari bergabung dalam program MBKM.

Artikel ini telah dibaca 51 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Naik Bus, Ganjar-Mahfud Hadiri Sidang Perdana Sengketa Pilpres di MK

9 May 2024 - 10:39 WIB

Antisipasi sesar lembang.brin dorong bangunan di bandung gunakan anti gempa

8 May 2024 - 20:13 WIB

Tak Lagi Nyaleg DPR RI, Ono Surono: Saya Diperintah Nyalon DPRD Jabar

8 May 2024 - 19:02 WIB

Ganjar-Mahfud Resmi Deklarasi Oposisi!

8 May 2024 - 17:55 WIB

Jokowi Rajin Bagi-bagi Bansos, Uang Dari Mana? Ini Kata Sri Mulyani

6 April 2024 - 10:59 WIB

Saat Presiden Sukarno Tidak Punya Uang Menjelang Lebaran????

1 April 2024 - 19:11 WIB

Trending di Bisnis